5 Peran Akuntansi Yang Sangat Mempengaruhi Dalam Bisnis
Harmony Blog
Accounting
5 Peran Akuntansi Yang Sangat Mempengaruhi Dalam Bisnis
June 11, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Peran akuntansi bagi pebisnis sangatla dibutuhkan. Akuntansi  banyak memberikan informasi penting mengenai biaya, pendapatan, laba rugi,
dan proses pengendalian keuangan lainya. Fungsi Akuntansi, ialah untuk mengacu pada pencatatan dan analisis suatu kegiatan bisnis. 

Dengan adanya peran akuntansi dalam bisnis, Anda dapat Memahami di mana pemasukan dan pengeluaran arus kas yang Anda miliki, dan dengan adanya peran akuntansi, akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang lebih tepat untuk menghindari kegagalan terhadap bisnis yang Anda miliki.

Tanpa adanya peran Akuntansi dalam bisnis, Anda tidak dapat membuat keputusan keuangan yang baik untuk bisnis Anda.

Peran Akuntansi Dalam Bisnis

Tujuan akuntansi adalah untuk memberikan informasi keuangan kepada para manajemen, investor dan kreditor. Akuntansi mengukur dan merangkum kegiatan perusahaan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada manajemen dan pihak berkepentingan lainnya.

Manajer membutuhkan data keuangan yang akurat dan tepat waktu untuk membuat keputusan yang cerdas dalam menangani setiap keuangan yang dimiliki. Maka dari itu sangat penting peran akuntansi dalam mempengaruhi bisnis yang Anda miliki. Berikut penjelasan mengenai apa saja peran akuntansi terhadap bisnis :

1. Sebagai Alat Pengendali Keuangan

Semua kegiatan yang berupa perekonomian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan sebuah bisnis, pengendalian dan pengontrolan keuangan menjadi hal yang sangat penting karena akan menentukan keberhasilan dari bisnis tersebut.

Dengan adanya peran akuntansi dalam dunia bisnis, tentunya akan memudahkan kita dalam mengetahui semua data yang berhubungan dengan keuangan.

Sehingga dengan adanya peran akuntansi, Anda yang menjalankan sebuah bisnis dapat mengetahui informasi mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan, misalnya seperti apakah bisnis Anda sedang mengalami keuntungan atau justru kerugian ? atau apakah klain/pelanggan Anda sudah membayar administrasi tepat pada waktunya ? atau bahkan belum melakukan pembayaran ?

Maka dari itu penting bagi Anda untuk memiliki peran akuntansi dalam dunia bisnis yang Anda miliki. Sebab akuntansi banyak memiliki peran penting dalam keuangan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat melakukan evaluasi performa bisnis Anda selama ini berdasarkan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan pada bisnis Anda.

2. Dapat Membantu Para Stakeholders Dalam Mengambil Keputusan

Dengan adanya informasi yang jelas mengenai laporan keuangan, maka para stakeholders atau pemegang saham akan lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan, dikarenakan adanya peran akuntansi di dalamnya.

Dalam menjalankan bisnis memerlukan data akurat tentang aset, kewajiban, laba, dan posisi kas pada bisnis Anda. Dan semua nya itu memerlukan sebuah peran akuntansi dalam menyediakan setiap informasi keuangan bisnis Anda.

Dengan adanya peran akuntansi, maka data dan angka yang disajikan sangat akurat, sehingga memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan yang baik dan tepat bagi setiap bisnis yang mereka tekuni dan mereka jalani.

Akuntansi sangat bermanfaat sebagai evaluasi dan analisis untuk kemajuan bisnis dikarenakan laporan keuangan yang berbasis data akuntansi. Jadi akuntansi berfungsi penting dalam pengambilan keputusan untuk keberlanjutan bisnis anda.

Maka dari itu, akuntansi memainkan peran penting dalam mengevaluasi kelayakan investasi. Pertimbangan investasi yang tepat dapat menuntut analisis biaya dan proyeksi ekspektasi yang cermat untuk arus kas masa depan bisnis Anda. 

custom-form-newsletter

3. Berhubungan Dengan Pihak Ketiga

Hal yang perlu anda ketahui yaitu akuntansi tidak selalu berhubungan dengan pihak internal perusahaan saja, namun akuntansi juga berkaitan dengan pihak-pihak diluar perusahaan seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu Stakeholder atau pemegang saham.

Seorang akuntan mempunyai peranan sebagai jembatan saat dilakukan pengambilan keputusan dengan vendor maupun pihak ketiga lainnya yang menggunakan acuan data keuangan perusahaan yang telah dibuatnya untuk memutuskan suatu kebijakan.

Selain itu, seorang akuntan dapat berperan sebagai penghubung antara perusahaan dengan pemerintah negara dalam hal pembayaran wajib pajak dan para auditor.

4. Dapat Memantau Pertumbuhan Bisnis Anda

Kemampuan untuk memantau pertumbuhan bisnis adalah salah satu manfaat utama dari peran akuntansi bisnis yang terperinci. Dengan adanya akuntansi dalam bisnis, maka Anda akan lebih mudah mengetahui aset, liabilitas, jumlah saldo, dan berapa jumlah pendapatan yang sudah Anda miliki, dengan begitu Anda dapat dengan mudah melacak pertumbuhan bisnis yang Anda miliki. 

Anda akan tahu apakah target penjualan terpenuhi, apakah media sosial Anda dan strategi pemasaran konten berfungsi, dan apakah piutang Anda dan kewajiban hutang dipenuhi. Dan dengan Jika Anda mengetahui seluruh jumlah laporan keuangan bisnis Anda. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk mengontrol dan mengembangkan bisnis Anda untuk kedepannya.

5. Membantu Dalam Mengisi Laporan Keuangan Bisnis

Ini lah sebab nya mengapa pembukuan akuntansi tidak boleh diabaikan, catatan keuangan Anda mencerminkan hasil operasi serta posisi keuangan bisnis Anda ataupun perusahaan Anda. Dengan kata lain, peran akuntansi membantu Anda memahami apa yang terjadi dengan bisnis Anda secara finansial.

Dengan adanya Laporan Keuangan, catatan terkini membantu Anda melacak pengeluaran, margin kotor, dan kemungkinan utang, tetapi juga akan membantu Anda membandingkan data Anda saat ini dengan catatan akuntansi sebelumnya dan mengalokasikan anggaran Anda dengan tepat.

Dengan adanya peran akuntansi dalam bisnis Anda, maka segala laporan mengenai seluruh keuangan yang bisnis Anda miliki akan dapat terkendali dengan baik dan tepat. Dan dengan Anda menggunakan aplikasi akuntansi, Anda tidak perlu pusing dan repot ketika menghitung seluruh jumlah keuangan pada bisnis Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya anda melakukan penyusunan pembukuan secara konsisten dan rutin dalam mengupdate data pada pembukuan yang dibuat. Hal ini akan lebih terasa lebih mudah jika menggunakan Software Akuntansi khusus seperti yaitu Aplikasi Software Akuntansi Harmony yang mampu mencatat segala laporan keuangan perusahaan anda dengan lebih efektif dan efisien.

Peran akuntansi dalam dunia bisnis adalah sangat penting karena akuntansi dianggap sebagai salah satu penentu masa depan atau kelangsungan bisnis dalam suatu perusahaan, akuntansi dijadikan bahasa bisnis yang menyampaikan informasi keuangan dan non keuangan tentang suatu usaha atau organisasi kepada para stakeholder.

Proses penyusunan pembukuan dalam bisnis Anda sangatla dibutuhkan. Sekarang, mulailah untuk mencatat berbagai transaksi keuangan, agar mengetahui peran penting akuntansi dalam bisnis secara maksimal.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam pencatatan keuangan dan pembukuan, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Harmony yang dapat membantu Anda dalam menghitung setiap laporan keuangan yang Anda miliki.

Harmony Accounting Software merupakan software berbasis cloud atau online yang bisa membantu Anda untuk dapatkan pembukuan yang mudah dan praktis. Saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami yaitu FinTax Fair.  Bagaimana dengan Anda? Sudahkah pembukuan memiliki peran penting bagi bisnis Anda? Mulai rapihkan pembukuan Anda dan gunakan teknologi jaman now seperti Harmony dengan mendaftarkan akun Anda sekarang juga disini dan dapatkan Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/