Penyusutan Aset Tetap | Software Akuntansi Praktis dan Mudah Digunakan | Harmony
Apa yang bisa kami bantu?
Topik
Sekilas Tentang Harmony
Penyelesaian Masalah
Penyusutan Aset Tetap

Penyusutan adalah istilah akuntansi untuk mencatat penurunan nilai sebuah aset yang digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan selama masa manfaatnya. Harmony menyediakan fitur untuk menghitung biaya penyusutan aset yang didaftarkan dan otomatis menjurnalnya juga ke pembukuan perusahaan Anda.

Setelah Anda mencatat Aset Tetap ke Harmony, maka Anda bisa menjalankan penghitungan biaya Penyusutan juga. Sistem Harmony akan secara otomatis menghitung dan mencatat biaya penyusutan yang sesuai ke pembukuan usaha Anda berdasarkan dari metode penyusutan yang dipilih, masa manfaat aset serta nilai aset tetap yang diinput.

Untuk menjalankan penyusutan untuk Aset Tetap, ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke menu Aset Tetap, dan pastikan semua Aset sudah didaftarkan (berada di kolom Terdaftar).

2. Klik tombol Penyusutan di sebelah kanan atas halaman.

3. Pilih akhir periode penyusutan yang ingin dijalankan. Anda juga bisa menghitung dan membukukan penyusutan untuk beberapa bulan sekaligus. Dalam contoh gambar diatas, tanggal mulai 01 Aug 2019 itu berarti penyusutan telah dihitung dan dijurnal sampai 31 Jul 2019. Sedangkan pilihan tanggal Akhir adalah pilihan periode sampai kapan Anda ingin menghitung dan menjurnal biaya penyusutannya.

4. Setelah Anda memilih akhir periode yang sesuai, halamannya akan menampilkan perhitungan total biaya penyusutan bagi masing-masing Aset yang terdaftar. Jika sudah sesuai, klik tombol Simpan.

5. Sebagai pengingat, Harmony menyediakan informasi atas tanggal terakhir Anda melakukan penyusutan untuk Aset Anda seperti gambar diatas.

Masih memerlukan bantuan?
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/