Harmony Blog

10 Tips Memulai Bisnis Menguntungkan yang Harus Anda Ketahui

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

10 Tips Memulai Bisnis Menguntungkan yang Harus Anda KetahuiPin

Saat ini tidak sedikit orang yang memutuskan untuk membuka bisnis. Hal ini tidak lepas dari mudahnya membuka bisnis di era digital. Masuknya masyarakat Indonesia ke dalam industri 4.0 mau tak mau ikut mendorong mereka untuk lebih kreatif untuk memulai bisnis yang menguntungkan.

Memulai sebuah bisnis mungkin menjadi hal mudah, tetapi tidak semua orang yang terjun dalam dunia bisnis bisa meraih untung.

Sebuah pilihan bisnis pastinya memerlukan segala perencanaan usaha yang matang. Anda sangat membutuhkan berbagai komponen yang ada didalamnya seperti survey pasar, cara menyusun bisnis plan, tenaga pemasarannya dan masih banyak lagi.

Untuk menjadi bisnis yang menguntungkan haruslah Anda mempersiapkan segala perkiraan bisnis hingga masa jangka panjang. Hal ini dilakukan agar Anda dapat memonitor keuntungan bisnis dengan lebih stabil kedepannya.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis yang menguntungkan?

Jika Anda berniat untuk membuka bisnis,10 tips memulai bisnis yang menguntungkan ini bisa Anda terapkan:

1. Siapkan Mental Anda Untuk Bisnis Yang Menguntungkan

Dunia bisnis tak seindah yang Anda bayangkan. Ada banyak resiko dan rintangan yang akan dihadapi. Untuk bisa memulai bisnis yang menguntungkan pastikan Anda memiliki mental baja ya.

2. Bisnis Yang Menguntungkan? Jika Anda Punya Niat dan Tekad Yang Kuat

Tanpa ada niat yang kuat, maka bisnis yang akan Anda mulai tidak bisa direalisasikan. Kalaupun Anda bisa memulai bisnis dengan iseng, percayalah hasilnya tidak akan maksimal. Anda harus tahu bahwa niat menjadi salah satu penentu bisnis Anda sukses.

3. Jangan Gegabah, Fokuskan Pada Satu Bisnis

Serakah menjadi salah satu sifat negatif yang dimiliki setiap orang. Anda harus mampu mengontrol ini saat berbisnis. Usahakan untuk fokus pada satu bisnis saja.

Jika memang nanti ke depannya bisnis Anda sukses, ekspansi bisnis bisa dilakukan. Namun, di awal pendirian bisnis pastikan fokus Anda tidak terbagi agar hasil yang dicapai maksimal.

4. Lihat Peluang Masa Depan Anda

Memulai bisnis itu gampang-gampang susah. Jika tidak jeli melihat peluang di pasar, maka bisa jadi bisnis Anda gagal. Agar memiliki bisnis yang menguntungkan, pastikan Anda menyukai core dari bisnis tersebut.

Misalnya Anda bisa memulai bisnis dengan sesuatu yang memang Anda sukai atau ahli. Kemudian cocokkan ini dengan peluang yang ada. Jika hasilnya menjanjikan, maka eksekusi. Sebaliknya, Anda bisa mempertimbangkan kembali jika peluang pasar tidak sesuai dengan bisnis yang Anda sukai.

5. Perhatikan Peta Persaingan Bisnis

Dalam bisnis apapun, persaingan pasti ada. Untuk membangun bisnis yang menguntungkan, Anda harus tahu kekuatan para pesaing. Pastikan Anda sudah mengantongi kekuatan mereka dan gunakan informasi itu untuk memperkuat bisnis Anda.

6. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Memasuki era digital, bisnis online memang berkembang seperti jamur. Namun, untuk usaha yang membutuhkan tempat “produksi”,  Anda harus memilih lokasi yang strategis. Misal, Anda ingin membuka jasa laundry, maka lokasi terbaik adalah dekat dengan kampus, pabrik atau kos-kosan. Selain lokasi strategis, pastikan ada petunjuk arah yang jelas menuju lokasi usaha Anda.

Baca juga artikel ini : 7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Dropship yang Sukses

7. Promosikan Usaha dengan Baik

Di era digital ini, Anda beruntung karena bisa melakukan promosi dengan lebih maksimal. Bahkan jika Anda lihai, Anda bisa saja promosi secara gratis. Untuk beberapa produk, mungkin Anda bisa mengkombinasikan promosi di media sosial dan offline agar hasilnya lebih optimal.

8. Jalin Komunikasi Baik dengan Calon Konsumen

Komunikasi menjadi kunci utama bisnis yang menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berhubungan dengan konsumen ataupun calon konsumen. Komunikasi dua arah akan membuat Anda lebih mengenal dan tahu kebutuhan konsumen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

9. Evaluasi

Evaluasi menjadi langkah penting dalam perkembangan bisnis. Upayakan untuk melakukan evaluasi berkala sejak awal agar Anda bisa tahu benar tentang kondisi bisnis. Evaluasi akan membantu bisnis berkembang dengan lebih baik.

10. Kelola Keuangan dengan Baik

Banyak bisnis yang merugi karena pengelolaan keuangan yang asal. Akan lebih baik jika sejak awal pendirian bisnis, Anda setidaknya menguasai akuntansi dasar. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan nantinya.

Harmony merupakan salah satu software akuntansi jaman now yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola keuangan bisnis Anda dengan mudah. Harmony dapat digunakan walaupun Anda tidak punya background akuntansi sekalipun. Harmony menyediakan fitur yang canggih serta menyediakan laporan keuangan yang lengkap dan dibutuhkan oleh para pemilik bisnis, untuk Anda yang ingin mencoba Harmony Anda dapat mendaftar Gratis 30 Hari di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony