Harmony » Blog » 

7 Strategi Pemasaran Rumah Makan Secara Online

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Oktober 16, 2019

Bisnis makanan semakin eksis dalam dunianya, dan para pelaku bisnis makanan sekiranya harus menyiapkan strategi pemasaran rumah makan yang lebih kreatif. Bisnis rumah makan menjadi bisnis yang tidak pernah mati, setiap orang pasti membutuhkan yang namanya makan.

Namun di jaman sekarang dimana teknologi sudah sangat maju, makan bukan hanya sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, namun eksistensi terkait foto sebelum makan,  viralnya makanan tersebut, sehingga menjadi suatu kebanggan jika memakannya, menjadi salah satu gaya hidup para penikmatnya.

Jaman sekarang makan bukan hanya sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, namun ada unsur eksistensi terhadap gaya hidup penikmatnya.

Memang pada jaman sekarang ini seperti sudah mempunyai dua kehidupan, kehidupan yang lain yaitu dunia online. Dalam dunia online, bisnis rumah makan pun bisa berkembang dan sangat diminati, tentunya makanan yang dipesan akan di antar ke tempat dimana pelanggan berada. Dengan ini bisnis rumah makan Anda dapat di promosikan di dunia online yang pastinya akan dapat meraup keuntungan yang lebih besar.

Baca juga : Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

Apa saja strategi pemasaran rumah makan secara online?

1. Lokasikan Rumah Makan Anda di Google Map

Layanan buatan Google ini dapat dibilang memiliki fitur yang cukup lengkap dan sangat membantu pengguna dalam menemukan sebuah lokasi, Anda dapat mendaftarkan rumah makan Anda pada Google Map.

Jika sudah didaftarkan, pengguna atau pelanggan Anda dapat melihat detail rumah makan Anda. Selain lokasi, pengguna dapat melihat nomor telepon, website, jam buka, dan juga foto-foto dari rumah makan Anda. Menarik Bukan?

2. Daftarkan Rumah Makan Anda di Situs Pencarian Restoran

Banyak sekali pengguna yang mencari restoran atau rumah makan di Google dan ingin reservasi di sebuah restoran dan diarahkan oleh Google ke situs pencarian restoran, contohnya seperti Zomato, Qraved, dll.

Situs pencarian restoran akan menyajikan data restoran atau rumah makan Anda secara detail, bedanya dengan Google Map, Anda seperti diberikan halaman website sendiri dengan info yang sangat detail dan desain yang menarik dari platform situs tersebut.

Pelajari lebih lanjut artikel ini Cara Cepat Pengembangan Cabang Bisnis Kuliner

3. Daftarkan Rumah Makan Anda di Ojek Online

Pasti sudah banyak yang tahu tentang layanan ojek online saat ini, bukan hanya sebagai transportasi penumpang saja namun berbagai bidang khususnya dalam pengantaran makanan sudah sangat populer, seperti Gojek dengan Go Food, dan Grab dengan Grab food.

Apalagi dengan promo yang ditawarkan dari perusahaan Gojek dan Grab yang sangat menggiurkan untuk penggunanya sehingga kesempatan untuk mendapatkan orderan akan semakin banyak. So, segera daftarkan rumah makan Anda.

4. Memilih Sosial Media Yang Tepat

Dalam menggunakan sosial media Anda harus mencari tahu sosial media mana yang paling efektif untuk bisnis Anda dan mempertimbangkan seberapa banyak pengguna aktif dalam sosial media tersebut.

Sosial media dapat juga dijadikan sebagai analisis Anda untuk memantau trend saat ini, misalnya kuliner apa saja yang sedang hits saat ini, pasti jika ada yang viral sosial media menjadi tempat perbincangan banyak orang. Dengan begitu, Anda bisa lebih up to date di bisnis kuliner Anda, apa yang sedang hits saat ini.

5. Konsisten Dalam Menggunakan Sosial Media

Pastikan Anda mengunggah produk atau hal-hal yang berhubungan dengan bisnis Anda di media sosial setiap hari. Bukan hanya konten jualan bisnis Anda namun berikan konten yang memiliki manfaat, misalnya jika Anda berjualan makanan sehat, Anda bisa berbagi tips untuk mengatur pola makan. Sehingga tema sosial media yang Anda gunakan seperti Instagram, Facebook, dll, dapat berhubungan. Atur feeds sosial media Anda juga secantik mungkin agar lebih menarik para calon pembeli.

[elementor-template id="26379"]

6. Lakukan Endorsement ke Selebgram atau Influencer

Agar masyarakat atau calon pembeli Anda percaya dan mengetahui rasanya enak dengan menu beragam, cobalah cara endorsement ke para influencer atau selebgram yang sedang hits, pilih sesuai target pasar dan budget Anda.

7. Rutin Mengeluarkan Promo dan Menu Baru

Agar pelanggan tak bosan, kamu bisa mengeluarkan promo menarik. Misalnya tiap senin gratis salad, setiap selasa buy one get one, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berinovasi dengan menu setiap bulan agar pelanggan terus penasaran dengan masakan -masakan barumu.

Untuk memudahkan Anda menjalankan usaha rumah makan, Anda dapat menggunakan layanan software akuntansi. Harmony adalah software akuntansi online yang memberikan kemudahan dalam membantu mengelola keuangan dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Dengan begitu, Anda akan terbantu dalam memonitor dan mengembangkan usaha rumah makan Anda di mana pun dan kapan pun. Dapatkan Trial 30 hari Gratis untuk Anda silahkan daftar di sini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram