Barang Substitusi : Penjelasan, Contoh dan Implikasinya dalam Bisnis
Harmony Blog
Business
Barang Substitusi : Penjelasan, Contoh dan Implikasinya dalam Bisnis
March 31, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Pebisnis seringkali belum memahami betul segala tindakan yang diambilnya, apakah benar atau salah? Maka penting bagi Anda untuk mengetahui lebih detail dahulu apa saja tindakan ekonomi yang tepat bagi bisnis Anda. Kemudian Anda akan lebih nyaman dalam memutuskan jenis produk/barang apakah yang ingin Anda pasarkan. Kali ini akan dibahas lebih lanjut tentang barang substitusi, berikut pengertian secara ekonomi atas barang substitusi. Barang substitusi adalah barang yang bisa menggantikan fungsi dari barang lainnya. Barang substitusi muncul karena ada kebutuhan dan dikonsumsi untuk mengganti barang lainnya yang dengan berbagai alasan tidak bisa dikonsumsi misalnya alasan faktor ekonomi (harga), sumber daya, waktu, lokasi dan lain sebagainya. Barang substitusi juga bisa berdiri sendiri, maksudnya barang substitusi tidak memerlukan barang utama atau barang yang ia ganti agar bisa dikomsumsi.

Jangan anggap remeh produk substitusi karena dalam kondisi tertentu bisa mempengaruhi profitabiltas bisnis Anda

Barang substitusi dibagi menjadi barang substitusi bersifat sempurna atau hanya sebagian. Bersifat sempurna maksudnya adalah bahwa bahwa produk tersebut fungsinya sama dengan produk yang digantinya misal pasta gigi merek A dengan pasta gigi merek B. Sedangkan bersifat sebagian adalah hanya mengganti sebagian dari fungsi produk yang digantinya misalnya teh menggantikan kopi, teh memang bisa mengantikan kopi sebagai minuman untuk sarapan pagi tetapi tidak bisa mengantikan fungsi kopi secara rasa dan penghilang rasa kantuk dan warna teh dan kopi yang berbeda..

Contoh Barang Substitusi

Contoh barang substitusi yang bisa kita temui dengan mudah di kehidupan sehari-hari seperti, beras bisa digantikan dengan singkong, pena bisa digantikan dengan pensil, mobil bisa digantikan dengan motor, gelas bisa digantikan dengan cangkir, teh bisa digantikan dengan kopi, dan lain sebagainya.

Implikasi Barang Substitusi Dalam Bisnis

Lantas bagaimana implikasi barang substitusi terhadap bisnis? Berikut penjelasan sederhana tentang hal tersebut:

Produk substitusi memberikan alternatif pilihan bagi para konsumen dan juga bisa meningkatkan persaingan yang ketat di pasar (bisnis). Konsumen dapat memilih satu atau lebih produk substitusi dibanding produk utama yang pernah dikonsumsi konsumen tersebut dengan pertimbangan harga yang lebih murah, lebih berkualitas dan bahkan lebih mudah dibeli. Jadi produk substitusi merupakan ancaman bagi produsen produk utama yang bisa menurunkan penjualan produk utama tersebut dan berpengaruh ke profitabilitas perusahaan produsen tersebut.

Dalam produk substitusi bersifat sempurna maka karakter persaingannya pun akan bersifat sempurna yaitu konsumen dengan mudah dapat beralih ke produk pengganti dan dapat mengkonsumsi produk tersebut dengan fungsi/kegunaan/kepuasan yang sama tanpa menangung biaya peralihan misalnya ayam goreng KFC diganti dengan ayam goreng McDonald atau laptop Asus diganti dengan laptop Acer dengan spesifikasi yang sama. Sedangkan dalam persaingan produk substitusi bersifat sebagian produsen utama bisa menggunakan strategi promosi akan keunikan produknya dan juga mengedukasi konsumen tentang perbedaan produknya dibandingkan dengan produk substitusi agar konsumen tidak mudah beralih.

Karena Indonesia menerapkan sistem perdagangan anti monopoli maka produk substitusi sangatlah mudah diproduksi dan ditemukan dijenis industri apapun. Oleh karena itu apabila Anda sebagai pebisnis maka wajib mengetahui kekuatan dan kelemahan produk Anda dan produk pesaing baik Anda sebagai produsen utama atau sebagai produsen produk substitusi.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan produk sendiri dan produk pesaing maka Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk produk Anda, misalnya dengan terus mempromosikan keunggulan atau keunikan produk Anda yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Selain harus mengetahui keunggulan dan keunikan produk Anda dibanding produk pesaing maka Anda juga harus mempunyai pengetahuan yang komprehensif tentang strategi pemasaran, operasional, sumber saya manusia dan keuangan perusahaan Anda.

Khusus dalam hal keuangan, perusahaan harus memiliki keuangan yang sehat agar operasional bisa terus berjalan dengan baik oleh karena itu perusahaan wajib mempunyai laporan keuangan bulanan yang rapi, mudah diakses dan memiliki laporan pendukung yang lengkap yang bisa memberikan data tentang keuangan perusahaan secara detail guna membantu manajemen untuk mengambil kebijakan strategis untuk perusahaan.

Sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi agar bisa memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan terhadap itu semua.  Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/