Harmony Blog

Apa saja Manfaat Membayar Pajak Bagi Perusahaan?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

manfaat membayar pajakPin

Membayar sebuah Pajak merupakan suatu kewajiban bagi kita sebagai masyakarat dalam bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara, pembangunan sosial serta untuk kemajuan ekonomi negara. Dalam artikel kali ini akan membahas manfaat membayar pajak.

Pajak yang dikelola dengan baik tidak hanya mencerminkan kualitas ekonomi yang baik, tapi mencerminkan martabat suatu bangsa yang baik.

Tentang perpajakan berdasarkan Undang-undang Nomor 28 tahun 2007, dapat dijelaskan bahwa kontribusi wajib pajak adalah membayar pajak kepada negara yang terutang maupun oleh badan atau orang pribadi wajib pajak yang menurut undang-undang bersifat dipaksakan, untuk hal keperluan negara yang sebesar-besarnya dalam memberikan kemakmuran rakyat dan tidak menerima imbalan secara langsung.

Namun, dari sisi pengusaha. Memang pajak merupakan beban yang akan mengurangi laba bersih dari perusahaanya, apabila perusahaan taat dalam membayar Pajak maka ada segi positif yang dapat diambil, simak penjelasan manfaat membayar pajak bagi perusahaan berikut ini.

Baca juga : Tantangan Perpajakan Dalam Bisnis Ekonomi Digital

5 Manfaat Membayar Pajak Bagi Perusahaan

1. Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Manfaat membayar pajak dapat membuat Binis Anda terlihat menjadi profesional,  Bisnis Anda dapat terlihat prefesional dihadapan para distibutor dan konsumen apabila Anda memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Sebab NPWP merupakan salah satu bagian terpenting dalam surat kerja sama kontrak antara distributor dan konsumen. Namun apabila tidak memiliki NPWP, maka perusahaan akan dipandang tidak prefesioanl dihadapan para distributor dan konsumen.

2.Mendapat Pinjaman Lebih Mudah

Manfaat membayar pajak bagi perusahaan adalah ketika Anda taat membayar Pajak,  Anda akan lebih mudah mendapatkan pinjaman dari bank untuk keperluan bisnis Anda.

Dengan adanya kartu NPWP yang Anda miliki, maka pihak bank akan menganggap dan melihat bisnis Anda adalah pelaku bisnis yang prefesioanl.

3. Membantu Perekonomian Negara

Tujuan membayar Pajak memang sangatlah berpengaruh besar bagi negara, sebab dari membayar Pajak tersebut dapat menstabilkan perekonomian negara. Berbagai kondisi yang dikatakan terancam keberlangsungan ekonomi negara, pajak juga bisa dijadikan alat stabilitas ekonomi. Sehingga pemerintah mempunyai penerapan kebijakan dalam membuat dan memberikan opsi pilihan bagi suatu wajib pajak bagi perusahaan.

4. Terhindar Dari Denda dan Pengeluaran Tambahan

Manfaat membayar pajak juga dapat menghindari perusahan Anda dari pengeluaran tambahan, dengan adanya Pajak, tentu bagi setiap masyarakat harus membayar Pajak tersebut, bukan saja hanya masyarakat, setiap perusahaan juga harus membayar kewajiban tersebut.

Namun dengan adanya amnesti Pajak, sebagai pemilik perusahaan Anda akan memiliki keuntungan yaitu tidak dikenakannya denda dan bunga Pajak yang belum Anda bayar dimasa lalu. Caranya dengan mengungkapkan harta dan membayar uang tebusan sebagaimana diatur dalam Undang-undang pengampunan Pajak.

Pengampunan Pajak  bagi kewajiban perpajakan yaitu terdiri dari kewajiban Pajak Pertambahan Nilai (PPN),  Pajak Penghasilan (PPh), dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Sehingga pengeluarannya pun berkurang dan bisnis akan lebih mudah untuk berkembang.

5. Belajar dalam Mengelolah Keuangan Perusahaan

Manfaat membayar Pajak juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola setiap keuangannya. Dengan kita membayar Pajak kita akan belajar mengelola keuangan dari hasil bisnis kita dan dapat juga mendorong perusahaan dalam menyusun laporan keuangan bagi setiap perusahan.

Manfaat Pajak dalam mengelola keuangan bisnis memang sangat penting bagi pebisnis dalam mejalankan kelangsungan bisnis bisnis mereka.
Dengan perusahaan membayar setiap Pajak, itu akan berpengaruh besar bagi perusahaan untuk lebih belajar dalam mengelola setiap keuangan perusahaan.

Namun bagimana agar perusahaan dapat lebih mudah dalam mengelola setiap keuangan? Anda tidak perlu cemas, kini Anda dapat menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Harmony adalah Software akuntansi yang praktis dan mudah untuk digunakan, Anda dapat membuat laporan keuangan secara real time dan menghitung kewajiban Pajak dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang seperti akuntan sekalipun.
Maka gunakan Harmony sekarang juga dan dapatkan Gratis dalam 30 Hari dengan klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony