Kenali Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan
Harmony Blog
Finance
Kenali Fungsi Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan
October 24, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Manajemen keuangan merupakan suatu perencanaan atau suatu pengawasan aktifitas dalam pengadaan suatu pemanfaatan dana yang ada pada suatu perusahaan. Dalam bisnis peran untuk mengelola keuangan menjadi sangatlah penting. Maka kami berikan penjelasan dasar dari definisi, fungsi menajemen keuangan perusahaan serta tujuannya.

Demi kelancaran bisnis dan menjaga stabilitas keuangan, Anda perlu melakukan manajemen keuangan untuk bisnis Anda.

Inilah Aktifitas, Fungsi dan Ruang Lingkup Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

Aktifitas yang dimaksud adalah menggunakan, mengalokasikan maupun mengelola asset sumber daya perusahaan agar bisa sesuai dengan tujuan perusahaan. Hal diatas bertujuan untuk menciptakan maupun menjaga nilai ekonomis demi kelancaran bisnis serta menjaga nama baik perusahaan tersebut. Melalui teknologi semua aktifitas bisnis menjadi mudah, dengan ada software akuntansi online Anda sudah bisa memonitoring alokasi dana atau aset bisnis secara otomatis.

Fungsi Keuangan & Ruang Lingkupnya

Untuk mengatur keuangan perusahaan bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Sebuah perusahaan akan lebih berkembang jika Anda juga mengerti bagaimana peran akuntansi manajemen dan keuangan berfungsi dalam bisnis Anda. Pada dasarnya, fungsi keuangan dalam perusahaan ini erat hubungannya dengan pendanaan perusahaan itu sendiri. Atau dalam kata lain, tujuan dari manajemen keuangan ini adalah memaksimalkan atau memberikan nilai tambah terhadap aset-aset yang dimiliki perusahaan.

Berikut 3 lingkup utama dari manajemen keuangan:

1. Keputusan pendanaan yang meliputi segala kebijakan dalam pencarian dana perusahaan. Contoh dari lingkup ini adalah kebijakan pengambilan hutang baik itu jangka pendek atau jangka panjang.

2. Keputusan pengelolaan aset meliputi kebijakan yang mengatur segala pengelolaan aset perusahaan agar bisa dimanfaatkan secara efisien guna mencapai sebuah tujuan dari perusahaan tersebut.

3. Keputusan investasi ini meliputi  kebijakan dalam hal penanaman modal usaha. Adapun modal perusahaan yang dimaksud ini berupa aktiva tetap semisal peralatan mesin, tanah, dan gedung. Aktiva financial seperti surat-surat berharga juga bisa diinvestasikan.

Pelaksana

Setiap fungsi tentunya tidak lepas kepada bagaimana eksekusinya di perusahaan atau bisnis masing-masing. Pastinya hal ini akan melibatkan karyawan yang akan bertanggung jawab penuh terhadap segala hal yang berhubungan dengan keuangan suatu perusahaan. Tidak perlu khawatir, dalam melakukan fungsi tersebut setiap karyawan hanya perlu mengetahui bagaimana cara belajar akuntansi yang mudah dan menyenangkan. Kami berikan juga contoh karyawan yang bertugas untuk membantu mengatur keuangan perusahaan.

1. Treasure

Treasure atau sering disebut sebagai bendahara merupakan orang yang bertanggung jawab dalam segala sumber dana perusahaan. Hal ini bertujuan untuk keamanan serta membuat laporan arus dana harian demi berputarnya bisnis modal kerja.

2. Controler

Suatu tugas administrasi pembukuan atau akuntansi untuk mencatat serta membuat laporan mengenai semua informasi keuangan suatu perusahaan, yang dimulai dari penyusunan laporan keuangan sampai pajak perusahaan.

Itulah merupakan dua tugas dari mereka yang berurusan dengan keuangan perusahaan. Besarnya fungsi keuangan perusahaan dalam membangun perusahaan menjadikan hal ini penting untuk diperhatikan dan harus dipegang oleh mereka yang berpengalaman.

Kelola keuangan bisnis juga bisa dimulai dengan membuat pembukuan dengan rapih dan mudah. Saat ini Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu seperti software Harmony yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Gunakan Harmony sekarang juga dan dapatkan kemudahannya melalui Coba Gratis 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/