Akuntansi Manajemen: Kenali Fungsinya Untuk Kembangkan Bisnis Anda
Harmony Blog
Accounting
Akuntansi Manajemen: Kenali Fungsinya Untuk Perkembangan Bisnis Anda
November 11, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Sering kita mendengar istilah akuntansi, bagi Anda sebagai pemilik bisnis maupun profesional, tentunya ingin lebih mengetahui cara belajar akuntansi yang mudah dan menyenangkan dalam upaya mengembangkan perusahaan Anda. Maka penting juga bagi Anda untuk mengenali fungsi dan penjelasan akuntansi manajemen serta penerapannya dalam perusahaan.

Apa bedanya Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan?

Berbeda dengan Akuntansi Keuangan, dimana Akuntansi Manajemen lebih terfokus kepada sistem yang akan dibuat untuk kedepannya dan biasanya digunakan khusus untuk pihak internal saja, sedangkan fungsi dan aktifitas akuntansi keuangan umumnya terfokus pada penyiapan laporan keuangan yang akan digunakan untuk pihak luar.

Akuntansi Manajemen: Ini Artinya!

Akuntansi Manajemen adalah proses untuk mempersiapkan laporan terkait sistem akuntansi, yang digunakan untuk mempermudah pihak manajer atau bagian manajemen dalam suatu perusahaan untuk membuat keputusan bisnis jangka pendek maupun jangka panjang seperti mengevaluasi, merencanakan dan melakukan pengendalian.

Dengan melakukan sebuah proses seperti identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang disediakan, informasi tersebut akan membantu masing-masing eksekutif untuk memenuhi tujuan setiap divisi.

Fungsi dan Penerapan Akuntansi Manajemen

Berikut fungsi akuntansi manajemen dan penerapannya didalam perusahaan:

1. Analisis Sesuai Data

Dengan proses yang telah dijalankan, akan menghasilkan data secara transparan, jelas dan realtime. Data yang dihasilkan seperti informasi keuangan, yang dapat digunakan pada berbagai divisi sehingga memudahkan pihak manajerial setiap divisi dalam melakukan analisa untuk melakukan perencanaan strategi.

2. Perencanaan Strategi

Setelah melakukan analisa data yang sesuai dengan kondisi perusahaan, selanjutnya pihak manajerial dapat melakukan perencanaan strategi. Dengan mempertimbangkan data yang diberikan dan melakukan perhitungan seperti biaya produk, kalkulasi biaya suatu kegiatan, kalkulasi biaya suatu departemen, dan banyak lainnya, sehingga perencanaan-pun dapat dilakukan dengan matang.

3. Pengambilan Keputusan

Dengan strategi yang sudah matang, para pihak manajerial pun dapat mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan pengembangan setiap divisi karena sistem dan proses tersebut yang sudah dijalankan.

Inilah pentingnya mengetahui pengertian dan fungsi akuntansi manajemen dalam bisnis Anda. Dengan mengikuti proses tersebut, Anda dapat lebih memahami untuk melakukan pengelolaan keuangan bisnis secara tersistem sehingga bisnis Anda bisa berkembang.

Melalui teknologi, Anda semakin dibantu untuk mengelola pembukuan bisnis Anda. Harmony merupakan sebuah software akuntansi berbasis cloud yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya Harmony, Anda akan lebih mudah untuk melakukan monitoring kepada setiap divisi dan membuat keputusan bisnis dengan lebih tepat dan cepat. Gunakan Harmony untuk membantu menjalankan bisnis agar makin berkembang pesat di era digital ini. Daftarkan bisnis / perusahaan Anda untuk menggunakan Harmony Gratis 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/