Ingin Cara Praktis Rekonsiliasi Bank? Pelajari Contoh Soal Berikut Ini!
Harmony Blog
Accounting
Ingin Cara Praktis Rekonsiliasi Bank? Pelajari Contoh Soal Berikut Ini!
October 24, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Setiap perusahaan harus membuat laporan keuangan secara rutin agar mengetahui arus kas masuk dan kas keluar sesuai dengan persamaan dasar akuntansi. Ketika Anda membuat transaksi keuangan, Anda juga perlu membuat rekonsiliasi bank tersebut supaya bisa dipastikan bahwa pencatatan perusahaan dengan bank sudah sesuai. Adanya contoh soal rekonsiliasi bank dapat membantu Anda mengetahui dan mencocokkan hasil saldo akhir perusahaan dengan bank.

Bahkan contoh soal rekonsiliasi bank dapat membantu Anda untuk mengetahui terjadinya kesalahan pencatatan dan pembukuan keuangan antara pihak bank dengan perusahaan Anda. Sehingga artikel ini juga diperlukan untuk memberikan Anda pengetahuan dalam membuat tabel dari contoh soal rekonsiliasi bank, agar Anda dapat mengecek hasil pencatatan serta pembukuan yang benar dari kedua belah pihak.

Proses rekonsiliasi bank berguna untuk membantu Anda menyesuaikan informasi dan memberikan rincian atas perbedaan transaksi pencatatan keuangan antara pihak bank dengan perusahaan.

Apa Itu Rekonsiliasi Bank?

Rekonsiliasi bank adalah suatu analisis pencatatan informasi atas jumlah saldo yang disebabkan rekening koran dengan kas saldo perusahaan berbeda. Sehingga rekonsiliasi ini juga berguna dalam mendapatkan hasil saldo kas yang sesuai saat penyesuaian di akhir periode pembukuan.

Sebagai pengendalian internal, perusahaan akan menerima rekening koran yang dikirim rutin oleh pihak bank. Sehingga perusahaan dapat mengecek kebenaran serta kecocokan atas saldo akhir kas rekening perusahaan menurut catatan perusahaan dengan rekening koran bank.

Macam Bentuk Tabel Dari Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Untuk Perusahaan

Berikut ini ada beberapa macam bentuk tabel sebagai panduan Anda dalam membuat contoh soal rekonsiliasi bank pada perusahaan, yaitu :

1. Bentuk Staffel Rekonsiliasi Bank

Yaitu bentuk ini disusun secara bertingkat, sehingga bagian atas dalam mencatat rekonsiliasi saldo kas berdasarkan pada pencatatan perusahaan. Selanjutnya bagian bawah mencatat rekonsiliasi saldo kas bagian rekening koran bank. Pada berikut ini rekonsiliasi bank bentuk staffel, seperti :

2. Bentuk Skontro Rekonsiliasi Bank

Untuk bentuk skontro yaitu contoh rekonsiliasi 2 kolom yang disusun secara horizontal secara bersebelahan. Sehingga pada bagian kiri untuk rekonsiliasi bank pada pencatatan perusahaan, dan bagian sebelah kanan untuk rekonsiliasi pada rekening koran bank. Berikut ini bentuk atas contoh soal rekonsiliasi bank 2 kolom yaitu :

3. Bentuk Rekonsiliasi Bank 4 Kolom

Pada contoh soal rekonsiliasi bank 4 kolom ini merupakan suatu bentuk penyusunan yang terdiri atas 4 kolom sebagai nominal mutasi. Berikut ini contoh rekonsiliasi 4 kolom yaitu :

4. Bentuk Rekonsiliasi Bank 8 Kolom

Pada contoh soal rekonsiliasi bank berbentuk 8 kolom merupakan suatu bentuk pencatatan dan penyajian rekonsiliasi bank dengan kolom yang berjumlah 8 sebagai nominal mutasi. Berikut ini contoh rekonsiliasi bank berbentuk 8 kolom, yaitu :

Baca Juga : Apa Saja Perbedaan Cloud Accounting Software Dengan Desktop?

Contoh Soal Rekonsiliasi Bank Untuk Anda

Agar Anda dapat belajar akuntansi dengan mudah, maka berikut ini contoh soal rekonsiliasi bank untuk menyusun dan menyesuaikan laporan pembukuan pada perusahaan Anda dengan bank.

Seperti contoh :

1. Saldo kas menurut catatan PT Sukses Kemilau sebesar Rp2.000.000.

2. Saldo kas menurut rekening koran Bank ABC sebesar Rp 1.880.000.

3. Cek yang masih dalam peredaran sampai 30 Desember 2019, yaitu :

– Nomor 0612 sebesar Rp50.000

– Nomor 0712 sebesar Rp100.00

– Nomor 0912 sebesar Rp300.000

5. Setoran sebesar Rp600.000, belum ada pada rekening koran Bank ABC.

6. Bank ABC membebani rekening giro perusahaan dengan biaya administrasi bank Rp15.000. Transaksi tersebut baru diketahui tanggal 31 Desember 2019.

7. Cek yang ditarik untuk PT Sukses Kemilau sebesar Rp 1.550.000 salah dicatat oleh bagian pembukuan perusahaan sebesar Rp1.505.000.

8. Tanggal 28 Desember 2019, terdapat seorang customer yang meminta kembali cek yang telah dibayarkan kepada perusahaan pada tanggal 27 Desember 2019. Cek sebesar Rp.100.000 ini telah disetorkan ke bank dan dicatat pada 29 Desember. (diperlakukan seperti cek kosong)

9. Bank ABC telah menagihkan piutang wesel perusahaan sebesar Rp200.000. Transaksi baru diketahui 31 Desember 2019.

10. Rekening Koran Bank ABC menunjukkan pengurangan sebesar Rp90.000 untuk cek nomor 0412 yang seharusnya bernilai Rp80.000

Berikut ini laporan rekonsiliasi bank pada PT Sukses Kemilau dengan bentuk model 2 kolom atau skontro yaitu :

Dari contoh soal rekonsiliasi bank atas perhitungan tersebut saldo akhir kas yang benar menurut perusahaan dan bank yaitu sebesar Rp2.040.000. Selanjutnya setelah diketahui saldo akhir dengan benar, maka yang harus dilakukan yaitu membuat jurnal penyesuaian berdasarkan perhitungan di atas.

Contoh Jurnal Penyesuaian

Dapat Anda ketahui bahwa jurnal penyesuaian berguna untuk mencocokan saldo rekening kas Anda atas pengurangan dan penambahan, sehingga dapat terlihat dari nominal debit dan kredit dalam akuntansi jurnal penyesuaian.

Pencatatan rekonsiliasi ini merupakan tugas akuntan untuk selalu mencatat dan membuat laporan keuangan supaya perhitungan kas Anda tidak keliru. Sehingga pada zaman sekarang pebisnis lebih mengutamakan jasa perbankan untuk merekonsiliasi transaksi bank secara berkala.

Setelah Anda mengetahui dan memerhatikan contoh soal rekonsiliasi bank tersebut, ada kemungkinan Anda juga dapat memahami tentang konsep rekonsiliasi bank dari pada hanya membaca teori.

Pemahaman dari contoh soal rekonsiliasi bank, juga memang membutuhkan praktik dibandingkan hanya sekadar teori, sehingga jauh lebih baik untuk mengerjakan soal tentang rekonsiliasi bank agar bisa lebih memahami tentang konsep pembukuan Anda.

Baca Juga : Cara Praktis Mengetahui Penjualan Menggunakan Software Akuntansi

custom-form-newsletter

Lakukan Rekonsiliasi Bank Otomatis Dengan Software Accounting

Di era sekarang kemungkinan sebagian dari pebisnis membutuhkan rekonsililasi bank yang lebih efisien, mudah, dan mengurangi human eror. Untuk itu, Anda bisa mengandalkan aplikasi akuntansi berbasis cloud dalam membantu pengelolaan transaksi bisnis Anda. Salah satunya yaitu Harmony Software akuntansi.

Dengan menggunakan Harmony Anda bisa melakukan proses rekonsiliasi bank secara otomatis, dan dapat memudahkan bisnis Anda serta dapat membuat proses rekonsiliasi ataupun menghindari resiko kesalahan. Rekonsiliasi bank Harmony juga bekerja sama dengan berbagai bank besar di Indonesia seperti Bank Mandiri, BCA, BNI dan lainnya. Untuk menghadirkan kemudahan dalam proses penarikan informasi rekening koran supaya dapat menerima pencatatan seluruh transaksi bisnis Anda.

Cobalah untuk Anda gunakan software akuntansi seperti Harmony yang dapat dengan mudah melakukan rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, pembuatan invoice otomatis, pemantauan stok, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/