Tambah Barang Persediaan | Software Akuntansi Praktis dan Mudah Digunakan | Harmony
Apa yang bisa kami bantu?
Topik
Sekilas Tentang Harmony
Penyelesaian Masalah
Tambah Barang Persediaan

Tambahkan barang Persediaan dalam usaha Anda ke menu Persediaan untuk memudahkan proses membuat transaksi penjualan dan pembelian. Di Harmony, barang Persediaan dibagi menjadi 2 tipe yaitu Barang Monitor dan Barang Tidak Dimonitor.

Monitor Persediaan atau pilihan untuk memonitor persediaan berarti Harmony akan memonitor kuantitas dan nilai barang persediaan setiap kali anda membuat transaksi dengan barang tersebut. Harmony juga akan menjaga agar tidak terjadi transaksi penjualan jika stoknya mencapai nol.

Tidak Monitor Persediaan berarti anda memilih untuk tidak memonitor pergerakan keluar masuknya barang Persediaan anda. Tipe ini cocok jika jenis usaha anda adalah menjual Jasa.

Harmony juga memberikan status atas barang Persediaan anda yaitu, Aktif dan Tidak Aktif. Anda bisa mengubah status barang Persediaan anda menjadi Tidak Aktif jika anda sudah tidak mau lagi menggunakan barang Persediaan tersebut dalam transaksi usaha anda.

Tambah Item Satuan – Monitor Persediaan

Untuk menambahkan barang baru ke Daftar Persediaan, ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke menu Persediaan dari sidebar.

2. Di halaman Daftar Persediaan, klik tombol Item Baru dan pilih Item Satuan.

3. Isi kolom Nama Barang dan Kode Barang. Lalu pilih Satuan Unit yang sesuai untuk persediaan Anda. Jika Satuan Unit yang Anda inginkan belum tersedia, Anda bisa menambahkannya sesuai panduan ini.

4. Centang kotak Monitor Persediaan jika Anda ingin memonitor pergerakan barang persediaan anda. Pastikan juga Akun Persediaan sudah sesuai.

5. Isi kolomnya dengan informasi yang sesuai dengan petunjuk berikut:

6. Jika anda sudah selesai, klik tombol Buat.

Tambah Item Satuan – Tidak Monitor Persediaan

Jika Anda tidak ingin memonitor Persediaan Anda, atau usaha yang Anda lakukan adalah di bidang Jasa, maka berikut langkah untuk menambah Jasa ke Persediaan Anda:

1. Isi kolom Nama Barang dan Kode Barang. Lalu pilih Satuan Unit yang sesuai untuk persediaan Anda.

2. Jika Persediaan yang ditambahkan adalah Jenis Jasa, maka Anda hanya perlu mengisi bagian Saya jual barang ini. Karena Persediaan Jasa tidak akan digunakan di transaksi Pembelian.

3. Jika Persediaan yang ditambahkan adalah Barang yang tidak ingin dimonitor, maka Anda bisa mengisi kolom bagian Saya beli barang ini dengan informasi yang sesuai.

4. Jika sudah diisi semua dengan informasi yang sesuai, klik tombol Buat untuk menambah barang.

Masih memerlukan bantuan?
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/