Daftar Isi

Pengaturan Pengguna dan Role

Daftar Isi

Untuk pengaturan role pengguna di Harmony sangat mudah. Di halaman ini Anda dapat melihat Daftar Pengguna yang terdaftar pada Perusahaan Anda serta melakukan perubahan atau menghapus akses Pengguna yang sudah tidak berkaitan dengan Perusahaan Anda.
Pengaturan role

Berbagai Role Pengguna

Ketika Anda mengundang pengguna baru ke Perusahaan, Anda dapat memilih role untuk mereka. Akses Harmony akan disesuaikan berdasarkan role yang dipilih bagi setiap pengguna. Setiap pengguna dapat memiliki lebih dari satu role. Anda dapat melihat penjelasan singkat bagi masing-masing role dibawah ini:

  • Pemilik:
    Role ini otomatis Anda dapatkan ketika membuat Perusahaan baru, bersamaan dengan role Super User. Anda membutuhkan role Pemilik untuk bisa mengakses menu Berlangganan sebuah Perusahaan. Dalam satu Perusahaan tidak bisa ada 2 (dua) pengguna dengan role Pemilik, namun Anda dapat memindahkan Ownership Anda ke pengguna lain. Untuk lebih tahu lebih lanjut mengenai pemindahan Ownership, klik disini.
  • Super User:
    Role Super User memiliki akses ke semua menu dan tindakan di Harmony. Pemilik role Super User dapat membuat, mengubah, melihat dan menghapus semua transaksi dan settings di Harmony. Ketika pertama kali membuat Perusahaan baru Anda otomatis mendapatkan role ini bersamaan dengan role Pemilik. Role ini juga dapat menghapus user lain, kecuali role Pemilik.
  • Akuntan:
    Role ini memiliki akses yg hampir sama seperti Super User, bedanya role ini hanya dapat melihat transaksi dan laporan yg sudah terbuat, namun tidak dapat membuat, mengubah maupun menghapus transaksi. Role ini dapat mengubah beberapa pengaturan yang berhubungan dengan pembukuan Perusahaan.
  • Penjualan:
    Pemilik role Penjualanakan mendapatkan akses yang terbatas dengan transaksi yang berhubungan dengan menu Penjualan saja. Mereka bisa melihat dan membuat transaksi Penjualan, serta transaksi Persediaan. Laporan yang tersedia bagi role ini juga terbatas pada Laporan Penjualan dan Persediaan.
  • Pembelian:
    Fungsi role ini hampir mirip seperti role Penjualan, hanya saja role ini khusus menu Pembelian. Role ini dapat melihat dan membuat transaksi Pembelian, serta transaksi Persediaan. Laporan yang tersedia bagi role ini juga terbatas pada Laporan Pembelian dan Persediaan.
  • Cashier:
    Fungsi role ini terbatas hanya untuk akses menu Kas & Bank. Pengguna dengan role ini dapat membuat transaksi Uang Masuk, Uang Keluar, Pindah Buku dan Rekonsiliasi dengan Mutasi Bank. Namun tidak bisa untuk mengubah atau menghapus transaksi yang sudah dibuat.

Ubah Role Pengguna

Untuk mengubah role yang sudah ditetapkan, Anda dapat mengikuti langkah dibawah ini:

  1. Di bagian kanan nama Pengguna, klik icon Pensil untuk mengubah.
  2. Anda langsung dapat mengubah Role dan setiap pengguna dapat memiliki role lebih dari satu.
    2. 4 2
  3. Jika sudah selesai, klik Simpan perubahan.

Apakah Anda merasa terbantu oleh panduan ini?

What are your Feelings
Updated on 19/03/2021
Subscribe Harmony Newsletter
Subscribe Email Harmony M
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!