Harmony Blog

Penjelasan Lengkap Estimasi Pajak dan Manfaat Membuatnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

estimasi pajakPin

Bayarlah Pajak tepat Pada Waktunya, begitulah slogan pemerintah yang diberikan bagi para masyarakat tidak hanya para pebisnis dan pemilik usaha, namun seluruh masyarakat Indonesia yang telah menghasilkan uang atau barang atas usaha dan pekerjaannya. Namun dalam pembayaran pajak ada istilah estimasi pajak. Dalam artikel ini akan dibahas selengkapnya.

Apakah Sebenarnya Pajak itu Sampai Harus Dilakukan Estimasi Pajak?

Pajak merupakan iuran kewajiban dibayarkan oleh rakyat atau wajib pajak kepada negara demi kepentingan pemerintah dan kesejahteraan masyarakat umum. Pajak adalah salah satu media pemerataan pendapatan warga negara dan sumber dana pembangunan negara untuk pemerintah. Oleh karena itu nantinya masyarakat umum dapat menikmati efeknya dari pembangunan tersebut. Seperti contohnya jika Anda membayar pajak jalan raya atau kendaraan bermotor maka Anda akan menikmati manfaatnya dari perbaikan jalan raya di daerah Anda.

Pajak tersebut banyak macamnya termasuk  pajak bumi dan bangunan, pajak motor ataupun Pajak Pertambahan Nilai (PPN), semua telah diwajibkan pembayarannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun Sebagian besar masyarakat mendengar kata pajak terasa memberatkan, namun sadar atau tidak sadar, pajak sendiri telah memberikan manfaatnya juga bagi masyarakat Indonesia.

Pengertian Estimasi Pajak

Sebagai perusahaan yang memiliki manajemen keuangan yang baik, membuat estimasi atau perkiraan perpajakan adalah hal yang harus dilakukan. Melalui estimasi pajak, Anda dapat menempatkan dana lebih untuk melakukan kewajiban pembayaran pajak, sehingga nantinya Anda dapat membayarkan kewajiban pajak tepat waktu dan agar terhindar dari pembayaran denda atau sanksi perpajakan yang diakibatkan keterlambatannya.

Dengan melakukan perhitungan estimasi pajak, Anda dapat menghindari kelebihan membayar pajak, sehingga hidup lebih nyaman, bisnis menjadi aman

Manfaat Membuat Estimasi Pajak

Estimasi pajak tersebut sangat dibutuhkan agar kita bisa menghitung jumlah pajak yang dibayarkan kepada pemerintah, dikarenakan apabila terdapat kelebihan pembayaran pajak maka akan sulit dalam proses pengembalian pajaknya. Dan berikut ini beberapa manfaat estimasi pajak bagi para pengusaha/pebisnis seperti Anda.

1. Mencegah Pemborosan terlalu Besar

Perlunya menghitung estimasi pajak dalam bisnis Anda merupakan salah satu cara manajemen pajak yang baik. Jika Anda mampu menghitung pajak secara tepat dan akurat dan mampu merekayasanya seminimal mungkin, Anda telah turut menghemat keuangan perusahaan dengan efisien.

Namun anda juga tetap harus mengikuti aturan-aturan yang Anda, karena dengan menekan pajak, anda juga akan mendapatkan total keuntungan yang lebih besar lagi dan semakin tinggi.

2. Memudahkan Arus Kas

Anda dapat menempatkan berapa besarnya kas yang harus dibayarkan untuk pajak sehingga anggaran selanjutnya dapat dihitung secara akurat karena dapat memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa besar kas bisnis yang dapat dihemat. Hal ini penting bagi Anda untuk membayar dan lapor pajak secara tepat waktu. Jika tidak, pajak akan menunggak dan hal ini tentunya akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan arus kas (Cashflow) bisnis Anda tersebut.

3. Melakukan Penghitungan yang Tepat akan Mampu Menghemat Kas Keluar

Pajak merupakan salah satu kas keluar bagi sebuah perusahaan sehingga dapat mempengaruhi jumlah kekayaan perusahaan tersebut.

Dalam melakukan estimasi pajak terdapat dua metode yang akan menghasilkan penghitungan yang berbeda-beda. Metode pertama adalah dengan menggunakan average. Jika menggunakan metode ini adalah  dengan cara menghitung hasil biaya rata-rata. Jumlahnya diperoleh dari menjumlahkan seluruh biaya barang yang dimiliki, lalu  selanjutnya dibagi dengan banyaknya unit/ produk yang tersedia untuk dijual. Dan setelahnya anda akan menemukan berapa beban pokok penjualan dan persediaan akhir yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Selanjutnya metode kedua adalah dengan FIFO. Apakah FIFO itu sebenarnya? FIFO merupakan singkatan dari First In First Out yang mana barang yang telah masuk produksi akan lebih dahulu dikeluarkan atau dijual.

Mungkin Sebagian besar pebisnis menyangka bahwa Tindakan estimasi pajak ini merupakan salah satu Tindakan penggelapan sebuah pajak. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya estimasi pajak ini tidak sama dengan penggelapan pajak dikarenakan hal ini adalah upaya merekayasa usaha sehingga pajak bisnis Anda yang harusnya dibayar lebih kini bisa ditekan seminimal mungkin tanpa harus melanggar aturan-aturan yang tersedia. Selanjutnya tak heran bila biasanya para pebisnis akan melakukan pembayaran pajak setelat mungkin asalkan tidak melebihi dari jatuh tempo yang diberikan.

Namun jika tidak diurus dengan baik maka proses pajak dapat menjadi bom waktu yang mengakibatkan alur kas Anda semakin tidak stabil. Untuk itu perlunya sistem pembukuan keuangan yang mampu menghitung dan mencatat laporan keuangan beserta pajak yang dikenakan dalam bisnis Anda. Harmony Smart Accounting Solution hadir sebagai solusi bagi Anda yang dapat membantu menghitung pajak tahunan anda dalam laporan keuangan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Dengan benefit-benefit lainnya yang didapatkan dari Harmony, anda dengan leluasa dan semakin nyaman berbisnis tanpa kerepotan dalam pembuatan laporan keuangan yang ribet. Daftarkan diri Anda disini, nikmati benefit dan kemudahannya, dan saatnya memiliki sistem akuntansi dengan GRATIS 30 Hari penggunaannya yang mampu mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan dan pajak bisnis Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony