Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Yang Meningkatkan Penjualan
Harmony Blog
Marketing
Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Yang Meningkatkan Penjualan
October 23, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Memperoleh keuntungan adalah tujuan semua pebisnis. Namun keuntungan atau keberhasilan tidak akan tercapai begitu saja tanpa ada usaha yang maksimal dan tentunya strategi yang tepat. Tidak cukup dengan semangat, berbisnis memerlukan strategi dan pemikiran yang matang. Dengan begitu Anda bisa menghadapi segala realita yang ada. Berikut adalah strategi pemasaran produk dan jasa yang dapat meningkatkan penjualan Anda.

1. Melakukan Segmentasi Pasar

Anda perlu mengklasifikasikan pasar Anda, setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda. Apakah bisnis Anda menyasar kelas menengah atas atau menengah bawah. Tentunya apa yang dibutuhkan mereka berbeda. Jika Anda sudah mendapatkan segmentasi yang cocok, Selanjutnya Anda menemukan sekumpulan orang yang mempunyai kesamaan interest lalu Anda jadikan kolam penjualan.

2. Melakukan Positioning

Setelah Anda menentukan segementasi pasar selanjutnya Anda dapat menerapkan strategi pemasaran produk dan jasa selanjutnya yaitu melakukan “positioning” agar target market bisnis Anda tidak terlalu melebar. Selain itu positioning adalah strategi untuk memenangkan persaingan dengan kompetitor. Contoh sederhananya adalah, Anda menargetkan kelas menengah bawah, lalu Anda menyasar anak muda, Karyawan atau Mahasiswa. Dengan begitu Anda bisa tahu siapa mereka dan apa yang di butuhkannya. Berikan nilai tambah kepada produk Anda atau jasa sehingga melekat di benak mereka.

3. Kenali Customer Anda

Sebelum Anda menjual produk atau jasa kepada customer, ada baiknya Anda mengetahui siapakah mereka, apa yang sebenarnya mereka mau. Sebagai pebisnis yang baik Anda harus mampu membaca profil customer Anda sehingga Anda bisa memberi pelayanan terbaik untuk mereka. Cobalah Anda perhatikan tingkah laku mereka, kebiasaan mereka kemudian Anda bisa menganalisa produk atau jasa apa yang cocok untuk mereka.

4. Memilih Lokasi yang Strategis

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pemasaran produk atau jasa adalah pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi yang strategis membuat konsumen Anda mudah untuk menjangkau tempat usaha Anda. Sebaiknya pertimbangkan lokasi Anda dengan matang, perhatikan dimana target market Anda berada dan kapan mereka melewati tempat usaha Anda.

5. Buatlah Promosi Yang Menarik

Setelah Anda telah menentukan lokasi yang strategis, tahap selanjutnya adalah bagaimana tertarik untuk membeli produk atau jasa Anda. Tujuan promosi adalah mengenalkan produk Anda kepada customer, yang semula tidak tau produk Anda menjadi ingin membeli. Berikan promosi yang menarik seperti potongan harga, cashback atau bonus. Dengan begitu customer akan lebih tertarik untuk mencoba bahkan membeli produk Anda.

6. Jalin Hubungan dengan Konsumen

Bisnis tidak hanya memikirkan tentang keuntungan saja, banyak aspek yang harus diperhatikan, salah satu yang terpenting adalah menjalin hubungan baik terhadap customer. Zaman sekarang berhubungan bukan hanya penjual dan pembeli saja, namun sesama pembelipun bisa saling bertukar informasi lewat soSial media.

Buatlah mereka senang atas pelayanan Anda. Sehingga mereka bisa memberikan feedback positif dan menceritakan kepada yang lainnya. Mulailah mendengarkan mereka, apa yang mereka keluhkan. Alangkah lebih baik lagi anda bisa memberikan solusinya. Jangan sampai mereka bertindak sebaliknya, mereka kecewa dengan pelayanan Anda dan akhirnya menyebarkannya kepada yang lainnya.

Jika Anda sudah mendapatkan strategi bisnis yang tepat untuk Anda, jangan melupakan tentang pengelolaan keuangan bisnis Anda. Gunakan tools seperti Harmony software akuntansi online untuk membantu Anda dalam merapihkan pembukuan bisnis Anda. Dapatkan 30 hari Gratis dengan mendaftar disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/