Harmony Blog

6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dengan Efektif

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

6 Tips Mengelola Keuangan BisnisPin

Dalam berbisnis, cara mengelola keuangan usaha secara efektif dapat membantu Anda mengetahui apakah perusahaan Anda sedang dalam kondisi yang baik atau tidak. Selain itu Anda bisa menjaga aliran dana perusahaan agar tidak terjadi kebocoran yang akhirnya akan merugikan perusahaan Anda.

Mengelola keuangan usaha tentu saja berbeda dengan mengelola keuangan pribadi. Anda perlu untuk memahami dasar akuntansi terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis. Tentunya bukan hal yang mudah untuk mempelajari hal tersebut. Apalagi jika Anda dituntut untuk menguasai manajemen keuangan maka Anda membutuhkan keahlian khusus. Sekalipun usaha UKM, Anda akan rela merekrut orang yang sudah berpengalaman untuk membantu mengontrol keuangan perusahaan.


Dengan mengetahui cara mengelola keuangan usaha yang efektif, maka Anda dapat menghindari bocor halus dalam bisnis Anda

Lantas, Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Usaha Yang Efektif ?

Inilah Cara Mengelola Keuangan Usaha:

1. Ketahui Pasti Alasan Anda Mengeluarkan Uang

Dengan mengetahui alasan Anda mengeluarkan uang, Anda dapat menekan pengeluaran secara efektif. Sebelum Anda mengeluarkan uang sebaiknya Anda menimbang dan menganalisa terlebih dahulu, sejauh mana hal yang dibeli memberikan benefit untuk Anda. Apakah termasuk yang skala prioritasnya tinggi atau tidak. Jika tidak, sebaiknya Anda jangan mengeluarkan apalagi untuk kepentingan yang kurang penting. Itu akan membebani arus kas Anda saat Anda kekurangan modal. Rencanakan dengan matang setiap pengeluaran dengan baik agar Anda bisa lebih mahir mengelola keuangan.

Baca Juga : Menerapkan Skala Prioritas Dalam Pengelolaan Keuangan

Rencanakan penggunaan uang dengan sebaik mungkin, meskipun Anda bisa memiliki uang atau modal lebih banyak dari Anda kira. Ketahui alasan Anda mengeluarkan uang, untuk apa tujuannya,dan apakah efektif ketika Anda mengeluarkan uang. Hal ini mencegah Anda menghamburkan uang meskipun saldo kas anda saat ini dalam kondisi berlebih. Jika tidak tentu saja Anda akan lebih beresiko kekurangan dana di tengah jalan sementara tujuan Anda masih belum tercapai.


2. Memisahkan Keuangan Pribadi Dengan Perusahaan

Tidak memisahkan keuangan pribadi dengan uang perusahaan adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh bisnis skala kecil dalam mengelola keuangan. Mereka beranggapan uang perusahaan dan pribadi adalah sama saja. Karena mereka berpikir perusahaannya masih kecil sehingga tidak masalah jika mencampur keuangan perusahaan dengan pribadi.

Jika pola pikir seperti itu terus digunakan maka mereka akan kesulitan membedakan yang mana keuangan usaha dan mana yang pribadi saat akan melakukan audit. Serta parahnya mereka sering menggunakan uang perusahaan demi kepentingan pribadi. Tentu saja uang perusahaan akan tergerus dan habis.


3. Melakukan Perputaran Arus Kas

Ada baiknya Anda jangan hanya berpusat pada keuntungan semata. Cara mengelola keuangan usaha meliputi juga bagaimana Anda mengelola hutang piutang dan persediaan. Banyak bisnis atau usaha mengalami kesulitan kas meski pembukuan mereka menunjukan angka baik. Anda harus memperhatikan bagaimana Anda memutar kas. Putaran kas Anda melambat jika kredit Anda lebih lama ketimbang kulakannya. 

Atau jika Anda harus menyimpan persediaan barang. Anda harus mengusahakan termin penjualan kredit sama dengan pembelian kredit. Anda juga harus menekan tingkat persediaan agar tetap dapat memenuhi order tanpa membebani keuangan.


4. Jadikan Hemat Sebagai Kebiasaan

Hemat bukan berarti pelit, tetapi Anda harus mengeluarkan uang sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Berhemat memang diperlukan kedisiplinan yang sangat tinggi. Saat anda bisa berhemat Anda akan selamat dari ancaman saat kondisi perusahaan Anda sedang menurun pendapatannya.


5. Membayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Yang harus Anda perhatikan adalah bayar semua tagihan bisnis tepat waktu. Supaya Anda tidak mudah lupa Anda dapat membuat pengingat bulanan untuk memastikan tidak ada tagihan bisnis yang telah jatuh tempo. Semua itu dilakukan agar keterlambatan pembayaran biaya dapat menjaga keuangan bisnis dengan baik. Dengan begitu anda sudah mulai bisa mengelola keuangan.


6. Cara Mengelola Keuangan Usaha: Membuat Pembukuan

Pada umumnya ingatan manusia terbatas, untuk mengelola keuangan bisnis perlu adanya catatan pembukuan yang lengkap. Seperti membuat laporan keuangan, mulai dari laporan laba-rugi maupun neraca. Ada baiknya anda mencatat semua transaksi Anda ke dalam pembukuan sederhana. Dengan demikian Anda dapat mengontrol semua transaksi keuangan bisnis Anda. 

Sekarang perkembangan teknologi begitu cepat, semuanya serba canggih mulai dari memesan makanan, mengantar kiriman sampai dengan berbelanja via smartphone. Bahkan sekarang pembukuan pun dapat dilakukan dimanapun hanya menggunakan laptop atau gadget, selama terkoneksi dengan internet.

Dengan menggunakan alat bantu seperti software akuntansi, pembukuan Anda akan lebih mudah dan cepat. Seperti halnya Harmony Accounting Software memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan, mulai dari balance sheet, profit & loss, cash flow statement dll. Lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang tersajikan untuk Anda analisis.

Jika Anda kesulitan mencocokan rekening koran Anda dengan pembukuan, itu tidak lagi terjadi jika Anda menggunakan Harmony.. Hal itu dilakukan secara otomatis terintegrasi ke bank dengan teknologi rekonsiliasi bank. Harmony memberikan 30 Hari Gratis jika Anda daftar sekarang klik disini.

Demikianlah tips cara mengelola keuangan usaha agar lebih efektif. Sangat disayangkan apabila perusahaan kita yang semula profit namun karena kita tidak pandai mengelola keuangan, jadi merugi bahkan bisa saja tutup. Oleh karena itu kita harus lebih jeli lagi dalam mengelola keuangan.


Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK