Persamaan Dasar Akuntansi: Penjelasan dan Contohnya
Harmony Blog
Accounting
Persamaan Dasar Akuntansi: Penjelasan dan Contohnya
March 27, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Seringkali pebisnis merasa belum mengetahui persamaan dasar akuntansi secara lengkap. Akan tetapi teori persamaan dasar akuntansi ini merupakan hal yang penting dalam mempengaruhi siklus akuntansi pada keuangan bisnis Anda.

Umumnya Anda sebagai pebisnis ataupun seorang akuntan harus mengerti bagaimana persamaan dasar akuntansi.

Di mana persamaan dasar akuntansi adalah hal yang diperlukan oleh sebuah perusahaan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan yang biasa disebut dengan pembukuan.

Dalam akuntansi dikenal istilah persamaan dasar akuntansi adalah gambaran kekayaan, hutang, dan modal yang dimiliki perusahaan.

Lazimnya pebisnis memulai mengatur keuangan bisnis dengan melakukan pembukuan yang sederhana. Pembukuan tersebut dapat dengan mudah dilakukan berdasarkan konsep dasar persamaan akuntansi.

Dengan menggunakan konsep tersebut, dapat mempengaruhi transaksi terhadap posisi keuangan perusahaan.

Prinsip Persamaan Dasar Akuntansi

Untuk menerapkan persamaan dasar akuntansi, Anda sebaiknya perlu memegang prinsip akuntansi. Di mana prinsip tersebut merupakan keseimbangan antara harta dengan kewajiban. Pengaruh persamaan dasar akuntansi adalah untuk menganalisa laporan keuangan dan segala transaksi yang terjadi.

Dalam akuntansi mengenal debit dan kredit di setiap transaksi yang terjadi. Maka pengenalan akan hal ini perlu dikuasai agar prinsip keseimbangan dapat terealisasikan.

Kekayaan atau aktiva adalah assets atau bisa disebut juga dengan harta yang dimiliki perusahaan, dan hak atas harta tersebut disebut hak atas kekayaan (equality).

Hubungan antara harta dengan hak atas kekayaan dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut:

Harta (assets) = Hak atas kekayaan (equality)

Secara teori, hak atas kekayaan terbagi menjadi dua berdasarkan asal usulnya yaitu hak yang berasal dari kreditur dan hak yang berasal dari pemilik perusahaan.

Hak dari kreditur atas kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan merupakan hutang perusahaan, sedangkan hak dari pemilik perusahaan itu sendiri disebut sebagai modal. Persamaan akuntansi dapat dituliskan sebagai berikut:

Harta = Utang + Modal atau Modal = Harta – Utang

Manfaat Persamaan Dasar Akuntansi

Secara umum manfaat persamaan dasar akuntansi berguna untuk mengetahui adanya perubahan nilai dari harta atau kekayaan pada suatu perusahaan.

Sehingga perubahan ini berdampak atas setiap transaksi yang telah dilakukan sebelumnya, selain itu persamaan dasar akuntansi ini memberikan manfaat dalam mengetahui berapa harta yang telah terpakai atau dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

Dengan demikian persamaan dasar akuntansi berguna dalam menghitung keuangan pada laporan perusahaan, sehingga pengeluaran dan pemasukan yang tercatat dapat dilakukan dengan baik dan benar.

Baca Juga : Retur Pembelian & Penjualan: Jenis dan Pencatatannya Dalam Akuntansi

Apa Saja Komponen Dalam Persamaan Dasar Akuntansi?

Dengan memahami persamaan dasar akuntansi, tentunya juga memiliki komponen yang termasuk ke dalam persamaan akuntansi sebagai berikut :

1. Akun Aset

Pada komponen aset merupakan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang berguna untuk di masa depan, adapun bentuk persamaan dasar akuntansi pada akun aset yaitu bersifat seperti aset lancar, aset tetap, dan aset tidak berwujud. Sehingga dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

• Komponen aset lancar adalah kas, piutang, dan biaya dibayar di muka.

• Komponen aset tetap adalah kendaraan, dan bangunan.

• Komponen aset tidak berwujud adalah goodwill, hak cipta, paten.

2. Akun Kewajiban (Liabilitas)

Biasanya istilah kewajiban ini biasa disebut sebagai liabilitas atau utang yang memiliki sejumlah dana atas hasil pinjaman dari pihak lain atau kreditur. Sehingga utang ini harus dilunasi pada saat waktu yang sudah ditentukan.

Bentuk persamaan dasar akuntansi di dalam akun kewajiban merupakan utang, dimana utang tersebut merupakan kesepakatan antar perusahaan dalam membayar pelunasan tersebut di kemudian hari. Adapun komponen pada utang tersebut dibagi dua yaitu :

• Komponen utang dagang adalah utang bank, utang gaji, utang pajak.

• Komponen utang jangka panjang adalah utang obligasi

3. Akun Ekuitas

Dalam ekuitas adalah bagian dari aset perusahaan yang biasanya dipegang oleh pemilik saham atau pihak ketiga. Sehingga kepemilikan ini bisa meningkatkan ekuitas atau mengurangi ekuitas yang biasanya termasuk ke dalam bentuk persamaan dasar akuntansi pada akun prive.

Di mana akun prive ini merupakan dana yang ditarik oleh pemilik saham dari perusahaan, selain itu adanya peningkatan ekuitas ini dapat meningkatkan akun pendapatan.

Sementara pada sisi penurunan ekuitas akan berpengaruh pada biaya perusahaan, maka dari itu komponen ekuitas ini dapat dibagi ke dalam bentuk persamaan dasar akuntansi seperti prive, modal, saham biasa, laba ditahan, dan modal disetor.

Pengaruh Transaksi Keuangan Terhadap Persamaan Akuntansi

Suatu transaksi keuangan yang terjadi pada sebuah perusahaan sangat berpengaruh terhadap persamaan akuntansi. Beberapa kemungkinan pengaruh tersebut antara lain:

1. Mempengaruhi salah satu, beberapa atau keseluruhan dari harta, hutang, dan modal.

2. Penambahan atau pengurangan aktiva yang mungkin timbul diimbangi dengan penambahan atau pengurangan terhadap pasiva (berupa hutang dan modal).

3. Pendapatan akan selalu menambah modal dan beban akan selalu mengurangi modal.

Contoh Soal Persamaan Dasar Akuntansi

Dengan memahami dasar akuntansi ini, sebaiknya Anda juga dapat memahami contoh soal persamaan dasar akuntansi sebagai berikut ini.

Pada tanggal 1 Januari 2020, perusahaan yang bergerak bidang servis sepeda motor dengan nama Servis Sepeda Motor Mentereng melakukan beberapa transaksi sebagai berikut:

a. Investasi untuk modal pertama pada perusahaan Servis Sepeda Motor Mentereng berupa uang tunai sebesar Rp10.000.000 dan Peralatan kantor sebesar Rp500.000.

b. Membayar sewa atas ruangan usaha bengkel sebesar Rp600.000 untuk 1 bulan. 

c. Membeli perlengkapan bengkel secara kredit seharga Rp400.000 dan peralatan bengkel seharga Rp1.000.000. 

d. Memperoleh pendapatan atas jasa yang telah diberikan selama 1 minggu sebesar Rp 1.600.000. 

e. Membayar tagihan listrik dan air untuk bulan Januari 2020 sebesar Rp200.000.

custom-form-newsletter

f. Mendapatkan jasa servis langganan sebesar Rp750.000. 

g. Membayar sebagian hutang atas pembelian perlengkapan sebesar Rp250.000. Menerima pelunasan piutang atas transaksi seorang konsumen sebesar Rp500.000. 

h. Pemilik mengambil uang tunai untuk digunakan secara pribadi sebesar Rp100.000. 

i. Dibayar gaji karyawan bengkel untuk bulan Januari 2020 sebesar Rp3.000.000 

j. Membayar rekening telepon sebesar Rp75.000. 

k. Pada akhir bulan Januari 2020 perlengkapan yang masih ada bernilai Rp250.000 dan peralatan bengkel disusutkan sebesar Rp50.000. 

l. Mendapatkan jasa servis sebesar Rp1.500.000 

Berdasarkan data transaksi dalam persamaan akuntansi di atas, maka dapat disusun persamaan dasar akuntansi pada tabel sebagai berikut:

persamaan-dasar-akuntansi

Itulah penjelasan dan contoh persamaan akuntansi yang bisa Anda lakukan untuk perhitungan dasar akuntansi perusahaan Anda. Untuk melakukan perhitungan modal usaha, piutang, hutang, dan aktiva secara manual membutuhkan ketelitian dan waktu yang cukup lama.

Namun, saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi sehingga perhitungan dan pengelolaan data dapat Anda lakukan dengan mudah. Untuk mendapatkan perhitungan yang lebih akurat, cepat dan realtime Anda dapat menggunakan Harmony.

Software akuntansi yang dapat digunakan dengan mudah walau Anda tidak mempunyai background akuntansi sekalipun untuk mengelola pembukuan perusahaan Anda. Harmony juga memiliki fitur pengelolaan stok yang lengkap seperti pencatatan bahan baku, fitur simple manufacturing, bantuan untuk stock opname dan fitur lainnya. Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari di sini.

Untuk Anda yang sibuk dalam kegiatan bisnis namun membutuhkan perhitungan keuangan, dan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dalam mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/