Harmony Blog

7 Cara Menghemat Keuangan Anda yang Paling Efisien

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

cara menghemat keuanganPin

Pola hidup hemat dapat diterapkan di segala usia, mulai dari usia dini pada anak-anak, usia remaja, kehidupan orang yang yang telah berumah tangga, maupun untuk Anda yang sedang menikmati masa pensiun. Hidup hemat terlihat sulit untuk dipraktekkan mengingat sebagian besar manusia yang konsumtif dan kurang menempatkan prioritas dalam kebutuhannya baik barang primer, sekunder bahkan sampai barang subtitusi. Dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara menghemat keuangan yang mudah Anda terapkan.

Berhemat itu sangat mudah dilakukan, kuncinya adalah displin dalam pengaturan keuangan dari hal-hal kecil, dan mulailah hari ini.

Namun memang, mayoritas manusia selalu tergoda dengan kata “sale buy on1 get 2, discount 50% , GREAT SALE!” apalagi untuk kaum wanita yang senag berbelanja dan masih banyak lagi yang membuat orang – orang selalu terjebak dan mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang tidak penting atau yang biasa disebut belanja atas dasar keinginan bukan kebutuhan tanpa disadari terjadi pada diri Anda.

Apakah Anda sudah berhemat hari ini?

Mulailah fokus dari hari ini dengan mengatur keuangan Anda agar lebih rapi dan tersistematis. Namun disarankan, Anda bisa menyisihkan sebagian sisa keuangan Anda untuk mulai berbisnis. Namun selain berhemat anda juga perlu untuk menambah penghasilan Anda dapat mengetahui tips memulai bisnis menguntungkan disini.

Lalu, bagaimana Cara Menghemat Keuangan Namun Tetap Menikmati hidup?

Berikut 7 cara menghemat uang dengan yang paling efisien berikut ini:

1. Mulai berpikir untuk Berinvestasi

Terkadang ketika berpikir, dalam kondisi sulit bagaimana caranya berinvestasi sementara dana sehari-hari saja minim. Namun tahukah Anda, untuk meningkatkan nilai bunga dari uang yang Anda simpan, Anda perlu memikirkan skema dan rencana investasi. Tidak mau kan uang Anda kalah dengan inflasi?

Tentukan pilihan investasi Anda yang harus disesuaikan dengan berapa lama jangka waktu penyimpanan uangnya dan sebesar apa nilai bunga yang Anda inginkan. Untuk mengetahui pilihan-pilihan investasi online yang mudah digunakan dan dapat dipantau, Anda dapat membaca pada artikel lainnya, Investasi Online yang Mudah Dijalankan Dengan Keuntungan Besar.

2. Membawa Makanan dari Rumah

Bagi pekerja yang sibuk, membayangkan menyiapkan bekal untuk makan siang saja sudah malas apabila perusahaannya belum memiliki fasilitas makan siang. Memang berat harus meluangkan waktu memasak sebelum berangkat kerja.

Namun bila dihitung lagi, selisih antara biaya untuk memasak sendiri dengan beli makan siang di kantor sangatlah jauh, bahkan bisa nyaris setengahnya. Selain makanan siap saji lebih mahal, kebersihan dan gizinya pun belum tentu terjamin bila dibandingkan dengan memasak sendiri.

3. Hindari Keinginan yang Tidak Perlu, Fokus Pada Kebutuhan.

Cara menghemat keuangan selanjutnya ialah menghindari keinginan yang tidak perlu. Keinginan seringkali membuat Anda tergiur untuk membelinya, apalagi disaat Anda baru mendapatkan gaji. Segala sesuatu ingin sekali dibeli oleh Anda karena memiliki uang yang banyak. Bila Anda sampai terpancing, pada pertengahan hingga akhir bulan Anda akan merasa menyesal nantinya.

Untuk itu, sebaiknya Anda membeli barang-barang yang menjadi kebutuhan Anda saja. Misalkan kondisi tas Anda masih bagus, terus melihat ada brand tas keluaran terbaru, Anda langsung membelinya. Padahal itu tidaklah penting untuk dilakukan, Anda bisa membeli keperluan lainnya yang lebih bermanfaat. Hal ini biasa disebut menetapkan skala prioritas mengelola keuangan.

4. Jangan Berhutang

Dalam keadaan apapun, sebaiknya Anda jangan sampai berhutang! Apalagi sampai membuat kartu kredit atau melakukan pinjaman online. Hutang akan menjadi penyakit pikiran diri Anda, apalagi jika tidak sanggup membayarnya. Dengan tidak berhutang pikiran Anda lebih jernih, Anda dapat menghasilkan uang lebih banyak dan dapat menikmati hidup dengan tenang.

Jika dalam keadaan yang sangat terpaksa mengharuskan berhutang, pastikan hutang Anda tidak terlalu besar dengan pendapatan bulanan Anda. Jangan sampai Anda berhutang seperti menggadaikan sertifikat rumah sebagai jaminan. Apabila Anda tidak sanggup melunasinya, semuanya akan menghilang dan Anda sudah tidak memiliki rumah lagi.

5. Siapkan Rekening Alternatif Untuk Lebih Menghemat Keuangan

Cara ini sangat efektif, dengan Anda menyiapkan rekening alternatif, Anda dapat menyisihkan uang Anda dengan baik dan berkomitmen tidak dipakai untuk sesuatu yang tidak penting. Cara yang sederhana yang sangat mudah dilakukan. Buatlah, rekening tabungan alternatif tanpa akses kartu ATM. Setiap kali rekening tabungan menerima gaji bulanan, segera transfer nominal tertentu ke rekening tabungan alternatif, atau aktifkan saja opsi transfer otomatis agar tidak repot kirim manual. Jangan lupa juga, setiap kali menerima bonus, segera setor langsung uang Anda ke rekening alternatif.

Triknya adalah lupakan bahwa Anda memiliki uang berlebih di rekening alternatif agar uang yang Anda tabung tidak habis terkuras oleh keinginan berbelanja diluar kebutuhan Anda. Uang di rekening alternatif ini hanya boleh untuk membiayai kebutuhan mendesak atau darurat Anda. Balik lagi jika cara ini tidak mempan untuk Anda segeralah buat tabungan deposito atau masukan kedalam investasi yang tidak dapat Anda ambil seenaknya.

6. Cara Menghemat Keuangan dengan Membuat Pos-pos Pengeluaran

Cara menghemat keuangan ke enam ini adalah, membuat pos-pos pengeluaran atau anggaran merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengatur keuangan dengan baik. Cara sederhana ini cukup ampuh untuk berhemat. Anda cukup memisahkan apa yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Misalnya, biaya makan, transportasi, listrik dan air, hiburan. Lalu, masukkan uang yang sudah Anda anggarkan, usahakan untuk menggunakan uang yang sudah Anda anggarkan.

7. Catat Pengeluaran dan Evaluasi Secara Berkala

Cara terakhir namun yang cukup penting adalah mencatat pengeluaran secara berkala. Catatlah pengeluaran bulanan kebutuhan sehari – hari seperti membeli bahan makanan , biaya air dan listrik , dan keperluan rutin lainnya. Setelah itu bandingkan dengan hari – hari berikutnya apakah penurunan, jika iya berarti keuangan anda menjadi lebih baik, namun bila naik berarti harus lebih dikontrol lagi. Dengan melakukan seluruh langkah dan cara diatas, Anda dapat melakukan penghematan.

Langkah ini juga bisa anda terapkan dalam bisnis Anda. Dengan mencatat setiap pengeluaran, anda dapat mengontrol cashflow keuangan dalam bisnis Anda dengan menggunakan sistem yang kredibel dan sistematis serta dapat dengan mudah digunakan. Dengan Harmony Smart Accounting Solution anda dapat dengan rutin mencatat dan mengevaluasi pengeluaran pada bisnis Anda dengan sistem berbasis Cloud Technology, sehingga siapa saja dapat menggunakan sistem Harmony termasuk Anda. Gunakan sekarang dengan cara mendaftarkan diri Anda disini, dan dapat 30 Hari GRATIS untuk penggunaannya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony