Harmony Blog

Cara Belajar Akuntansi dengan Mudah dan Menyenangkan

Diupdate Feb 24th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Cara Belajar Akuntansi dengan Mudah dan MenyenangkanPin

Belajar akuntansi, mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sangat membosankan. Sangat lazim terjadi, karena sebagian masyarakat tidak terlalu suka dengan materi akuntansi yang rumit. Mulai dari menghafal rumus, melakukan pencatatan, sampai dengan membuat perhitungan yang rumit.

Ya, belajar akuntansi memang tidak mudah, namun peran akuntansi sangat diperlukan di dalam sebuah bisnis, baik itu bisnis skala UMKM sampai dengan korporasi yang besar. Bayangkan Anda seorang owner bisnis tetapi Anda tidak memahami kondisi keuangan, tentunya Anda akan sulit untuk mengambil keputusan bisnis. Oleh karena itu, memahami materi akuntansi adalah suatu keharusan jika Anda ingin bisnis Anda stabil dan semakin berkembang.

Memahami akuntansi memang tidak mudah, tetapi jika Anda mengerti caranya yang tepat semuanya akan terasa mudah dan menyenangkan.

Pada era digital ini, hadirnya inovasi di bidang akuntansi memicu para pebisnis untuk lebih menggunakan teknologi dalam mengetahui cara mudah belajar akuntansi. Anda dapat belajar akuntansi online dari internet dan ikut kursus belajar akuntansi keuangan berbayar untuk menguasai materi akuntansi.

Sekarang pertanyaannya adalah, darimana saya harus memulai? Lalu, bagaimana cara mudah belajar akuntansi? Berikut ini kami akan berikan tips bagaimana cara belajar akuntansi dengan mudah dan menyenangkan.

1. Mengerti Tentang Konsep Dasar Akuntansi

Cara belajar akuntansi yang pertama adalah memahami materi akuntansi, siklus akuntansi serta dasar-dasarnya. Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. 

Setelah itu, Anda juga perlu memahami persamaan dasar akuntansi. Secara umum definisi persamaan dasar akuntansi adalah hubungan antara  harta, utang, dan modal yang dimiliki perusahaan. Sehingga laporan ini dapat digunakan untuk kepentingan seperti stakeholder atau yang berhubungan dengan analisis laporan keuangan, pengambilan keputusan serta tujuan lainnya.

Sebenarnya belajar akuntansi itu mudah dan konsep dasar akuntansi itu sederhana. Tujuan dari persamaan dasar akuntansi adalah sebagai dasar pencatatan, di mana setiap terjadi sebuah transaksi perlu di catat dalam dua aspek kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva). Berikut adalah cara mudah belajar akuntansi keuangan. Anda hanya perlu memahami konsep ALOE, apa itu? simak penjelasan di bawah ini dengan rumus persamaan akuntansi:

HARTA (Asset) = UTANG (Liability) + MODAL (Owner’s Equity)

HARTA + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN

Aset adalah aktiva di mana sebagai sumber ekonomi yang berguna bagi organisasi atau perusahaan. Sedangkan kewajiban adalah hutang yang merupakan pasiva. Sementara ada ekuitas pemilik usaha atau modal usaha dengan selisih kewajiban pemilik usaha di masa depan.

Selanjutnya Anda perlu memahami apa saja poin-poin penting dalam materi akuntansi. Hal mendasar ini perlu Anda pahami diluar kepala jika Anda ingin mahir dalam belajar akuntansi. Dasar-dasar akuntansi seperti konsep debit-kredit, penjurnalan, posting jurnal ke buku besar, membuat neraca saldo atau neraca percobaan, serta menyajikan sebuah laporan-laporan keuangan.

2. Temukan Mentor dan Berlatih Secara Rutin

Untuk menjadi akuntan yang handal selain harus menguasai materi akuntansi, Anda juga harus belajar akuntansi secara rutin. Berlatih materi akuntansi secara rutin dapat membuat kemampuan Anda terasah serta Anda dapat memahami kekurangan yang Anda punya dalam cara belajar akuntansi. Dengan cara mudah belajar akuntansi di bawah ini Anda akan bisa melatih skill Anda dengan baik.

Cara belajar akuntansi yang pertama adalah jika Anda seorang mahasiswa Anda bisa magang di kantor. Dengan magang Anda dapat menemukan mentor yang akan membimbing Anda dalam belajar akuntansi keuangan untuk melatih kemampuan Anda. Kemudian pengalaman dalam dunia kerja yang sebelumnya tidak dapatkan, bisa menjadi bekal Anda jika Anda suatu saat sudah lulus.

Lalu, cara belajar akuntansi keuangan yang kedua adalah Anda bisa menjadi freelancer di mana pekerjaan freelance ini juga dapat menjanjikan penghasilan yang besar serta melatih kemampuan Anda dalam mengelola waktu. Hal ini juga merupakan cara mudah belajar akuntansi online. Dikarenakan waktu yang diberikan sangat luang. Selain itu akan membuka relasi Anda lebih luas lagi, sehingga Anda dapat bertukar pikiran dalam belajar akuntansi keuangan.

3. Gunakan Alat Bantu (Software Akuntansi)

Perkembangan teknologi semakin canggih, dahulu jika kita ingin menuju ke suatu tempat, pasti kita bertanya kepada orang yang sudah pernah ke tempat itu. Sekarang dengan kemudahan teknologi cukup menggunakan maps Anda dapat pergi kemana pun Anda inginkan tanpa perlu mengingat jalan mana yang harus dilewati.

Begitu pula akuntansi, jika dulu melakukan pembukuan terasa merepotkan dan menyita waktu, sekarang Anda tidak perlu lagi mengalami hal tersebut. Sekarang dengan kecanggihan teknologi Anda dapat belajar akuntansi online. Proses pengerjaan mulai dari pencatatan, melacak persediaan secara realtime, rekonsiliasi bank praktis karena langsung terintegrasi serta perhitungan sampai laporan keuangan dapat diotomatisasi dengan software. Hal ini dapat membuat Anda menghemat banyak biaya, waktu serta energi.

Jika Anda sudah memahami tentang prinsip dasar akuntansi, kemudian Anda sudah berlatih secara rutin. Selanjutnya untuk mempercepat pekerjaan Anda, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi seperti Harmony untuk mempermudah pembukuan Anda. 

4. Mengenal Siklus dan Proses Akuntansi

Pada dasarnya belajar akuntansi itu mudah, kini Anda pahami juga siklus akuntansi. Siklus akuntansi adalah tahapan-tahapan di mana sebuah informasi akuntansi menjadi laporan keuangan yang benar dan sistematis. Siklus akuntansi juga dapat diartikan sebagai proses pembuatan laporan keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam siklus akuntansi terdapat 3 tahapan yaitu:

• Pencatatan dan Penggolongan

• Pembuatan Ikhtisar Laporan Keuangan

• Pembuatan dan Penyajian Laporan Keuangan

Cara mudah belajar akuntansi yang selanjutnya adalah Anda perlu mengerti proses yang berjalan di dalam akuntansi. Apa saja proses tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini:

a. Belajar Akuntansi – Proses Pencatatan

Pencatatan adalah kegiatan dokumentasi atau mencatat transaksi bisnis pada periode tertentu. Dalam siklus akuntansi, proses ini sangat penting dilakukan untuk mengumpulkan data yang nantinya akan dijadikan bahan analisa oleh pihak keuangan. Pencatatan juga sering disebut dengan istilah pembukuan. Namun pembukuan itu sendiri memiliki beragam jenis sesuai kebutuhan dan kepentingan.

b. Belajar Akuntansi – Proses Meringkas & Mengklasifikasi

Setelah mencatat transaksi, biasanya data yang disajikan adalah data yang masih mentah. Maka saat inilah akuntan perlu meringkas serta mengklasifikasi data agar kualitas informasi menjadi lebih mudah dipahami. Di mana data tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pihak yang berkepentingan.

c. Belajar Akuntansi – Proses Pelaporan

Data yang sudah diolah nantinya akan disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Kemudian diserahkan kepada pihak manajemen sebagai acuan pengambilan keputusan. Adapun waktu penyerahan laporan keuangan biasanya saat akhir bulan, kuartal bulan atau tahunan.

d. Belajar Akuntansi – Proses Menganalisa

Tentu setelah mengikuti siklus akuntansi yang benar, seorang pebisnis perlu menganalisa proses akuntansi yang telah berjalan. Analisa materi akuntansi ini biasanya berdasarkan laba, penjualan, ekuitas dan lain-lain untuk menilai kinerja sebuah perusahaan atau organisasi. Sehingga jika perusahaan ingin mengambil keputusan, memiliki dasar yang kuat karena sudah membaca data.

Baca Juga : Seperti Apa Fungsi Permintaan dan Penawaran dalam Akuntansi?

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Memahami Akun dan Saldo Normalnya Pembukuan

Akun adalah instrumen penting dalam pembukuan. Akun ini berfungsi sebagai formulir untuk mencatat transaksi sejenis dimana dapat merubah komposisi harta, kewajiban, dan juga modal usaha. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan.

Menurut standar akuntansi, akun terdapat 2 jenis yaitu:

Akun riil : akun yang dicatat pada neraca terdiri dari harta (asset), kewaijban, dan juga modal.

Akun nominal : akun yang dicatat pada laporan laba/rugi yang meliputi pendapatan dan beban.

Setiap nama akun memiliki nomor akun dan saldo normalnya. Pada nama akun biasanya terdapat nomor akun dan saldo normalnya. Sementara saldo normal adalah saldo yang menempatkan sebuah akun berada di posisi debit atau kredit. Berikut adalah akun yang perlu Anda pahami:

Tabel akun belajar akuntansiPin

Sebagai pebisnis, Anda juga perlu mengerti materi akuntansi secara praktis. Semua hal akuntansi sangat berguna ketika Anda ingin mengetahui kondisi keuangan bisnis Anda agar terhindar dari kebocoran kas atau kegagalan bisnis.

Tidak perlu memahami secara detail, biarkan tim akuntan Anda yang mengerti secara teknis. Secara garis besar akuntansi dapat diartikan sebagai proses mencatat, meringkas, mengolah serta menyajikan data transaksi atau kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Di mana hasil dari proses tersebut dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan untuk analisa keuangan serta mengambil keputusan.

Terkait dengan analisa laporan keuangan, tentu Anda perlu pembukuan yang rapi setiap bulannya. Untuk memudahkannya, Anda bisa memanfaatkan teknologi software akuntansi dalam melakukan pembukuan. Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya di manapun dan kapanpun selama terhubung internet. Tersedia 400+ fitur akuntansi yang powerful mulai dari pencatatan transaksi bank otomatis, membuat invoice, mengelola inventory sampai dengan 20+ laporan keuangan realtime. Kini Anda dapat mencoba gratis selama 30 hari di sini.

Update juga insight dan informasi Anda setiap hari dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.


Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony