Langkah Mudah Dalam Menentukan Segmen Pasar Dalam Bisnis Anda
Harmony Blog
Marketing
Langkah-Langkah Dalam Menentukan Segmen Pasar Untuk Bisnis Anda
March 26, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Anda sebagai seorang pebisnis yang handal selalu mengarahkan usahanya untuk bisa menghasilkan produk yang dapat memuaskan pelanggan. Sehingga untuk mencapai keberhasilan tersebut dibutuhkan segmen pasar yang tepat. Hal ini juga merupakan bagian dari strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Dalam strategi pemasaran produk metode segmentasi pasar merupakan langkah awal untuk memasarkan suatu produk akan lebih terarah dan terukur.

Apa Itu Segmen Pasar ?

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

Baca Juga : 6 Konsep Pemasaran Efektif yang Harus Anda Tahu

Menentukan Dasar Segmen Pasar

Dalam menentukan dasar segmentasi pasar dapat disesuaikan dengan jenis usaha-nya pada pasar konsumen (micro) dan pasar industri (macro). Masing-masing berpotensi membentuk segmen, namun kenyataan tidak semua segmen ini akan bermanfaat untuk semua situasi.

Segmentasi Pasar Konsumen (Micro)

1. Segmentasi Geografis

Segmen ini pengelompokan dilakukan berdasarkan faktor geografinya, seperti berdasarkan daerah asal atau tempat tinggalnya.

2. Segmentasi Demografi

Pengkelompokan berdasarkan unsur mencakup: usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, pendapatan, pendidikan, agama, ras, kebangsaan.

3. Segmentasi Psikografis

Segmen ini pasar dibagi menjadi kelompok berbeda berdasarkan: kelas social, gaya hidup dan karakteristik kepribadiannya.

4. Segmentasi Perilaku

Segmen ini pasar dibagi menjadi kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaan, atau respons pelanggan terhadap produk kita.

Segmentasi Pasar Industri Bisnis (Macro)

Jenis pasar ini memang menggunakan banyak unsur ekonomi makro. Akan tetapi pasar bisnis juga bisa disegmentasikan berdasarkan demografi konsumen bisnis (industri, ukuran perusahaan), karakteristik operasional perusahaan, pendekatan pembelian, faktor situasional dan karakteristik pribadi.

Berikut tahapan dalam menentukan segmen pasar:

Tahap 1 : Mulai Tentukan Target Segmentasi

Langkah paling awal untuk menentukan segmentasi pasar adalah menentukan siapakah yang menjadi targetnya. Maka buatlah menjadi 3 bagian :

1. Pelanggan baru, menentukan segmentasi berdasarkan bisnis baru sehingga Anda perlu mencari pelanggan baru.

2. Pelanggan exist, hal ini biasanya dilakukan untuk mencari pelanggan yang sudah Anda namun untuk menunjang bisnis yang berkelanjutan.

3. Pelanggan pendukung, Konsumen ini terkait dengan kebutuhan supporting product Anda.

Setelah membaginya menjadi 3 bagian barulah anda bisa memasukan kriteria yang sesuai dengan masing-masing target tersebut. Kriteria ini meliputi demographic, geographic, perilaku dan psikografis.

Tahap 2 : Fahami Kenali Karakter dan Psikologis Pelanggan

Sebelum anda memulai usaha, tidak kalah pentingnya juga harus mengetahui terlebih dahulu karakter atau psikologi dari pelanggan. Apakah pelanggan merupakan golongan memang membutuhkan produk anda Jual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau hanya untuk mengikuti trend yang sedang booming di masyarakat ?

Jika hanya trend saja berarti produk yang akan anda jual hanya akan laku cepat pada musimnya saja kemudian selebihnya akan sangat beresiko tidak bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Oleh sebab itu sebagai pebisnis yang handal sebaiknya benar-benar memiliki kualitas barang yang bagus, memberikan kepuasan pelanggan sehingga mereka adakan loyal untuk selalu beli produk anda.

Tahap 3 : Mengolah dan Menganalisa Data

Selanjutnya anda akan menentukan bagaimana produk Anda bisa diterima atau tidak oleh para pelanggan. Pelajarilah hal yang menjadi aktivitas, keinginan tindakan dan hal yang dilakukan oleh pelanggan. Dengan begitu hal-hal kecil yang membuat terhambatnya perkembangan bisnis Anda bisa segera ditangani secepatnya oleh tim Anda.

Tahap 4 : Tentukan Diferensiasi dan Positioning

Setelah perusahaan memutuskan segmen mana yang dimasuki, Anda harus memutuskan strategi diferensiasi dan positioning-nya, terdiri dari langkah-langkah:

a. Mengenali Pasar Pesaing

b. Memilih keuntungan untuk membangun posisi

c. Memilih keunggulan kompetitif yang tepat

d. Memilih keseluruhan strategi positioning


Metode segmentasi pasar ini sangat bermanfaat sekali di era modern ini, bilamana Anda seorang pebisnis yang handal Anda akan bisa selalu mengarahkan usahanya untuk lebih terarah dan terukur. Ketika bisnis sudah mulai stabil dan terarah, maka penting bagi Anda untuk memiliki pembukuan bisnis yang rapih. Bagi Anda yang masih belum memilikinya, anda bisa menggunakan software akuntansi. Harmony adalah software akuntansi online yang dapat membantu ribuan UMKM dalam mengelola pembukuan bisnis dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/