Harmony Blog

5 Cara Ampuh Mengatasi Inflasi Untuk Generasi Millenial

Diupdate Feb 24th, 2021
8

SHARES

PEMBACA

cara mengatasi inflasi generasi milenialPin

Semakin berkembangnya suatu negara, maka semakin pesatnya pertumbuhan akan kebutuhan masyarakatnya. Ada terdapat banyak penyebab inflasi yang sering terjadi di Indonesia, yang bisa berdampak buruk untuk masyarakat khususnya Generasi Milenial. Lantas bagaimana cara mengatasi inflasi? Semuanya akan dibahas secara lengkap pada artikel ini.

Bagaimana cara ampuh Generasi Milenial mengatasi laju inflasi?

Inflasi adalah suatu keadaan perekonomian di sebuah negara dimana terjadi kecenderungan kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam waktu yang panjang (continue) disebabkan karena tidak seimbangnya arus uang dan barang serta karena faktor ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan yang akan berdampak kepada biaya export yang akan mengalami peningkatan.

Rajin Berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mengurangi Inflasi untuk Generasi Milenial.

Karena inflasi akan mengurangi keinginan orang-orang untuk menabung, dikarenakan harus bayar biaya administrasi tabungannya, sedangkan pendapatan yg dihasilkan dari bunga tabungannya itu sendiri jauh lebih kecil. Situasi dan kondisi ini mengakibatkan kesulitannya perhitungan penetapan harga pokok yang tidak dapat diprediksi secara akurat jika terjadinya persentase inflansi dimasa depan.

Jadi dengan semua kondisi ini akan membuat proses penetapan harga pokok dan harga jual menjadi tidak akurat yang akan membuat para produsen kesulitan dan mengakibatkan kekacauan perekonomian.

Berikut, 5 Cara Ampuh Mengatasi Inflasi Untuk Generasi Millenial :

1. Kurangi Pengeluaran

Hal ini merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi inflasi yang terjadi di Indonesia. Dengan Anda berhemat bukan hanya menekan gaya hidup Anda tapi Anda juga menekan jumlah uang yang beredar di Indonesia. Ini adalah himbauan langsung dari pemerintah untuk mengatasi inflasi.

Lantas apalagi sebagai kaum Millenial dapat menjaga kestabilan uang yang beredar di pasaran? Sebagai contoh banyaknya para generasi milenial senang untuk bepergian ke luar negeri, hal ini sebaiknya dikurangi, karena dengan mengurangi mengalirnya uang rupiah yang ditukar ke dalam mata uang asing, akan menaikan nilai rupiah secara tidak langsung, dana Anda sudah ikut serta dalam membantu negara dalam mengurangi dampak inflasi tersebut.

2. Rajin Melakukan Kegiatan Menabung dengan Logam Mulia

Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi inflasi adalah dengan cara menabung dengan Logam Mulia. Cara ini merupakan salah satu yang cukup diminati, terutama bagi Anda yang menginginkan proses menabung menjadi investasi yang lebih fleksibel. Berinvestasi di logam mulia ini hampir tidak memiliki resiko, Anda sudah dapat menabung logam mulia secara online dengan menabung di platform marketplace yang menyediakan fitur seperti menabung emas.

Tidak perlu untuk menyimpanya sendiri apalagi menyimpannya di bawah bantal, disarankan juga untuk Anda tidak usah banyak-banyak menabung pada bank konvesional, bukan hanya uang Anda akan tergerus inflasi, namun juga habis karena admin bank, enaknya menabung pada logam mulia adalah nilai logam mulia cenderung naik setiap bulannya. Cara ini sangat ampuh dalam mengatasi lajunya inflasi untuk Generasi Milenial.

Satu lagi, tidak dipungkiri Generasi Milenial identik dengan menghambur-hamburkan uang dan berfoya-foya. Namun sebagai generasi milenial yang sadar akan kemajuan perekonomian Indonesia, melakukan cara ini merupakan hal yang penting, selain mendapatkan keuntungan dari nilai logam mulia yang cenderung naik, ini akan menjadikan kebiasaan yang sangat bagus untuk mileniar menjadi rajin menabung.

3. Lakukan Investasi Online khusus Pada Surat Utang Negara

Cara ketiga yang akan kita bahas adalah investasi online namun khusus pada artikel ini akan di bahas tentang melakukan investai pada Surat Utang Negara (SUN). Dengan melakukan pembelian Surat Utang Negara di pasar terbuka, dengan cara ini Anda juga dapat turut mengatasi lajunya inflasi, selain Anda membantu Negara dalam membayar utang Anda pun dapat merasakan keuntungannya.

Untuk Investasi Online Memang terdapat cukup banyak pilihan yang ada pada saat ini. Namun jika Anda ingin rekomendasi lain untuk membahas investasi online secara lengkap Anda dapat melihat pada artikel lainnya yaitu, Investasi Online yang Mudah Dijalankan Dengan Keuntungan Besar.

4. Bijak Dalam Penggunaan Anggaran dan Konsumsi Produk Dalam Negeri

Bijak dalam penggunaan Anggaran merupakan salah satu cara yang tercantum dalam kebijakan fiskal yang ditetapkan oleh pemerintah agar terciptanya pengurangan Inflasi. Kebijakan ini bisa dengan cara menekan pengeluaran sehingga permintaan akan barang dan jasa berkurang, yang pada akhirnya dapat menurunkan harga.

Bagi Generasi Milenial, Anda juga dapat turut serta dalam kebijakan fiskal ini. Salah satunya dengan mengurangi konsumsi produk-produk luar negeri yang mengakibatkan naiknya tarif pajak. Namun memang mengkonsumsi produk-produk luar negeri menjadi dua sisi yang berbeda. Bisa berdampak positif bisa berdampak nengatif.

Dampak positifnya, bisa menyebabkan meningkatkan biaya bea cukai luar negeri yang dapat berguna dalam peningkatan devisa negara. Pada sisi lain, hal tersebut bisa berdampak tingginya tarif pajak yang mengacu kepada peningkatan inflasi tersebut. Jadi disarankan, Anda sebaiknya lebih sering menggunakan produk-produk lokal asli buatan Indonesia, agar dapat mengurangi Inflasi tersebut.

5. Berbisnis dengan Memanfaatkan Teknologi

Kemampuan utama Generasi Milenial dalam menghadapi Era yang serba canggih ini adalah penggunaan teknologi yang dapat menghasilkan informasi serta apapun secara cepat. Termasuk dalam bisnis, Generasi Milenial dengan pikiran kreatifnya dapat menggunakan cara ini dalam berbisnis atau menghasilkan uang. Beberapa contohnya adalah, memanfaatkan sosial media dalam melakukan sarana promosi, membuat blog dan menghasilkan uang dari internet, membuat konten atau channel youtube, bahkan membuka start up yang bermanfaat untuk sesama.

Namun pada intinya sebagai generasi milenial tentunya Anda memahami apa yang ada pada diri sendiri, apa yang baik dilakukan dan tidak baik dilakukan. Bagi Anda yang sudah menerapkan cara-cara diatas tentunya harus bangga dan pantas diberikan apresiasi. Untuk Anda yang sudah punya penghasilan dalam berbisnis semoga bisnis Anda semakin berkembang dan memajukan Indonesia, untuk itu kami sebagai perusahaan penyedia Software Akuntansi yaitu Harmony Accounting Software juga akan membantu secara maksimal dalam mengelola bisnis Anda dalam pembukuannya.

Harmony dapat Anda gunakan dengan mudah walau Anda tidak memiliki background sebagai seorang akuntan sekalipun. Sudah saatnya Anda sebagai Generasi Milenial sadar akan pentingnya mengelola keuangan dan pembukuan bisnis dengan canggih. Anda dapat menggunakan Harmony secara GRATIS 30 Hari dengan cara daftar disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK