Daftar Isi

Melakukan Setting Configuration Sales Commission

*Fitur ini adalah addon dan untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus merupakan pengguna terdaftar yang sudah berlangganan akun Harmony. Silahkan daftar disini untuk mengirimkan request aktivasi fitur ini.

Daftar Isi

Agar pencatatan komisi berjalan dengan baik, Anda bisa melakukan setting terlebih dahulu pada sub menu Configuration dalam akun Harmony Anda.

  1. Pilih sub menu Configuration, untuk memunculkan tapilan setting akun dan keterangan lainnya yang dibutuhkan dalam pencatatan transaksi komisi nanti.Configuration
  2. Setelah itu, Anda bisa melakukan 3 (tiga) hal dalam Configuration Page ini seperti COA Mapping di mana Anda bisa memilih akun yang akan digunakan untuk mengakui tagihan komisi Anda, Document Number dibutuhkan untuk memastikan kode yang tepat sesuai jenis transaksi, kemudian Principal Contact di mana akan mempermudah Anda untuk memberi tanda atas project yang sedang diperjualbelikan.Pengaturan tracking komisi

COA Mapping

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam sub menu Configuration adalah menentukan akun apa yang akan digunakan dalam mencatat piutang Anda, proses ini disebut juga COA Mapping.

Sistem Harmony membutuhkan akun yang akan digunakan dalam modul piutang atau sederhananya ketika Anda mencatat invoice. Agar lebih jelas, simak gambar di bawah ini.

Coa mapping

Nah, berdasarkan gambar di atas Anda perlu memasukkan akun “Sales” atau “Penjualan”. Selain itu, Anda juga bisa melakukan standar atas unsur pajak yang muncul di invoice. Contohnya ada 3 (tiga) pilihan yang kami sediakan, No Tax, Tax Exclusive dan Tax Inclusive. Jika sudah, selanjutnya Anda bisa memilih jenis tarif pajak yang akan dikenakan mulai VAT 10% sampai jenis PPh lainnya.

Document Number

Hal kedua yang perlu dilakukan setting dari awal adalah penomoran dokumen. Nantinya ketika Anda mencatat pemesanan klien, maka nomor dokumen akan terbit secara otomatis sesuai klasifikasi yang sudah ditentukan.

Harmony sudah membuat tiga kategori utama dengan rapi. Karena fitur ini ditujukan untuk jasa properti maka kami berikan kategori primary, secondary atau rental.

Document number

Anda hanya perlu memilihnya secara sederhana, misalnya memilih SPY untuk kategori Primary maka nantinya akan timbul dalam invoice sesuai standar “SPY-2021-05-00001”. Namun jika Anda ingin membuatnya berbeda atau sesuai kebutuhan perusahaan Anda maka silahkan melakukan penambahan. Bagaimana caranya? Mudah, ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik kotak yang disediakan lalu ketik penomoran khusus perusahaan Anda. Contohnya, Anda ingin menuliskan “PRIMA” untuk kode penomoran kategori Primary.
  2. Selanjutnya, klik + Add PRIMAAdd document number
  3. Isi detail penomoran yang Anda inginkan seperti gambar di bawah ini.Edit document number
  4. Jika semua sudah diisi secara lengkap, klik Save
  5. Lakukan hal yang sama untuk kategori Secondary dan Rental

Dengan begitu semua penomoran invoice komisi Anda sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mudah bukan?

Principal Contact

Bagian ketiga yang perlu dilakukan dalam sub menu Configuration adalah Principal Contact. Halaman ini digunakan untuk Anda mengisi nama dan kontak dari principal. Simak cara mudahnya berikut ini.

  1. Pilih bagian principal contact, kemudian klik New MappingPrincipal contact
  2. Kemudian lengkapi kotak tersebut, seperti nama brand principal dan juga kontak principalnya. Contohnya : Star Land dengan Sumitro Kusoema.Add new principal contact
  3. Setelah itu, klik save untuk menyimpannya kemudian Anda juga dapat menjadikannya default. Ini berarti jika Anda memilih Star Land pada modul transaksi, nama Sumitro Kusoema akan muncul otomatis.

Yuk Bereskan Pembayaran Komisi Kantor Anda dengan Harmony!

Silahkan isi Formulir dibawah ini untuk mengaktifkan fitur Commission Tracking. *Anda harus merupakan pengguna terdaftar yang sudah berlangganan akun Harmony. Silahkan daftar disini apabila belum memiliki akun Harmony.

Commission Tracking

- Permudah Bayar Komisi -
Rp. 99
rb
/ Perusahaan / Bulan
  • Commission Tracking
  • Commission Scheduler
  • Auto Payment Tracking
  • Top Performing Report & Analytics
BETA

Apakah Anda merasa terbantu oleh panduan ini?

What are your Feelings
Updated on 09/06/2021
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!