Tambah Aset Tetap Baru | Software Akuntansi Praktis dan Mudah Digunakan | Harmony
Apa yang bisa kami bantu?
Topik
Sekilas Tentang Harmony
Penyelesaian Masalah
Tambah Aset Tetap Baru

Untuk menambah Aset Tetap baru, pastikan Anda sudah menetapkan Tanggal Mulai Aset. Lalu pastikan juga Tipe Aset yang sesuai juga sudah tersedia. Baca panduan berikut untuk mengatur Tanggal Mulai Aset dan menambah Tipe Aset.

Menambahkan Aset Tetap ke Harmony bisa dilakukan dengan 2 cara yang berbeda, tergantung dari transaksinya.

Mencatat Pembelian Aset Tetap Baru

Jika Anda sudah menggunakan Harmony untuk mencatat transaksi pembukuan sehari, lalu ingin mencatat pembelian Aset Tetap baru, maka transaksi-nya bisa sekaligus dicatat ketika membuat transaksi pembeliannya.

1. Masuk ke menu Kas & Bank untuk mencatat pembelian Aset-nya.

2. Pastikan Anda menggunakan akun yang tipenya adalah Aset Tetap. Untuk mengetahui tipe akun Anda, bisa masuk ke menu Daftar Akun.

3. Jika sudah, simpan transaksi Uang Keluarnya.

4. Masuk ke Menu Aset Tetap > Aset, lalu pilih kolom Draft. Maka Anda akan menemukan deskripsi Aset yang tadi sudah Anda buat transaksinya di menu Uang Keluar. Jika tidak ditemukan, kemungkinan Anda tidak menggunakan Akun Aset yang sesuai. Pastikan lawan akun di transaksi Uang Keluarnya adalah akun dengan tipe Aset Tetap.

5. Klik Nama Asset-nya, dan Anda akan masuk ke halaman rincian Aset. Akan ada pesan untuk melengkapi rincian Aset tersebut sebelum bisa didaftarkan.

6. Klik menu titik tiga di sebelah kanan atas, lalu pilih Ubah Aset.

7. Isi kolom tersebut dengan data yang sesuai. Nama, Tanggal dan Harga Beli sudah terisi sesuai dengan data yang tercantum di transaksi Uang Keluar sebelumnya. Namun, jika berkenan Anda juga dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.

8. Pilih Tipe Aset yang sesuai dengan Tipe Aset yang sudah Anda tambahkan sebelumnya. Jika belum tersedia, maka Anda bisa menambahkan Tipe Aset terlebih dulu.

9. Setelah Anda memilih Tipe Aset yang sesuai, maka Metode Penyusutannya juga akan otomatis terisi sesuai dengan pengaturan untuk Tipe Aset tersebut. Jika tidak sesuai, Anda dapat mengubahnya sesuai kebutuhan.

10. Jika sudah sesuai semua, klik Perbarui untuk melanjutkan.

11. Jika sudah diperbarui, maka Anda dapat mendaftarkan Aset Tetap tersebut. Selanjutnya, Aset tersebut sudah bisa dihitung penyusutannya.

Mencatat Aset Tetap Lampau

Jika Anda sudah memiliki Aset Tetap sebelum menggunakan Harmony (sudah memiliki saldo Aset Tetap dan saldo Akumulasi Penyusutan), maka ikuti langkah berikut untuk mencatatnya:

1. Masuk ke menu Aset Tetap dari menu sidebar di sebelah kiri.

2. Klik tombol Aset Baru di sebelah kanan atas halaman.

3. Isi kolom yang tersedia dengan data yang sesuai.

4. Jika Anda sudah memiliki Tipe Aset yang sesuai, maka pengaturan atas Akun Aset Tetap untuk Tipe Aset tersebut akan muncul seperti kotak merah di atas.

5. Begitu juga dengan pengaturan penyusutan di bagian bawahnya, namun bagian ini masih bisa diubah untuk masing-masing Aset yang ditambahkan.

6. Pilih metode penyusutan yang sesuai. Harmony menyediakan beberapa pilihan. Jika Anda tidak yakin, pilih metode Garis Lurus, atau hubungi Bantuan Harmony melalui fitur Live Chat.

7. Klik Opsi Lain untuk memunculkan pilihan tambahan jika Aset anda memiliki Batas Biaya Penyusutan atau Nilai Sisa.

8. Batas Biaya Penyusutan adalah total biaya yang akan dijadikan dasar untuk menghitung nilai penyusutan per bulan. Nilai Sisa adalah nilai pengurang dari Harga Beli, untuk mendapatkan nilai penyusutan.

10. Jika Tanggal Beli Aset / Tanggal Mulai Penyusutan adalah sebelum Tangal Mulai Aset, maka akan muncul kolom berikut untuk mengisi saldo Akumulasi Penyusutan yang sudah terjadi. Nilai ini seharusnya sudah dimiliki jika Anda membeli Aset di tahun sebelum menggunakan Harmony. Jika Anda tidak yakin dengan pengisiannya, hubungi Bantuan Harmony melalui fitur Live Chat.

11. Jika sudah terisi semua, klik tombol Simpan, dan Aset Anda akan masuk ke tab Draft.

12. Centang Aset yang tersedia, lalu klik tombol Daftarkan Aset.

Tujuannya mendaftarkan Aset Tetap adalah agar Harmony dapat menghitung Penyusutannya. Harmony hanya menghitung Penyusutan untuk Aset yang sudah didaftarkan sebelumnya. Aset yang masih di kolom Draft tidak akan dihitung dan dijurnal penyusutannya.

Masih memerlukan bantuan?
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/