Saat ini melek pajak di Indonesia tidak hanya terjadi di perusahaan besar, tetapi juga terjadi dikalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu profesi sebagai konsultan pajak bisnis UMKM juga semakin diminati. UMKM memerlukan jasa konsultan pajak dalam mengurus perpajakan usaha mereka agar kewajiban pajak terlaksana dengan baik.
Konsultan pajak sangat berperan besar dalam kepatuhan pengusaha UMKM terhadap kewajiban perpajakan.
UMKM adalah bagian dari penyokong pertumbuhan ekonomi terbesar. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (www.depkop.go.id) jumlah pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia mencapai angka diatas 60 juta usaha pada tahun 2018. Dari angka ini saja bisa kita simpulkan bahwa kebutuhan terhadap jasa konsultan pajak bisnis UMKM sangat banyak dan profesi tersebut memiliki prospek masa depan yang cerah.
Berikut adalah video dari Kantor Konsultan Pajak (KKP) Arvin Max Samuels yang membantu kliennya merapikan pembukuan mereka dengan menggunakan aplikasi Harmony.
Menarik bukan, bagaimana KKP Arvin Max Samuels menggunakan Harmony dalam membantu klien mereka agar bisnis klien semakin berkembang. Bagi Anda yang sibuk sehingga tidak bisa membuat laporan keuangan usaha, Harmony menyediakan Harmony Accounting Service, yaitu jasa profesional dibidang akuntansi yang akan membuat laporan keuangan usaha Anda beserta analisanya.
Lalu apa peranan penting konsultan pajak bisnis UMKM? Simak penjelasannya berikut ini.
Table of Contents
Konsultan pajak bisnis UMKM berfungsi sebagai agen bagi wajib pajak dalam membantu proses pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan UMKM dengan patuh. Dan di sisi lain, konsultan pajak juga merupakan perantara antara UMKM dan otoritas pajak.
Sebagai perantara, konsultan pajak bisnis UMKM melaksanakan berbagai tugas penting dalam sistem perpajakan antara lain menyiapkan pelaporan pajak UMKM, pemberian saran kepada pelaku usaha UMKM tentang penerapan peraturan perpajakan, mewakili mereka dalam berhubungan dengan otoritas pajak dan mengajari cara pelaporan pajak UMKM.
Pebisnis UMKM sebagai wajib pajak memiliki hak untuk diwakili oleh kuasa wajib pajak terkait urusan perpajakannya, oleh karena itu kehadiran konsultan pajak bisnis UMKM sangat diperlukan.
Hak wajib pajak untuk dapat diwakilkan penting, mengingat untuk menjadi patuh dengan aturan perpajakan yang rumit merupakan kondisi yang tidak mudah. Kegagalan untuk patuh terhadap aturan perpajakan dapat mengakibatkan sanksi administrasi atau sanksi pidana.
Dengan menggunakan jasa konsultan pajak bisnis UMKM maka akan lebih efisien untuk waktu dan bisnis pengusahan UMKM. Mereka bisa menghemat banyak waktu dan efisien untuk biaya dalam mengurus masalah perpajakan seperti pelaporan SPT tahunan UMKM, membuat estimasi pajak yang harus dibayar, mengkoreksi fiskal yang mungkin terjadi dan lain sebagainya.
Baca juga : Penjelasan Koreksi Fiskal, Jenis dan Contoh Penerapannya
[elementor-template id="26379"]
Peran lain konsultan pajak bisnis UMKM yang cukup penting adalah untuk membuat pengusaha UMKM tidak terbebani dengan segala urusan administratif pajak karena proses membuat laporan sudah ditangani oleh konsultan pajak. Konsultan pajak juga membimbing pengusaha UMKM menjadi seseorang yang tidak memiliki banyak pengetahuan tentang pajak usaha menjadi lebih tau tentang pajak termasuk manfaat membayar pajak bagi usahanya.
Rumitnya undang-undang perpajakan di Indonesia beserta aturan turunannya dapat menimbulkan adanya ketidakpastian mengenai tingkat kepatuhan yang dapat diterima oleh otoritas pajak. Dalam konteks ini, konsultan pajak bisnis UMKM memainkan peran penting dalam sistem kepatuhan pajak, baik dari sisi wajib pajak maupun dari sisi definisi tingkat kepatuhan yang dapat diterima oleh otoritas pajak.
Para konsultan pajak bisnis UMKM memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses kepatuhan pajak. Karena mereka memiliki pengetahuan perpajakan dan prosedur penegakan hukum pajak yang secara umum lebih lengkap dan benar dibandingkan wajib pajak.
Untuk merapikan pembukuan klien, sangat disarankan untuk konsultan pajak menggunakan aplikasi pembukuan online. Tujuannya adalah agar pembukuan klien menjadi rapi dan laporan keuangannya bisa dibuat dengan cepat sehingga bisa memudahkan pelaporan pajak klien tersebut.
Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang memiliki 20 lebih laporan keuangan real time. Harmony menggunakan teknologi cloud agar laporan keuangan bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Silahkan mendaftar disini untuk menggunakan Harmony GRATIS 30 hari.
Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.