Daftar Isi

Mengenal Sales Commission Tracking

*Fitur ini adalah addon dan untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus merupakan pengguna terdaftar yang sudah berlangganan akun Harmony. Silahkan daftar disini untuk mengirimkan request aktivasi fitur ini.

Daftar Isi

Apakah bisnis Anda sedang menjalankan sistem komisi? Atau merasa kesulitan untuk menghitung setiap komisi yang akan dibagikan?

Saat ini Harmony menyediakan sebuah fitur tambahan Sales Commission Tracking yang akan membantu bisnis Anda lebih terkendali dengan baik. Terutama pada bagian komisi yang mungkin menjadi pendapatan utama bisnis Anda. Semua kendala seperti perhitungan, pembagian, jadwal tagihan sampai tercatat dalam pembukuan akan teratasi dengan baik melalui fitur canggih ini.

Sales commission tracking akan memberikan berbagai kemudahan untuk Anda. Yuk, simak kelebihannya berikut ini.

Memantau Aktivitas Penjualan Melalui Dashboard

Tentu Anda juga ingin melacak setiap penjualan unit properti dengan detail dan mudah dibaca secara grafik. Kini Anda bisa menggunakan Dashboard pada menu Sales Commission untuk mengetahuinya.

Cukup klik menu Sales Commission yang sudah terinstall dalam akun Harmony Anda, kemudian pilih sub menu Dashboard.

Dashboard sales commission tracking

Dalam tampilan sub menu Dashboard ini akan menunjukkan kepada Anda seluruh aktivitas penjualan yang selama ini sudah terjadi. Berikut ini beberapa penjelasannya:

  • Sales Summary : Pada bagian ini Anda akan diberikan gambaran secara keseluruhan aktivitas keuangan bisnis properti Anda melalui grafik yang simple untuk dianalisis. Seperti seberapa besar pendapatan kotor komisi, biaya komisi yang dikeluarkan, komisi bersih yang Anda terima dan pendapatan penjualan Anda.
  • Top Salesman Based on Amount : Grafik ini akan menunjukkan siapa saja tim Anda yang berhasil mencapai puncak tertinggi berdasarkan nilai penjualannya. Melalui gambaran ini, Anda bisa melakukan apresiasi kepada para tim penjualan yang Anda miliki.
  • Top Principal Based on Amount : Tentunya Anda ingin melihat proyek mana yang terbaik selama periode tertentu. Nah, kini Anda bisa melihatnya dalam grafik top principal berdasarkan nominal proyek yang terjadi. Anda bisa ubah periode sesuai kebutuhan untuk menganalisanya.
  • Top Salesman Based on Quantity : Dalam grafik ini Anda akan melihat siapa saja anggota tim yang berhasil mencapai puncak tertinggi berdasarkan jumlah unit yang bisa dijual. Melalui gambaran ini, Anda bisa melakukan apresiasi kepada para tim penjualan yang Anda miliki.
  • Top Principal Based on Quantity : Untuk dapat melihat proyek mana yang paling tertinggi berdasarkan jumlah unit yang terjual, Anda bisa menggunakan grafik ini. Selain itu, Anda juga bisa ubah periode sesuai kebutuhan untuk menganalisanya.
  • Top Principal Net Commission : Grafik ini memberitahukan Anda besaran pendapatan komisi bersih atas proyek terpopuler yang sedang terjadi dalam bisnis Anda.
  • Top Principal Gross Commission : Grafik yang mencerminkan besaran pendapatan kotor komisi penjualan atas proyek tertinggi dalam bisnis Anda.
  • Last Sales Transaction : Bagian yang terletak di sebelah kanan ini, Anda akan diperlihatkan kesimpulan transaksi penjualan terakhir yang diinput dalam Harmony.

Membuat Tagihan Komisi

Melalui Sales Commission Tracking ini Anda juga dapat melakukan pembuatan tagihan komisi mulai dari mengisi detail keterangan si pembeli unit, asal usul unit atau produk tersebut dijual, kemudian nominal transaksi saat jual beli dengan konsumen. Bukan hanya itu, Anda juga bisa melakukan pembagian komisi ke beberapa pihak yang terkait dengan transaksi jual beli tersebut. Mulai dari persentase komisi, siapa saja yang mendapatkan komisi, jadwal atau tanggal pencairan komisi tersebut.

Membuat tagihan komisi penjualan

Daftar Transaksi

Setelah mencatat semua transaksi, tentunya Anda ingin melihat daftar atas semua transaksi yang terjadi. Nah, caranya mudah cukup klik menu Sales Commission, lalu pilih Transaction List / Daftar Transaksi. Dalam sub menu daftar transaksi ini, Anda bisa melihat semua transaksi yang telah dibuat berkaitan dengan komisi penjualan bisnis Anda.

Daftar transaksi komisi

Membuat Jadwal Invoice

Agar Anda lebih mudah dalam melakukan penagihan komisi kepada pihak partner atau developer bagi Anda pebisnis properti. Maka Anda bisa dengan mudah membuat jadwal invoice secara lebih teratur. Gunakan menu Invoice Schedule dalam fitur Sales Commission Harmony.

Membuat jadwal invoice

Pembagian Komisi

Jika Anda selama ini kesulitan untuk melihat rincian pembagian komisi, maka Sales Commission khususnya fitur Disbursement ini menjadi solusinya. Melalui halaman ini, Anda bisa melihat secara detail pembagian komisi penjualan masing-masing pihak penerima.

Pembagian komisi penjualan

Pengaturan

Tidak perlu repot, Anda bisa melakukan pengaturan yang mudah pada menu Configuration ini. Apa saja yang perlu dilakukan? Anda bisa melakukan coa mapping, menetapkan nomor dokumen atas transaksi yang akan diinput atau dibuat, kemudian Anda bisa menambahkan nama atau kontak principal yang dibutuhkan agar nantinya keluar secara otomatis dalam form transaksi.

Pengaturan (configuration)

 

Yuk Bereskan Pembayaran Komisi Kantor Anda dengan Harmony!

Silahkan isi Formulir dibawah ini untuk mengaktifkan fitur Commission Tracking. *Anda harus merupakan pengguna terdaftar yang sudah berlangganan akun Harmony. Silahkan daftar disini apabila belum memiliki akun Harmony.

Commission Tracking

- Permudah Bayar Komisi -
Rp. 99
rb
/ Perusahaan / Bulan
  • Commission Tracking
  • Commission Scheduler
  • Auto Payment Tracking
  • Top Performing Report & Analytics
BETA

Apakah Anda merasa terbantu oleh panduan ini?

What are your Feelings
Updated on 09/06/2021
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!