Harmony Blog

7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Dropship yang Sukses

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Salah satu konsep bisnis sederhana yang sedang naik daun berapa tahun belakangan ini adalah bisnis dropship karena bisnis ini memberikan banyak kemudahan bagi pelakunya dengan resiko yang bisa dibilang sangat kecil.

Bisnis ini meningkat dengan pesat seiring semakin banyaknya pengguna internet, media sosial dan terutama dengan adanya beberapa aplikasi marketplace dimana penjual bisa menjual dan mempromosikan produk dengan hasil yang bagus.

Bisnis dropship menjadi pilihan banyak orang karena kemudahan dalam menjalankannya dan resikonya yang kecil.

Pengertian Dropship dan Keuntungannya

Bisnis dropship adalah sistem bisnis yang menjual produk dari supplier atau agen tanpa harus memilki stok produk yang dijual tersebut. Walaupun terkenal dengan sistem yang sederhana, Anda tetap harus melakukan perencanaan yang matang dalam bisnis ini.

Dropshipper (pebisnis dropship) hanya meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier atau agen dan dropshipper juga tidak terlibat dalam pengiriman produk yang djiual karena supplier atau agen yang mengirimkan produk tersebut ke pembeli.

Keuntungan menjalankan bisnis dropship adalah :

1. Modal relatif kecil

2. Sangat mudah dijalankan

3. Lokasi dan waktu berjualan fleksibel

4. Pilihan produk yang mau dijual bermacam-macam (variatif)

5. Tidak terlalu menghabiskan waktu, tenaga dan pikiran

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Dropship

Walaupun bisnis dropship mudah dijalankan belum tentu bisa sukses jika tidak tahu dengan baik langkah apa yang harus dijalankan dan diterapkan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda tahu dan terapkan agar sukses dalam menjalankan bisnis dropship :

1. Pilihlah Produk yang Tepat

Langkah paling awal adalah Anda harus memilih dan mencari produk yang mau dijual. Carilah produk yang tepat dengan menganalisa hal-hal seperti :

a. Apa kegunaan produk tersebut?

b. Apakah penjualan produk tersebut akan bagus?

c. Berapa keuntungan dari menjual produk itu?

d. Apakah produk tersebut dibutuhkan/diinginkan oleh masyarakat?

e. Apakah produk itu memiliki legalitas?

f. Apakah produknya mudah dikirim lewat kurir pengiriman atau ekspedisi?

Pelajari dan kuasai kelebihan serta kekurangan produk-produk yang mau Anda jual dan jika Anda sudah merasa yakin maka silahkan pilih produk-produk yang akan Anda jual.

2. Lakukan Riset Terhadap Pesaing Bisnis Dropship

Ada 2 hal yang harus Anda riset sehubungan dengan pesaing yaitu riset terhadap dropshipper pesaing dan riset terhadap produk pesaing.

Dengan mengetahui siapa dan dimana dropshipper pesaing serta terhadap kelebihan, kekurangan dan harga produk pesaing membuat Anda tahu harus melakukan strategi apa dalam pemasaran agar bisa memaksimalkan hasil penjualan produk yang Anda jual.

Terdapat beberapa metode yang dapat Anda gunakan, salah satunya metode forecasting. Anda bisa mencari tau tentang pesaing dan produk pesaing di media social seperti Instagram, Facebook dan Youtube serta di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lazada.

3. Pilih Supplier yang Tepat

Langkah selanjutnya cari dan pilihlah supplier yang tepat yaitu yang profesional bertanggung jawab serta lokasinya sesuai yang Anda mau. Komunikasi yang baik dan merespon dengan cepat juga menjadi patokan penting dalam menentukan pemilihan supplier karena jika salah memilih supplier maka bisa merepotkan atau mengagalkan bisnis dropship Anda.

Baca Juga: Penjelasan dan Cara Menyusun Bisnis Plan Makanan

4. Buatlah Toko Online

Sekarang ini sebagian pemasaran beralih ke platform digital oleh karena itu wajib bagi dropshipper untuk membuat took online baik berupa website sendiri maupun di Instagram atau Facebook. Cara lain yang sangat dianjurkan adalah membuka toko online di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lazada karena trafic pengunjung mereka yang tinggi bisa membuat produk yang Anda lebih mudah terjual disana.

5. Layani Customer dengan Baik

Walaupun sebagai dropshipper, Anda tidak bertemu customer secara langsung tetapi Anda tetap harus melayaninya dengan baik. Karena dengan pelayanan yang baik maka customer itu bisa melakukan repeat order, merefrensikan produk Anda ke teman atau keluarganya atau membeli produk Anda yang lain.

Pelayanan yang baik juga bisa menggerakan customer memberikan testimoni atau rating yang bagus terhadap toko Anda sehingga ini menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

6. Analisa dan Optimalisasi Bisnis Dropship Anda

Seiring berjalannya waktu Anda harus menganalisa dari semua yang Anda kerjakan seperti produk mana yang paling laku, supplier mana yang tidak bisa dilanjutkan kerjasamanya, di marketplace mana yang penjualan produk Anda paling banyak dan lain sebagainya.

Dari data-data tersebut Anda bisa mengoptimalkan bisnis dropship Anda dengan menentukan strategi pemasaran yang paling cocok, memilih produk yang paling cocok untuk ditingkatkan penjualannya serta menjaga hubungan baik dengan customer potensial Anda.

7. Kontrol Keuangan Bisnis Dropship Anda

Selain harus mengetahui langkah-langkah yang sudah dijelaskan, dropshipper yang sukses juga harus memiliki pembukuan yang rapi agar bisa mengetahui tentang laporan keuangan bisnisnya.

Untuk itu Anda bisa menggunakan aplikasi akuntansi online agar bisa membuat dan menyediakan laporan keuangan dengan cepat dan bisa dikerjakan dari rumah. Harmony adalah aplikasi akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan walaupun tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Harmony sudah digunakan oleh ribuan pebisnis untuk membantu merapikan dan menyediakan laporan keuangan yang cepat dan tanpa repot. Simaklah video FinTax Fair yaitu acara yang diselenggarakan Harmony dalam mengedukasi peserta tentang keuangan, teknologi dan perpajakan. Jadi tunggu apalagi, coba GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony