Apa yang dapat kami bantu?

Bantuan Akun

Mengelola Perusahaan

Sekilas Tentang Harmony

Kas dan Bank

Invoice

Bill

Persediaan

Aset Tetap

Daftar Akun

Kontak

Jurnal Umum

Pengaturan

Penyelesaian Masalah

Panduan Lain

Mencatat Uang Muka dari Pembeli

Dalam kasus dimana Pembeli / Customer Anda membayar uang muka terlebih dahulu, atau mengirimkan Deposit sebelum Invoice terbit, maka Anda bisa mencatatnya ke akun Pendapatan Diterima Di Muka (Unearned Revenue), dengan asumsi penerimaan uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar pembelian / penjualan.

Catat Uang Muka sebagai Uang Masuk

Anda bisa mencatat Uang Muka menggunakan menu Uang Masuk di menu Kas dan Bank, seperti berikut ini:

Membayar Invoice dengan Uang Muka

Lalu ketika di masa depan Invoice-nya siap dibuatkan, maka Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan akun yang sama:

Pembayaran Invoice menggunakan Uang Muka

Anda dapat melakukan pengecekan berkala untuk Akun Unearned Revenue tersebut, apakah masih ada Uang Muka yang menggantung atau sudah digunakan untuk pembayaran Invoice dari Laporan Buku Besar Akun seperti berikut:

Di laporan tersebut akan terlihat kapan Uang Muka-nya dicatat, dan kapan digunakan untuk membayar Invoice (Payment).

Masih memerlukan bantuan?
Kontak Kami
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram