Harmony Blog

Arti Pemasaran yang Sesungguhnya Untuk Bisnis Anda

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

marketing pemasaranPin

Setiap perusahaan membutuhkan sebuah manajemen pemasaran atau marketing management agar dapat memperkenalkan brand atau merek konsumen. Maka dari itu, perusahaan harus bisa mengetahui diskursus yang lengkap terkait manajemen marketing karena tidak bisa terlepas dari manajemen bisnis. Lalu apa arti pemasaran itu sendiri untuk bisnis Anda?

Manajemen pemasaran mengacu pada kegiatan perencanaan, tindakan, pengawasan, dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk atau merek kepada khalayak yang luas.

Apa Sih Pengertian Umumnya?

Pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan pihak perusahaan, baik perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Maka dari itu, ini merupakan salah satu kegiatan perusahaan yang secara langsung berhubungan dengan konsumen. 

Tujuannya sudah pasti supaya lebih banyak orang atau konsumen yang akan mengenal produk dan diharapkan pula tertarik untuk membeli produk tersebut. Hal tersebut bisa lebih ditingkatan dengan menerapkan konsep pemasaran yang efektif

Kotler (2001) mengungkapkan definisi dari pemasaran secara lebih jelas, yaitu bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan tujuan dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.

Adapun definisi menurut Stanton (2001) yaitu, suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk melakukan perencanaan, penentuan harga, kegiatan promosi, dan distribusi barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.

Dari beberapa definisi para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemasaran memiliki arti paduan kegiatan untuk menggabungkan rencana-rencana yang strategis, terarah, terstruktur untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga mendapatkan tanggapan (review) yang positif dari konsumen. Perusahaan harus bertanggung jawab secara penuh mengenai kepuasan produk yang ditawarkan. Dengan demikian, segala aktivitas perusahaan harus diarahkan agar dapat memuaskan konsumen dan memperoleh laba atau keuntungan.

Arti Pemasaran Bagi Perusahaan

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan. Arti bagi perusahaan dapat diketahui dengan adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru tersebut adalah konsep pemasaran (marketing concept) yang dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu saluran perencanaan, volume penjualan, dan koordinasi.

Saluran perencanaan dan segala kegiatan perusahaan harus berorientasi pada customer, konsumen atau target pasar. Sementara volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan. Volume bukan sekedar untuk kepentingan perusahaan saja, melainkan harus memberikan timbal balik yang positif bagi para konsumen.

Tujuan utama konsep ini adalah untuk melayani konsumen agar mendapatkan sejumlah laba. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa pemasaran sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. 

Tujuan ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan. Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan pendekatan konsep pemasaran harus menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu, kemudian menentukan cara yang dapat memuaskan konsumen.

Kegiatan ini pada hakikatnya dilakukan dengan membuat produk, menentukan harga, memilih tempat, dan melakukan promosi produk kepada konsumen. Seluruh kegiatan tersebut akan membentuk arti yang berkesinambungan. Begitu juga halnya dengan keuangan, pemasaran akan sangat dekat kaitannya dengan pengelolaan keuangan maupun pembukuan dengan baik. Untuk membantu Anda dalam mengelola pembukuan perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Software Akuntansi Harmony dapat Anda gunakan dengan mudah walaupun Anda tidak memiliki background sebagai akuntan sekalipun. Dengan fitur yang lengkap dan panduan yang jelas, Anda dapat memantau keuangan perusahaan Anda secara rinci, dimanapun dan kapanpun karena Harmony didukung oleh teknologi berbasis cloud. Coba Harmony sekarang juga Anda dapat mendaftar GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK