Membuat Riset Pemasaran Yang Mudah Diterapkan
Harmony Blog
Marketing
Membuat Riset Pemasaran Yang Mudah Diterapkan
March 30, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Dalam era persaingan pasar yang ketat seperti sekarang ini maka riset pemasaran sudah menjadi suatu kewajiban untuk perusahaan agar bisnis atau produknya bisa terus eksis bahkan unggul dalam kompetisi yang ada, akan tetapi banyak pebisnis merasa sulit membuat riset pemasaran. Sebelum kami menjelaskan tentang bagaimana membuat riset pemasaran yang mudah diterapkan, Anda harus tau pengertian, fungsi utama dan obyek dari riset pemasaran.

Apa itu Riset Pemasaran?

Riset pemasaran adalah suatu kegiatan penelitian yang hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan manajemen perusahaan dalam pemecahan masalah atau sebagai pengambilan keputusan tertentu khususnya dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif dimasa mendatang.

Melakukan riset pemasaran seperti mempelajari secara detail tentang masa depan produk Anda

Dengan melakukan ini maka suatu bisnis bisa mengetahui strategi pemasaran yang efektif karena dalam riset ini menghasilkan kesimpulan yang berhubungan dengan hal-hal seperti dimana produk itu sebaiknya dipasarkan, kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen, seberapa besar potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut akan menurun, bahkan sampai kepada kemasan produk yang diinginkan oleh konsumen.

Fungsi Utama Riset Pemasaran

1. Evaluating

Melalui fungsi evaluating Anda bisa mengevaluasi strategi pemasaran sebelumnya sehingga mengetahui apakah strategi tersebut berjalan secara efektif atau masih dibawah target yang Anda tetapkan. Secar komprehensif fungsi evaluating juga untuk membantu mengukur brand positioning Anda dibanding dengan brand para pesaing.

2. Understanding

 Pada fungsi understanding tujuannya untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih tepat. Riset yang berhubungan dengan fungsi ini biasanya mencakup perilaku konsumen, kebiasaan konsumen dan harapan mereka terhadap produk Anda.

3. Predicting

Tujuan fungsi predicting adalah untuk membuat perkiraan kondisi pasar termasuk didalamnya tentang konsumen, pesaing dan daya beli agar bisa mempersiapkan langkah-langkah preventif serta mengeluarkan strategi yang tepat untuk produk Anda.

Obyek Riset Pemasaran

Berbicara mengenai riset pemasaran pasti ada obyek risetnya dan berikut obyek riset dalam pemasaran :

Produk

Produk merupakan hal pertama yang diriset karena dalam pemasaran harus ada produk/jasa yang dipasarkan.

Harga

Harga dari produk merupakan obyek riset yang penting karena biasanya ini merupakan salah satu faktor utama konsumen dalam membeli suatu produk.

Promosi

Selanjutnya obyek yang harus diriset adalah promosi yang mencakupi banyak hal seperti apa media promosinya, berapa biaya promosi, dimana lokasi promosi dan lain sebagainya. Baca lebih detail tentang promosi disini.

Distribusi

Mengapa distribusi perlu dilakukan riset? Karena distribusi adalah salah satu faktor yang berhubungan dengan ketersediaan produk dan penetapan harga produk

Langkah-Langkah Penerapan Riset Pemasaran

Lalu bagaimana caranya kalau Anda mau melakukan riset terhadap produk Anda? Secara umum berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dibisnis Anda, agar riset ini lebih mudah diterapkan :

a. Identifikasi tujuan dari riset yang Anda lakukan.
Misalnya apakah untuk tujuan Targeting, Branding, Positioning, Market Share atau yang lainnya.

b. Mengumpulkan data dari pasar.
Biasanya bisa dilakukan dengan kuesioner, wawancara langsung atau juga mendapat data dari institusi terpercaya.

c. Mengevaluasi data yang dikumpulkan.
Data yang Anda kumpulkan harus dievaluasi agar akurasi data tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

d. Menganalisa data yang dikumpulkan.
Bersama dengan team internal atau konsultan marketing/bisnis Anda harus mengevaluasi data yang Anda kumpulkan dari pasar (konsumen).

e. Mengambil kesimpulan.
Apabila data sudah dianalisa maka selanjutnya disimpulkan hasil dari riset tersebut yang bertujuan untuk membuat keputusan.

f. Membuat keputusan.
Langkah terakhir adalah membuat keputusan terhadap kesimpulan yang dihasilkan dari riset pemasaran tersebut yang tujuannya adalah untuk membuat strategi pemasaran yang efektif untuk produk Anda.

Demikianlah artikel tentang riset pemasaran ini dan semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam bisnis Anda sehingga bisnis Anda bisa mengalami kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis tentu saja  riset pemasaran bukan satu-satunya yang harus dilakukan, riset (evaluasi) manajemen keuangan bisnis Anda juga wajib dilakukan. Evaluasi itu mencakup hal-hal seperti apakah keuangan bisnis Anda sehat, apakah pembukuan bisnis Anda rapi dan selalu tercatat, bagaimana arus kas bisnis Anda, berapa keuntungan bisnis Anda bulan ini atau 3 bulan lalu, apakah pembukuan bisnis Anda bisa diakses (dilihat) dimanapun dan kapanpun.

Jika Anda masih ragu atas jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut kami menyarankan Anda untuk menggunakan software akuntansi seperti Harmony untuk bisnis Anda agar segala kendala Anda dalam mencatatkan pembukuan dan laporan keuangan bisa teratasi.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemiliki bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/