Melaksanakan Tindakan Ekonomi dalam Berbisnis
Harmony Blog
Finance
Melaksanakan Tindakan Ekonomi dalam Berbisnis
March 12, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Setiap keputusan strategis yang diambil oleh pemilik atau pemimpin sebuah perusahaan memiliki dampak yang luar biasa besarnya terhadap masa depan bisnis tersebut. Misalnya, dalam hal pengelolaan keuangan, apakah pemilik bisnis ingin mengelola keuangan dengan cara manual atau sudah memanfaatkan teknologi yang sudah sangat canggih. Tentu, itu adalah sebuah pilihan dalam mengelola keuangan yang efektif. Maka dari itu, para pemimpin bisnis harus terbiasa mempertimbangkan setiap keputusan dan memiliki kemampuan untuk mengeksekusi keputusan agar menjadi suatu tindakan ekonomi yang tepat.

Tips bagi Anda: Cara Mengelola Bisnis UKM agar Sukses


Pengertian Tindakan Ekonomi

Terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan arti atau definisi dari tindakan ekonomi. Seorang ahli bernama James C. Scott, berpendapat bahwa tindakan ini merupakan refleksi langsung atas tindakan lainnya, selama tidak keluar dari etika subsistensi. Selain itu, seorang ahli bernama Hans Dieter Evers mengungkapkan bahwa sebagai sintesis dari tindakan lain yang ada dan kepentingan ekonomi yang dimiliki yaitu akumulasi modal dalam bentuk barang dan uang.

Tindakan ekonomi adalah segala sesuatu yang dilakukan setiap manusia dalam usaha memenuhi kebutuhannya, dilandasi oleh pilihan terbaik dan perkiraan yang lebih menguntungkan.

Tujuan Tindakan Ekonomi

Berdasarkan penjelasan mengenai definisi di atas, maka dapat dikatakan bahwa tindakan ini akan dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, dalam kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup akan dihadapkan pada sumber daya yang terbatas. Maka dari itu, keadaan ini menyebabkan banyaknya pilihan yang harus dihadapi oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia harus dituntut untuk dapat lebih selektif dalam memilih segala sesuatu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tindakan ini diperlukan di dalam kehidupan manusia karena terdapat beberapa tujuan. Berikut ini beberapa tujuannya:

a. Menentukan benda atau jasa yang tepat

b. Memprioritaskan kebutuhan yang lebih penting.

c. Mempertimbangkan untung dan rugi dari beberapa pilihan.

d. Membedakan kualitas produk.


Bentuk-Bentuk Tindakan Ekonomi

Tindakan ini sangat berkaitan dengan suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha untuk memenuhi suatu kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kemakmuran. Tindakan ini bisa terjadi jika dilakukan dengan cara mempertimbangkan dengan tepat antara pengorbanan dan hasil yang akan diperoleh. Berdasarkan cara mempertimbangkannya, bentuk tindakan ini terbagi menjadi dua, yaitu rasional dan irasional. 

1. Tindakan Ekonomi Rasional

Tindakan ekonomi rasional merupakan tindakan yang dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan menguntungkan. Tindakan ini diharapkan dapat meningkatkan kehidupan ekonomi bagi para pelakunya. 

Tindakan yang rasional diperlukan setiap orang baik dalam sebuah kehidupan sehari-hari maupun dalam melakukan suatu usaha/bisnis. Pertimbangan yang rasional diawali dari suatu hal yang kecil hingga hal yang lebih besar. Tindakan ekonomi rasional dalam sebuah perusahaan antara lain :

a. Menekan biaya produksi, biaya bahan baku dan pelengkap agar lebih efisien dan efektif.

b. Melakukan pemasaran dan promosi atas merek produk.

c. Menentukan jenis produk yang ingin dijual agar lebih maksimal.

d. Memakai tenaga ahli dan terampil. 

e. Menentukan sistem distribusi produk yang cepat dan tepat. 

2. Tindakan Ekonomi Irasional

Tindakan ekonomi irasional merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan yang memiliki sebuah perkiraan yang dapat menguntungkan tanpa memperhitungkan faktor rasional. Namun, dalam suatu kenyataan tindakan ini justru dapat merugikan. Seseorang maupun perusahaan yang bertindak irasional biasanya tidak mempertimbangkan dengan baik segala faktor seperti biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan. 

Itulah informasi yang perlu Anda ketahui mengenai pengertian, tujuan, dan bentuk-bentuk tindakan ekonomi. Bagi Anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis dan membutuhkan aplikasi atau software untuk melakukan perhitungan akuntansi, maka pilihlah software dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Harmony telah membantu banyak pemilik bisnis dalam merapihkan pembukuan bisnis dan memberikan laporan keuangan yang lengkap dan juga membantu banyak pemilik bisnis dalam mengambil keputusan, Anda dapat mencoba GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/