Arti Customer, Tipe dan Cara Penanganannya Agar Selalu Closing
Harmony Blog
Business
Arti Customer, Tipe dan Cara Penanganannya Agar Selalu Closing
April 6, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Seorang pebisnis harus berusaha untuk mengenali dan memahami aneka ragam tipe customer seperti, mengetahui apa yang dibutuhkannya, apa seleranya dan bagaimana cara penanganannya? Sehingga bisnis atau produk Anda bisa terus mendominasi di era persaingan modern ini, masih banyak pebisnis yang belum memahami arti customer dan tipenya. Kali ini akan dibahas secara lengkap tentang arti customer dan tipe-tipe customer agar Anda bisa tahu bagaimana tipe penanganannya dan selalu closing.

Pendekatan persuasif secara individual akan membuat customer menjadi loyal dengan produk Anda

Inilah Arti Customer

Kadang kita sering keliru pemahaman antara customer dan consumer atau konsumen. Arti Customer itu adalah seorang individu maupun kelompok yang dapat memberikan pengaruh kinerja Anda untuk dapat memenuhi standar kualitas dengan selalu mempertimbangkan banyak faktor seperti harga, kualitas pelayanan berdasarkan keputusan sendiri.

Dalam memulai bisnis, penting bagi Anda untuk dapat menentukan target market atau segmen pasar yang tepat agar Anda tahu tipe customer dari bisnis Anda dan dapat menjual produk Anda untuk terus mengalami peningkatan penjualan.

Perbedaan Arti Customer dan Consumer (Konsumen)

Customer membeli produk tidak selalu untuk kebutuhan pribadi melainkan untuk consumer. Misalnya, Adam selaku manager sudah membeli suatu program software akuntansi untuk keperluan perusahaan. Dalam kasus ini adam selaku penerima awal disebut dengan customer, sedangkan staff keuangan-nya yang mengoperasikan program software yang dibeli adam selaku penerima akhir disebut sebagai consumer atau konsumen.

Tipe Customer dan Cara Penanganannya

Dalam memasarkan produk anda pasti perlu strategi pemasaran sebelum itu anda harus pahami terlebih dahulu tipe-tipe customer, terdapat 4 (empat) tipe customer yang anda harus ketahui, yaitu :

1. Tipe Cheap Customer

Tipe Cheap ini biasanya customer seperti ini umumnya mencari produk yang murah, biasanya customer tak segan untuk membayar dengan jumlah yang sama untuk barang yang sama, jika mereka melihat embel-embel diskon. Tipe ini cenderung di dorong oleh faktor penghematan. Mereka akan selalu menanyakan “masih bisa kurang gak, ada gratisannya gak, ada bonus gak.” Maka untuk penanganan untuk customer seperti ini Anda harus pandai mempromosikan produk anda semenarik mungkin.

Baca Juga : Caranya Menerapkan Branding dalam Bisnis Anda

2. Tipe Difficult Customer

Tipe Difficult ini biasanya selalu berpandangan negatif tentang produk yang akan dijual karena biasanya memiliki pengalaman buruk dalam membeli produk yang sejenis. Selalu membanding-banding produk dengan produk lain sehingga sulit untuk menerima apapun penjelasan anda. Untuk penanganan customer seperti ini biasanya anda harus sabar dalam menghadapi, dimulai dari perhatikan moodnya usahakan jangan berdebat, cari topik lain untuk tetap menjaga perhatianya dan jangan terlalu diambil hati dengan apa yang customer ucapkan. Jika kita memfokuskan diri pada tipe seperti ini, maka kita akan membuang-buang waktu, tanpa menghasilkan profit.

3. Tipe Sophisticated Customer

Customer seperti ini Anda harus menguasai knowledge tentang produk yang anda akan tawarkan. Karena tipe seperti ini lebih detail dan cerdas, customer akan selalu melakukan research terlebih dahulu sebelum membeli, memiliki banyak referensi tentang produk yang akan dibeli, customer ini biasanya akan sulit diawalnya saja, namun jika customer telah mempercayai produk anda, maka customer akan loyal, bahkan mungkin akan mengajak teman-temannya untuk belanja produk anda.

4. Tipe Affluent Customer

Customer tipe ini merupakan faktor terpenting untuk dipertimbangkan dalam usaha pemasaran Anda, karena mereka adalah sebuah asset bagi bisnis Anda. Customer ini yang tidak banyak mikir mengenai harga, berapa pun harga yang kita tawarkan, customer akan loyal dengan produk anda dan customer selalu menuntut hal terbaik dari segi produk, pelayanan dan kualitas produk anda. Customer ini Anda harus berikan perhatian individual agar memikat untuk menjadi customer tetap dan pada akhirnya mendorong pembelian berulang.

Begitulah penjelasan tentang definisi customer, tipe-tipe dan cara penanganannya. Anda dapat mengetahui berbagai tipe-tipe customer membuat potensi customer menjadi loyal kepada anda semakin tinggi, hal ini akan menghasilkan profit yang tinggi. Dalam mengelola profit perusahaan, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti software akuntansi online yaitu Harmony.

Harmony adalah solusi mengelola keuangan Anda dimana software ini dapat menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/