Harmony » Blog » 

Cara Mengelola Bisnis UKM Agar Sukses

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 22, 2018

Pertumbuhan bisnis UKM kini sedang pesat, dilihat dari banyaknya bisnis baru yang bemunculan. Tidak hanya bisnis berupa makanan, fashion dan barang lain, kini turut hadir pula teknologi baru software akuntansi yang semakin memudahkan. Motivasi yang mendorong seseorang memutuskan untuk mengelola bisnis atau membuka usaha kecil menengah tak lain adalah untuk mendapat penghasilan dan keuntungan lebih, sehingga masih banyak yang menjalankan bisnisnya secara kurang optimal.

Ketika motivasi hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan dan mendapat penghasilan lebih maka bisnis tersebut tidak akan mengalami perkembangan, hasilnya bisnis bisa dikatakan kurang sukses. Padahal jika dikelola dengan baik dan motivasinya lebih dari itu, kemungkinan bisnis menjadi besar dan sukses menjadi tinggi.

Dan untuk Anda yang berniat menjalankan bisnis UKM, berikut cara yang bisa Anda lakukan agar bisnis tersebut sukses,


1. Tentukan Visi dan Misi Bisnis Anda

Jangan menganggap remeh bisnis UKM, awalnya mungkin hanya dibilang sebagai usaha kecil namun peluang untuk menjadi industri besar tetaplah ada. Oleh karena itu sedari sekarang Anda harus menetapkan visi dan misi bisnis tersebut. Jangan hanya mengikuti arus, tetapi tetapkan tujuan dan plan ke depan dengan jelas dan detail. Tanamkan dalam diri Anda bahwa bisnis tersebut akan sukses, dan Anda harus percaya bahwa bisnis UKM Anda akan menjadi industri besar suatu hari nanti.


2. Lakukan Pembaruan

Dengan terus melakukan pembaruan dan memberikan inovasi baru maka bisnis akan terus berkembang, mengelola bisnis di era teknologi ini seharusnya Anda juga memanfaatkannya dengan baik. Lakukan promosi  di internet untuk memperluas target market, dan gunakan software akuntansi untuk membantu proses pembukuan bisnis Anda.

Dengan memakai software akuntansi, Anda tidak perlu menunggu waktu lama dan kesalahan pencatatan dalam pembuatan laporan keuangan. Alhasil, waktu Anda untuk melakukan pembaruan bisnis menjadi semakin banyak  dan tidak tersita oleh sulitnya melakukan pembukuan bisnis.


3. Kelola Dengan Profesional

Jangan menganggap remeh bisnis UKM, bersikaplah profesional dan jadilah pemimpin yang baik. Cari SDM yang tepat dan berkompeten juga partner bisnis yang akan membantu Anda membawa bisnis lebih maju. Perhatikan dengan detail pembagian kerja dan pastikan apa yang dikerjakan sesuai dan optimal, dan tingkatkan juga kerjasama tim.


4. Berhenti Mencampurkan Urusan Pribadi dengan Bisnis

Jangan berpikir bahwa bisnis yang Anda jalani hanyalah usaha kecil dan bisa dianggap enteng, seperti poin nomor 3 Anda harus profesional. Jangan mencampurkan urusan pribadi dengan bisnis, jika Anda menjual barang atau jasa maka katakan tidak untuk kawan maupun kerabat yang minta diskon berlebihan karena alasan pertemanan.

Bagaimanapun, Anda harus memikirkan keuntungan dan operasional bisnis Anda. Dan hal paling vital dalam mengelola bisnis yang juga tidak boleh dilupakan adalah jangan pernah mencampurkan uang bisnis dengan uang pribadi apapun alasannya. Buatlah alur kas yang jelas agar Anda bisa melakukan perhitungan laba dan rugi dengan jelas pula, catat dengan rapi detail dan akurat. Jika kesulitan dan tak ada waktu maka Anda bisa memakai software akuntansi yang sudah berbasis cloud agar semakin memudahkan, salah satunya adalah Harmony.


5. Atur Strategi Pemasaran Jitu

Hal ini adalah hal yang sangat penting, pemasaran dan promosi memang seharusnya diatur sedemikan rupa. Strategi tepat dalam memperkenalkan produk ke pasar jika dilakukan dengan benar maka bisnis Anda bisa langsung dikenali dan diminati. Hal ini memang kembali ke produk atau jasa yang ditawarkan, hanya saja mengatur strategi tetap penting dan harus dipersiapkan dengan matang.

Pikirkan identitas bisnis Anda, pikirkan merek, logo, target market hingga media promosinya. Jangan lupa juga untuk melakuka riset sebelum promosi benar-benar dilakukan. Lakukan pula inovasi dalam pemasaran agar produk atau jasa Anda tidak kalang saing dan tetap diminati.

Masukkan unsur unik dan sedang trend agar mudah dikenali pasar namun tidak melupakan identitas sendiri. Berikan juga promo dan diskon agar semakin banyak pelanggan, dan selanjutnya adalah jangan lupa untuk melengkapi usaha dengan HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual). Hal tersebut akan membuat produk Anda terlindung dari kemungkinan duplikasi oleh pengusaha lain, karena walau bagaimanapun Anda punya hak atas produk atau jasa yang Anda ciptakan dan rintis dari awal.

Setelah melakukan cara-cara diatas agar bisnis UKM semakin sukses, jangan lupa juga untuk selalu update agar tidak ketinggalan zaman dan info terbaru seputar teknologi. Gunakan juga software akuntansi agar semakin memudahkan pembukuan bisnis Anda, semakin banyak waktu untuk mengembangkan bisnis maka semakin sukses pula bisnis tersebut. Dapatkan trial akun Harmony selama satu bulan penuh, dengan mendaftar disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram