Harmony Â» Blog Â» 

5 Strategi Promosi Marketplace yang Terbukti Menghasilkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 23, 2020

Setiap pebisnis, terutama yang menggunakan Marketplace sebagai salah satu sarana berjualan harus paham dalam menggunakan strategi promosi yang benar. Maka dari itu, sebagai seorang pebisnis di Marketplace, Anda harus paham betul strategi untuk melakukan promosi brand Anda dengan hadirnya berbagai Marketplace yang dapat Anda gunakan seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya, untuk mendapatkan keuntungan dari setiap Marketplace yang Anda ikuti.

Promosi merupakan langkah yang sangat menentukan keberhasilan dalam menjual brand maupun produk Anda.

Ketika Anda telah memutuskan untuk menapaki bisnis di Marketplace maupun secara digital atau online, maka strategi pemasaran online menjadi kegiatan yang harus sering dilakukan. Tanpa melakukan promosi, maka usaha Marketplace atau bisnis online Anda akan mendapatkan jalan buntu. Berikut ini, 5 strategi promosi yang terbukti menghasilkan untuk Anda persiapkan dalam Marketplace maupun bisnis online Anda.

1. Strategi Promosi dengan Copywriting

Promosi tidak harus selalu disuguhkan dengan potongan harga atau diskon. Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk menawarkan atau memasarkan produk kepada para konsumen. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah dengan cara copywriting. 

Copywriting merupakan sebuah seni mempromosikan brand dengan menggunakan kata-kata. Strategi ini mengarahkan Anda untuk menjual produk dengan cara sehalus mungkin sehingga calon konsumen sangat tertarik dan langsung melakukan transaksi. Didalam Marketplace, Anda dapat menempatkan copywritting ini dalam deskripsi produk Anda, selain harus detail deskripsi produk juga harus menarik, agar pembeli dapat tertarik dan membeli saat itu juga.

2. Strategi Limited Edition

Setiap orang tentu ingin mendapatkan rasa atau kesan mewah di dalam produk yang akan dibeli. Maka dari itu, Anda bisa melakukan strategi dengan menjual produk secara limited edition atau edisi terbatas. Secara sederhana, Anda dapat membuat sebuah produk dengan batas jumlah tertentu saja. Semakin sedikit jumlah produk yang Anda tawarkan, semakin banyak konsumen yang akan mengantri untuk mendapatkan produk tersebut.

Biasanya, strategi promosi ini sering digunakan oleh para pebisnis yang menjual produk fashion. Namun, selain sekedar membuat produk dengan jumlah yang terbatas, kualitas dari produk yang Anda jual harus tetap unggul sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli lagi.

3. Strategi Promosi Bundling Package

Paket bundling merupakan sebuah strategi menjual dua buah produk atau lebih namun dibayarkan menjadi satu paket harga yang lebih murah. Strategi promosi ini pada umumnya digunakan untuk menghabiskan stok sisa yang tidak laku terjual atau memberikan reward kepada konsumen yang sudah loyal membeli produk Anda.

Dengan fitur bundling package didalam marketplace Anda dapat menyatukan dua produk dengan variabel harga yang berbeda. Satu produk berharga mahal dan satunya lagi dengan harga yang lebih murah. 

Baca juga : 7 Rahasia Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Anda Coba

4. Strategi Voucher Diskon dengan Maksimum Pembelian

Diskon merupakan strategi promosi yang paling ampuh dan pasti disukai oleh masyarakat. Strategi ini dilakukan oleh hampir semua produk di lini usaha namun dengan keunikan dan gaya masing-masing. 

Anda bisa melakukan strategi promosi dengan memberikan diskon diatas 50%. Mungkin Anda berpikir bahwa Anda akan rugi. Untuk menghindari kerugian, cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah markup harganya terlebih dahulu, dengan begitu Anda tidak akan rugi dan cara seperti ini tidak dilarang, cara kedua adalah lakukan strategi tambahan dengan pembelian maksimum. Misalnya, untuk mendapatkan sebuah produk dengan diskon 50%, konsumen harus berbelanja produk lain sebesar Rp 500.000,00. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami kerugian sama sekali.

Strategi promosi seperti ini sudah banyak dilakukan pleh penggiat Marketplace. Anda juga dapat memanfaatkan voucher didalam Marketplace, carilah fitur yang dapat Anda gunakan di masing-masing marketplace, Anda dapat menggunakan cara ini dan terbukti berhasil menarik banyak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

5. Strategi Permainan Harga

Strategi promosi ini biasa Anda jumpai di beberapa pusat perbelanjaan. Anda pasti pernah melihat harga sebuah produk yang tidak bulat seperti sebuah baju seharga Rp. 129.900 atau harga sepasang sepatu Rp. 219.900. 

Strategi promosi dengan permainan harga ini ternyata memberikan efek psikologi yang berbeda kepada setiap konsumen. Konsumen akan sadar jika harga yang bulat tidak terlalu menarik di matanya. Pada tahun 1977, sebuah bulletin marketing pernah membuat penelitian mengenai strategi permainan harga ini.

Menurut hasil penelitian, angka yang tidak bulat termasuk penggunaan angka 9 sangat mempengaruhi sisi psikologis konsumen dan juga menunjukkan kesan harga yang terlihat lebih murah. Konsumen akan tertarik untuk memilih produk dengan harga Rp19.900,00 dibandingkan produk dengan Rp20.000,00. Strategi ini cukup efektif dan terus digunakan hingga saat ini. Bahkan Anda tentu pernah mendapatkan suatu produk dengan keseluruhan harga menggunakan angka 9 seperti Rp 9.999,00 atau Rp 999.999,00.

Itulah 5 strategi promosi yang bisa Anda lakukan untuk bisnis Anda. Lakukan promosi secara bertahap dan rutin, agar bisnis online Anda memberikan hasil yang maksimal. Jangan lupakan tentang pengelolaan keuangan juga ya, Anda dapat menggunakan sistem akuntansi seperti Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam mencatat keuangan bisnis Anda. Seringkali ditemukan permasalahannya adalah uang yang didapat habis entah kemana, entah itu digunakan untuk stok barang, operasional, dll. Benar atau benar? Karena Anda tidak mencatat setiap uang yang masuk maupun keluar, dengan Harmony Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mencatat pemasukan sampai pengeluaran Anda dengan mudah, kapan saja dan dimana saja. Yuk gunakan Harmony, Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari dengan mendaftar disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram