Harmony » Blog » 

PPN Termasuk Multitarif atau Tarif Tunggal? Simak Detail Ketentuannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 10, 2021

Topik tentang penggunaan pajak pertambahan nilai (PPN) adalah tarif tunggal atau multitarif sedang hangat dibicarakan. Sekadar informasi, setiap negara memiliki tarif PPN yang berbeda.

Akan tetapi, menurut sistem pemungutan pajak di Indonesia sesuai Undang Undang pajak pertambahan nilai ayat 1 Pasal 7, disebutkan bahwa tarif PPN adalah single rate atau tarif tunggal.

Satu tarif atau single rate dalam pajak pertambahan nilai (PPN) adalah terdapat satu jenis tarif PPN yang berlaku bagi seluruh barang atau jasa.Click to Tweet

Berikut pembahasan selengkapnya tentang pengertian multitarif dan satu tarif dalam pajak pertambahan nilai.

Definisi

Pengertian dari satu tarif atau single rate dalam pajak pertambahan nilai adalah terdapat satu jenis tarif PPN yang berlaku bagi seluruh barang atau jasa. Istilah single rates dipakai dengan mengesampingkan tarif PPN 0% bagi barang ekspor.

Namun, ada juga yang memaknai tarif tunggal dalam pajak pertambahan nilai sebagai suatu biaya yang dikenakan dengan dua tarif. Yaitu, tarif 0% untuk barang ekspor dan tarif standar yang berlaku secara umum.

Sedangkan, multi rates atau multi tarif dalam pajak pertambahan nilai adalah beberapa jenis tarif yang dibebankan dalam sistem pajak pertambahan nilai. Istilah populernya adalah rate differentiation.

Dalam arti sederhana, bukan hanya tarif umum standar saja yang berlaku, tetapi ada beberapa jenis tarif lainnya yang dibebankan ke subjek tertentu. Contohnya seperti reduced rate (penurunan tarif) atau kenaikan tarif.

Apa Saja Keunggulan Dari Multitarif & Tarif Tunggal Dalam Penerapan Pajak Pertambahan Nilai (PPN)?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, menurut para pakar, pajak pertambahan nilai sepatutnya memakai tarif satu atau tarif tunggal. Lebih lanjut, sistem pajak pertambahan nilai (PPN) yang menerapkan tarif tunggal atau tarif satu dikatakan merupakan opsi terbaik.

Keunggulan PPN Multitarif

Mengapa begitu? Sebab, tarif tunggal dalam pajak pertambahan nilai, dapat memberikan manfaat yang lebih unggul ketimbang multitarif.

Keunggulan Tarif Tunggal

Berikut adalah beberapa keunggulan tarif tunggal dalam pajak pertambahan nilai (PPN):

  1. Biaya Administrasi Lebih Murah

    Penerapan tarif tunggal dalam pajak pertambahan nilai dapat menurunkan biaya administrasi terhadap semua transaksi. Sedangkan, penerapan multitarif rentan kesalahan dan perhitungan transaksi lebih rumit.

  2. Mengurangi Distorsi Dan Meningkatkan Efisiensi Ekonomi

    Menurut studi Copenhagen Economics terhadap fungsi sistem pajak pertambahan nilai di negara Eropa pada 2017, multi tarif hanya membuat penerimaan fiskal berkurang. Sedangkan, jika diterapkan satu tarif atau tarif tunggal mampu meminimalisir distorsi dan meningkatkan efisiensi ekonomi.

  3. Menghadirkan Kemudahan Proses Perpajakan

    Pakar yang juga setuju penerapan tarif tunggal dalam pajak pertambahan nilai adalah eks Menteri Keuangan Selandia Baru, Roger Douglas. Beliau mengamini penerapan tarif tunggal dalam sistem PPN. Karena dapat memberikan kemudahan dan menyederhanakan proses perpajakan.

[elementor-template id="26379"]

Keunggulan Multi Tarif

Berikut adalah beberapa keunggulan multi tarif dalam pajak pertambahan nilai:

Tidak semua negara mendukung penerapan tarif tunggal dalam sistem PPN. Sebab, ada juga keunggulan lain dari multi tarif, berikut di antaranya:

  1. Efisiensi

    Implementasi tarif yang berlainan atas subjek PPN yang berbeda, juga bisa menghadirkan efisiensi. Sebab, penerapan tarif yang rendah dibandingkan permintaan elastis. Sedangkan, tingkat permintaan yang tidak elastis, dikenakan tarif yang lebih tinggi.

    Dari aturan tersebut, dapat mencegah dampak pungutan pajak atas pola konsumsi masyarakat. Jadi, bisa menghadirkan efisiensi dalam implementasi pajak pertambahan nilai (PPN). Jika tarif PPN tertinggi dan terendah memiliki rentang luas, maka penerimaan pajak juga bisa lebih meningkat.

  2. Keadilan

    Selanjutnya, penerapan multi tarif juga bisa memberikan rasa keadilan. Misalnya, ada jenis barang tertentu yang hanya bisa dipakai atau dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas. Tentunya, mereka juga perlu dikenai tarif yang berbeda dari kalangan menengah ke bawah. Maka itu, dengan penerapan multi tarif, dapat memberikan rasa keadilan.

Nah, dari beberapa kelebihan antara multi tarif dan tarif tunggal, sebenarnya tidak ada aturan khusus kebijakan tarif mana yang diimplementasikan. Tiap negara dipersilakan membuat peraturan sendiri sesuai struktur tarif dan kebutuhan masing-masing.

Bagi pelaku UMKM, penjelasan tentang multi tarif PPN atau tarif tunggal akan berguna agar bisa lebih mematuhi perpajakan di Indonesia. Agar semakin mudah dan praktis menyelesaikan pencatatan unsur pajak, percayakan pada Software Akuntansi Harmony.

Memantau dan melacak manajemen keuangan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, termasuk ketika Work From Home. Teknologi Cloud dari Software Akuntansi Harmony, dapat menyederhanakan tugas pembukuan secara real time.

Fiturnya meliputi pencatatan arus kas, transaksi penjualan, purchasing order, dan smart invoicing, paybills, dan banyak lagi. Bahkan, laporan keuangan instan bisa dibuat semudah sekali klik.

Yuk, coba GRATIS sekarang juga selama 30 hari aplikasi Harmony, klik di sini. Info selengkapnya, mari berkonsultasi via Live Chat Harmony atau follow akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram