Harmony » Blog » 

Cara Mudah Menangani Laporan Neraca Saldo Yang Tidak Seimbang

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 22, 2020

Bagi perusahaan membuat laporan neraca saldo memanglah sangat penting bukan? Apalagi ketika pebisnis memiliki banyak jenis transaksi, maka harus dilakukan proses pencatatan dari buku besar ke laporan neraca saldo.

Laporan neraca saldo tidak seimbang dapat diperbaiki, namun mencegah lebih baik daripada mengobatinya.Click to Tweet

Dilihat dari definisinya neraca saldo adalah daftar saldo akun yang didapat dari buku besar, untuk akhir periode sebagai prosesnya siklus akuntansi.

Biasanya buku besar tersebut juga terdiri dari beberapa bentuk yaitu bentuk T, bentuk stafel, dan bentuk skontro.

Nah tujuan pembuatan laporan neraca saldo ini berfungsi untuk melihat kondisi keuangan yang sebenarnya. Akan tetapi kebanyakan laporan tersebut ternyata menunjukkan neraca tidak balance.

Lantas apa saja penyebab neraca saldo tidak seimbang? Dan bagaimana untuk memperbaikinya? simak artikel berikut ini.

Apa Itu Laporan Neraca Saldo?

Seperti pembahasan sebelumnya bahwa neraca saldo adalah salah satu proses dari siklus akuntansi, yang di mana mencatat informasi atas aset, kewajiban, dan modal secara periode tertentu.

Mengetahui Neraca Saldo Tidak Seimbang

Selain itu dalam neraca saldo terdapat beberapa unsur yaitu seperti aktiva jangka panjang, aktiva lancar, aktiva tetap, kewajiban jangka panjang, hingga modal.

Nah, laporan neraca saldo memang memiliki dua sisi kolom, yaitu antara sisi kanan dan sisi kiri. Di mana daftar saldo akun harus seimbang dan memiliki nilai yang sama.

Namun jika terjadi neraca tidak balance, maka bisa dipastikan pencatatan Anda terjadi kesalahan dalam perhitungan dan penulisan.

Baca Juga: Pembahasan Lengkap Mengenai Laporan Keuangan Segmen

Penyebab Neraca Saldo Tidak Seimbang

Berikut ini ada beberapa hal yang menjadi penyebab neraca saldo tidak seimbang dalam proses siklus akuntansi yang biasanya terjadi:

  1. Kesalahan Dalam Mencatat Jurnal

    Ketika Anda melakukan kesalahan dalam mencatat jurnal yang harus dilakukan yaitu mengecek kembali setiap pencatatan nominal bilangan.

    Misalnya contoh pada akun piutang Anda mencatat jumlah debit sebesar Rp650.000, dan kreditnya sebesar Rp750.000.  Nah itulah yang terjadi selisih sebesar Rp100.000 yang dapat menjadi penyebab neraca saldo tidak seimbang.

  2. Saldo Awal Sudah Tidak Seimbang

    Adanya saldo awal ini memiliki peran penting dalam mendukung saldo akhir pada laporan neraca saldo.

    Apabila saldo awalnya sudah salah, maka akan menyebabkan neraca saldo tidak seimbang.Oleh karena itu sebaiknya Anda perlu melakukan pengecekan jumlah saldo awal.

    Untuk dapat mengeceknya Anda bisa menjumlahkan seluruh aset yang dimiliki dan bandingkan dengan jumlah kewajiban ditambah modal perusahaan.

  3. Salah Mendebit-Kreditkan Akun

    Kesalahan juga bisa terjadi saat Anda mencatat debit kredit akun transaksi. Inilah yang menjadi penyebab neraca tidak balance. Contohnya, catat pajak dibayar dimuka pada kredit, seharusnya normal di debit.

  4. Kesalahan dalam Penjumlahan

    Salah satu yang menyebabkan neraca saldo tidak balance adalah kesalahan pada penjumlahan. Biasanya terjadi ketika dalam menjumlahkan saldo yang secara umum dan rutin dilakukan.

    Apalagi jika jumlah transaksi yang dimiliki perusahaan ratusan bahkan ribuan dalam sehari, maka hal ini dapat menjadi penyebab neraca saldo tidak seimbang akibat kesalahan dalam memperhitungkan saldo perkiraan.

    Untuk itu sebaiknya Anda lebih memperhatikan secara detail apabila menggunakan excel. Misalnya kesalahan error seperti melewatkan satu cell untuk penjumlahan. Dan juga Anda bisa saja lupa untuk mengurangi akumulasi untuk memperoleh aset tetap bersih.

  5. Salah dalam Pengklasifikasian Akun

    Nah pada kesalahan umum terakhir, pengklasifikasian akun Ini juga bisa menjadi penyebab neraca tidak balance. Sebagai contoh, misalnya Anda seharusnya menginput kas pada bagian aset, akan tetapi Anda salah meletakkan pada kolom kewajiban.

Baca Juga: 5 Manfaat Laporan Keuangan Dalam Bisnis Dan Contohnya

Langkah-Langkah Memperbaiki Laporan Neraca Saldo Tidak Seimbang

Setelah Anda sudah memahami penyebab neraca tidak balance, maka langkah selanjutnya yaitu dengan memperbaikinya, simak cara berikut ini:

Apa Itu Laporan Neraca Saldo

  1. Jika terdapat kesalahan dalam jumlah satuan Rp18.000, Rp108.000, atau Rp1.880.000. Maka Anda sebaiknya harus menghitung lagi sisi debit dan kredit dari neraca saldo, dengan cara menjumlahkan kembali saldo dari perkiraan.
  2. Apabila kesalahan pencatatan terjadi ketika salah menuliskan kolom debit atau kredit, maka carilah selisih antara debit dan kredit tersebut yang selanjutnya dibagi menjadi dua. Kemudian cek dalam neraca saldo tersebut serta temukan transaksi yang sama dari selisih hasil bagi dua tersebut.
  3. Apabila dari selisih tersebut dapat dibagi sembilan, selanjutnya lakukan pemeriksaan pada neraca saldo dengan saldo buku besar. Lazim terjadi adanya kesalahan penulisan jumlah. Misalnya jumlah Rp215.000, ditulis Rp251.000.
  4. Apabila selisih tidak dapat dibagi dua atau sembilan sama sekali, Anda bisa periksa saldo pada neraca saldo dengan semua saldo pada buku besar.

[elementor-template id="26379"]

Cara Menghindari Laporan Neraca Saldo Tidak Seimbang

Supaya Anda dapat menghindari neraca tidak balance pada laporan neraca saldo. Maka yang harus dilakukan yaitu menerapkan penghindaran kesalahan tersebut dengan cara:

  1. Tidak menyepelekan dan lebih teliti pada bagian yang mempengaruhi transaksi seperti pendapatan, aktiva, modal, utang, dan biaya.
  2. Lebih cermat dan menganalisis terhadap bagian-bagian yang berhubungan, apakah transaksi itu bisa menambah atau mengurangi bagian tersebut.
  3. Menganalisis bagian debit kredit. Di mana terjadi ada 2 (dua) bagian yang harus dimasukkan kebagian kolom debit dan kredit.
  4. Membandingkan angka yang sudah diposting dengan angka pada rekening, bon, bukti pembayaran, dan sejenisnya.
  5. Melihat ulang kesamaan antar bagian baik debit maupun kredit dengan semua catatan yang ada pada jurnal.
  6. Mencatat secara urut berdasarkan nomor rekening.
  7. Mencatat tanggal transaksi secara urut pula agar runtut.
  8. Mengecek dan memperhatikan penulisan angka terutama tanda titik dan koma.

Mengatasi Neraca Saldo Tidak Balance Dengan Bantuan Harmony Accounting Software

Tentu jika melakukan secara manual, akan banyak menyita waktu Anda. Nah kini Harmony akan memudahkan proses akuntansi, khususnya dalam pembuatan laporan keuangan seperti neraca saldo ini.

Laporan neraca saldo akan lebih rapi tertata, dan jika ada kesalahan semua bisa dilacak by sistem. Cara mencegah paling sederhana adalah dengan mencatat semua transaksi dengan rapi dan otomatis melalui Harmony.

Mulai dari catat penjualan, stok, pembelian barang, aset usaha, mata uang ganda sampai dengan laporan keuangan secara realtime.

Anda bisa akses kapan saja dan di mana saja, karena teknologi yang digunakan berupa cloud system. Cobalah gunakan Harmony GRATIS 30 Hari di sini.

Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram