Daftar Isi

Mencatat Uang Muka dari Pembeli

Daftar Isi

Dalam kasus dimana Pembeli / Customer Anda membayar uang muka terlebih dahulu, atau mengirimkan Deposit sebelum Invoice terbit, maka Anda bisa mencatatnya ke akun Pendapatan Diterima Di Muka (Unearned Revenue), dengan asumsi penerimaan uang tersebut nantinya akan digunakan untuk membayar pembelian / penjualan.

Catat Uang Muka sebagai Uang Masuk

Anda bisa mencatat Uang Muka menggunakan menu Uang Masuk di menu Kas dan Bank, seperti berikut ini:

Image 34

Membayar Invoice dengan Uang Muka

Lalu ketika di masa depan Invoice-nya siap dibuatkan, maka Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan akun yang sama:

Image 35
Pembayaran Invoice menggunakan Uang Muka

Anda dapat melakukan pengecekan berkala untuk Akun Unearned Revenue tersebut, apakah masih ada Uang Muka yang menggantung atau sudah digunakan untuk pembayaran Invoice dari Laporan Buku Besar Akun seperti berikut:

Image 36

Di laporan tersebut akan terlihat kapan Uang Muka-nya dicatat, dan kapan digunakan untuk membayar Invoice (Payment).

Apakah Anda merasa terbantu oleh panduan ini?

What are your Feelings
Updated on 13/03/2021
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!