Harmony Blog

7 Rahasia Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

7 Rahasia Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda CobaPin

Tahukah Anda bahwa memulai suatu usaha tanpa mengetahui strategi pemasaran yang tepat sama saja dengan mau menembak burung tapi tidak tahu pakai jenis senjata apa. Anda akan menerka-nerka senjata yang digunakan dan kemungkinan besar senjata itu tidak tepat. Misal untuk menembak burung kecil dipohon Anda menggunakan senjata yang besar. Lantas seperti apa strategi pemasaran produk yang tepat, yuk…simak penjelasannya.

Strageti pemasaran seperti sebuah peta yang bisa membawa Anda pada tujuan akhir yaitu kesuksesan dalam berbisnis

Membuat produk itu memang sulit, namun memasarkan produk juga tidak kalah sulit. Ada banyak faktor yang bisa membuat produk Anda gagal dipasarkan atau diterima oleh pasar. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang memiliki produk bagus namun tidak bisa bertahan karena strategi pemasaran yang salah.

7 Rahasia Strategi Pemasaran Produk

Agar perusahaan Anda tidak salah langkah, berikut ini kami berikan rahasia strategi pemasaran produk yang bisa Anda coba terapkan:

1. Lakukan Riset Pasar dan Pelanggan

Strategi pemasaran produk yang pertama adalah mengenal seluk beluk pasar yang akan disasar. Riset pasar ini harus dilakukan secara menyeluruh agar hasilnya akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Riset pelanggan juga tidak boleh disepelekan karena ini akan menjadi dasar keputusan perusahaan dalam membuat produk.

Setiap perusahaan harus mengalokasikan dana dan waktu untuk melakukan riset karena pasar dan pelanggan akan menjadi penentu produk Anda sukses terjual. Jadi persiapkan diri Anda dan team Anda dalam melakukan riset pasar ini ya.

Baca juga : Membuat Riset Pemasaran Yang Mudah Diterapkan

2. Buat Strategi Promosi Produk dengan Baik

Promosi menjadi salah satu strategi yang penting. Sebagus apapun produk, jika promosinya tidak maksimal maka perusahaan tidak bisa mencapai target. Mengingat persaingan di era digital ini semakin ketat, perusahaan harus mampu menciptakan promosi yang kreatif dan menarik. Lakukan promosi dengan konsisten agar publik lebih mengenal produk Anda.

Strategi promosi di market konvensional dan offline tentu saja berbeda karena perilaku konsumen dan cara pemasarannya sangat berbeda. Khusus untuk Anda yang pemasaran produknya melalui marketplace bisa baca artikel lengkap kami tentang strategi promosi marketplace disini karena kami bahas didetail diartikel tersebut.

Image 19Pin

3. Pilih Channel Promosi yang Sesuai

Ada banyak channel promosi yang bisa Anda pilih saat ini, mulai dari promosi konvensional hingga digital. Sesuaikan saja dengan dana yang dimiliki agar promosi yang dilakukan bisa lebih optimal.

Kombinasi antara channel konvensional dan digital cukup populer di kalangan pebisnis karena dua tombak lebih baik dari satu tombak bukan? Jika usaha Anda adalah online shop adalah lebih baik jika strateginya menggunakan promosi digital.

4. Strategi Lokasi atau Media Usaha yang Tepat

Era digital memang membuat kehidupan lebih mudah. Ini juga berlaku untuk sektor bisnis. Jika dulu para pebisnis harus menyediakan tempat usaha, maka kini semua menjadi lebih sederhana. Anda bisa saja memusatkan produksi di satu tempat lalu memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk memasarkannya.

Tapi Anda perlu ingat bahwa ini tidak bisa diberlakukan untuk semua sektor bisnis. Ada beberapa bisnis seperti makanan basah yang tidak bisa disimpan dalam waktu lama.

Untuk jenis makanan ini maka Anda harus mencari lokasi yang strategis. Sedangkan untuk rumah makan atau restoran saat ini sudah banyak juga yang go online khususnya setelah ada aplikasi GOJEK dan GRAB yang menyediakan layanan order membeli makanan di aplikasi mereka.

5. Manfaatkan Online Marketing

Online marketing menjadi hal yang lumrah dilakukan di era digital ini. Kecanggihan teknologi memang sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Keberadaan online marketing bisa membantu perusahaan untuk mengeluarkan biaya minimal dalam menjalankan marketingnya. SEO (Search Engine Optimization) dan SMO (Social Media Optimization) menjadi dua cara online marketing yang populer digunakan.

6. Komunikasi yang Baik dengan Pelanggan

Hubungan antara pelanggan dan perusahaan menjadi hal yang penting dan harus dijaga. Kepuasan pelanggan secara tidak langsung memang berkaitan dengan poduk yang dibeli.

Namun di luar itu semua, komunikasi yang baik antara pelanggan dan perusahaan akan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

7. Evaluasi Strategi Pemasaran Produk Anda Secara Berkala

Pelanggan bisa memberikan masukan, pujian hingga kritik untuk kebijakan perusahaan dengan mudah dan perusahaan lebih mengenal pelanggannya melalui komunikasi yang dijalin.

Cara yang sederhana untuk berkomunikasi dengan pelanggan adalah memberikan form survey singkat tentang kepuasan mereka terhadap produk atau jasa  Anda serta masukan mereka atau memberikan rating untuk produk atau jasa Anda tersebut.

Setelah semua langkah pemasaran dilakukan dengan baik, maka evaluasi menjadi hal yang wajib dilakukan.

Evaluasi strategi pemasaran produk Anda secara berkala terhadap setiap kebijakan pemasaran yang diterapkan akan membuat perusahaan mampu melihat apa saja kekurangan dan kelebihan dari keputusan yang diambil.

Image 20Pin

Evaluasi juga akan membantu perusahaan lebih mudah dalam mengambil kebijakan di masa mendatang. Evaluasilah secara mendetail setiap hal-hal yang sudah Anda kerjakan agar itu bisa memberi kontribusi yang baik untuk membuat kebijakan atau strategi selanjutnya.

Jangan pernah malas melakukan evaluasi ya karena tanpa evaluasi Anda bisa salah dalam strategi atau arah dalam menjalankan kapal (usaha) Anda.

Demikian penjelasan tentang 7 rahasia strategi pemasaran yang harus Anda coba, semoga bisa membantu usaha Anda. Tetapi selain strategi pemasaran, ada hal yang tidak kalah penting dalam mengembangkan bisnis yaitu mempunyai keuangan yang sehat.

Karena keuangan yang sehat akan membuat bisnis terus berjalan dan berkembang sebalikanya jika keuangan Anda tidak sehat maka bukan hal mungkin bisnis Anda terancam eksistensinya.

Agar mempunyai keuangan yang sehat Anda butuh instrument untuk mengontrolnya yaitu laporan keuangan. Laporan keuangan yang rapi  dan disajikan dengan tepat waktu merupakan salah satu kunci agar pemilik bisnis bisa mengambil kebijakan yang tepat dalam usaha mereka.

Jadi laporan keuangan sangatlah vital bukan?

Untuk mempunyai laporan keuangan yang valid dan tepat waktu, Anda harus menggunakan aplikasi akuntansi online dalam membuatnya. Harmony adalah aplikasi akuntansi online terbaik untuk pelaku usaha kecil dan menengah karena selain praktis dan mudah digunakan, harga Harmony sangat terjangkau. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan laporan keuangan mereka.

Harmony dilengkapi 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah dan mengontrol keuangan dengan mudah serta bisa dikerjakan dimanapun, kapanpun tanpa khawatir kehilangan data. Jadi Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan usaha Anda dari sisi pemasaran, produksi dan lain sebagainya. Tunggu apalagi, Coba GRATIS Harmony Selama 30 Hari disini. Selamat mencoba.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony