Harmony » Blog » 

Arti Pemasaran yang Sesungguhnya Untuk Bisnis Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 24, 2020

Setiap perusahaan membutuhkan sebuah manajemen pemasaran atau marketing management agar dapat memperkenalkan brand atau merek konsumen. Maka dari itu, perusahaan harus bisa mengetahui diskursus yang lengkap terkait manajemen marketing karena tidak bisa terlepas dari manajemen bisnis. Lalu apa arti pemasaran itu sendiri untuk bisnis Anda?

Manajemen pemasaran mengacu pada kegiatan perencanaan, tindakan, pengawasan, dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk atau merek kepada khalayak yang luas.

Apa Sih Pengertian Umumnya?

Pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan pihak perusahaan, baik perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Maka dari itu, ini merupakan salah satu kegiatan perusahaan yang secara langsung berhubungan dengan konsumen. 

Tujuannya sudah pasti supaya lebih banyak orang atau konsumen yang akan mengenal produk dan diharapkan pula tertarik untuk membeli produk tersebut. Hal tersebut bisa lebih ditingkatan dengan menerapkan konsep pemasaran yang efektif

Kotler (2001) mengungkapkan definisi dari pemasaran secara lebih jelas, yaitu bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan tujuan dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.

Adapun definisi menurut Stanton (2001) yaitu, suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk melakukan perencanaan, penentuan harga, kegiatan promosi, dan distribusi barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.

Dari beberapa definisi para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemasaran memiliki arti paduan kegiatan untuk menggabungkan rencana-rencana yang strategis, terarah, terstruktur untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi. Kegiatan pemasaran perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen sehingga mendapatkan tanggapan (review) yang positif dari konsumen. Perusahaan harus bertanggung jawab secara penuh mengenai kepuasan produk yang ditawarkan. Dengan demikian, segala aktivitas perusahaan harus diarahkan agar dapat memuaskan konsumen dan memperoleh laba atau keuntungan.

Arti Pemasaran Bagi Perusahaan

Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan. Arti bagi perusahaan dapat diketahui dengan adanya cara dan falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru tersebut adalah konsep pemasaran (marketing concept) yang dibuat dengan menggunakan tiga faktor dasar yaitu saluran perencanaan, volume penjualan, dan koordinasi.

Saluran perencanaan dan segala kegiatan perusahaan harus berorientasi pada customer, konsumen atau target pasar. Sementara volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan. Volume bukan sekedar untuk kepentingan perusahaan saja, melainkan harus memberikan timbal balik yang positif bagi para konsumen.

Tujuan utama konsep ini adalah untuk melayani konsumen agar mendapatkan sejumlah laba. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa pemasaran sebagai perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak. 

Tujuan ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitikberatkan pada keinginan perusahaan. Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi kemudian meyakinkan konsumen agar bersedia membelinya. Sedangkan pendekatan konsep pemasaran harus menghendaki agar manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu, kemudian menentukan cara yang dapat memuaskan konsumen.

Kegiatan ini pada hakikatnya dilakukan dengan membuat produk, menentukan harga, memilih tempat, dan melakukan promosi produk kepada konsumen. Seluruh kegiatan tersebut akan membentuk arti yang berkesinambungan. Begitu juga halnya dengan keuangan, pemasaran akan sangat dekat kaitannya dengan pengelolaan keuangan maupun pembukuan dengan baik. Untuk membantu Anda dalam mengelola pembukuan perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Software Akuntansi Harmony dapat Anda gunakan dengan mudah walaupun Anda tidak memiliki background sebagai akuntan sekalipun. Dengan fitur yang lengkap dan panduan yang jelas, Anda dapat memantau keuangan perusahaan Anda secara rinci, dimanapun dan kapanpun karena Harmony didukung oleh teknologi berbasis cloud. Coba Harmony sekarang juga Anda dapat mendaftar GRATIS 30 Hari disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram