Harmony Blog

Fungsi dan Tugas Seorang Konsultan Pajak yang Harus Anda Tahu

Diupdate Feb 24th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

konsultan pajakPin

Saat ini masyarakat Indonesia semakin hari semakin melek pajak. Pelaku usaha terus berbenah diri dalam membuat pembukuan dan laporan keuangan yang rapi untuk keperluan perpajakan usaha mereka. Karena itu perusahaan membutuhkan jasa konsultan pajak. Konsultan pajak dibutuhkan oleh wajib pajak dalam membantu urusan perpajakan usaha wajib pajak tersebut seperti konsultasi dan membantu melaporkan dan membayar pajak klien.

Konsultan pajak dibutuhkan agar perpajakan klien sesuai dengan peraturan pemerintah dan usaha klien semakin berkembang.

Secara umum definisi konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sederhananya, konsultan pajak adalah orang yang bertugas membantu wajib pajak mengurus segala hal yang berhubungan dengan pajak. Dengan adanya konsultan pajak, diharapkan pihak yang menggunakan jasa konsultan tersebut dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik serta merasakan manfaat dari membayar pajak.

Baca juga : Apa saja Manfaat Membayar Pajak Bagi Perusahaan?

Berikut adalah video dari Kantor Konsultan Pajak (KKP) Arvin Max Samuels yang membantu kliennya merapikan pembukuan mereka dengan menggunakan aplikasi Harmony.

Menarik bukan, bagaimana KKP Arvin Max Samuels menggunakan Harmony dalam membantu klien mereka agar bisnis klien semakin berkembang. Bagi Anda yang sibuk sehingga tidak bisa membuat laporan keuangan usaha, Harmony menyediakan Harmony Accounting Service, yaitu jasa profesional dibidang akuntansi yang akan membuat laporan keuangan usaha Anda beserta analisanya.

Fungsi Konsultan Pajak

Berikut fungsi dari konsultan pajak yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan jasanya.

1. Konsultan pajak memberikan bimbingan terhadap wajib pajak dan membuat estimasi pajak yang akan dibayar oleh wajib pajak, melakukan koreksi fiskal dan lain sebagainya.

2. Membantu mempersiapkan dan mengurus data yang akan dilaporkan sesuai ketetapan perpajakan bagi sebuah perusahaan.

3. Konsultan pajak bisa menekan biaya untuk membayar pajak tanpa harus melanggar peraturan dan ketentuan perpajakan.

4. Karena wajib pajak tidak memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan perkembangan dunia perpajakan maka jasa konsultan pajak bertugas mengatur pajak sebuah perusahaan sebagaimana perkembangan peraturan yang berlaku. Konsultan pajak juga wajib memberikan informasi kepada wajib pajak tentang peraturan pajak yang terkini.

5. Konsultan pajak akan mendampingi apabila terjadi pemeriksaan terhadap wajib pajak, keberatan dari wajib pajak dan pengajuan banding yang dilakukan oleh wajib pajak.

6. Dengan memanfaatkan jasa konsultan pajak, bisa meminimalkan risiko kesalahan dibidang perpajakan.

7. Bisa mengurangi beban perusahaan, sehingga pihak perusahaan bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan menggunakan jasa konsultan pajak maka perusahaan jadi lebih efisien.

Saat ini di Indonesia sudah mulai banyak perusahaan yang menggunakan jasa konsultan pajak dalam rangka efisiensi perusahaan. Peran konsultan pajak terbaik di Indonesia baik yang memasarkan jasanya secara konvensional maupun konsultan pajak online diperlukan dalam mendampingi perusahaan-perusahaan tersebut.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tugas Konsultan Pajak

Berikut ini adalah tugas ataupun layanan yang diberikan konsultan pajak pada para pengguna jasa mereka :

1. Kepatuhan Pajak

Konsultan pajak mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak kliennya antara lain menghitung, membayar dan melaporkan pajak.

2. Perencanaan Pajak

Konsultan pajak melakukan jasa perencanaan pajak klien yang bertujuan mengoptimalkan keuntungan klien. Termasuk di dalam perencanaan pajak ini adalah pembuatan laporan tahunan konsultan pajak.

3. Pemeriksaan Laporan Pajak

Tugas ini bertujuan untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.

4. Pendampingan dalam Pemeriksaan

Konsultan pajak memiliki tanggung jawab dalam mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang kurang memahami permasalahan perpajakannya. Konsultan pajak juga ikut membantu menyiapkan data atau dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.

5. Konsultasi

Konsultan pajak menawarkan jasa konsultasi permasalahan perpajakan.

6. Restitusi Pajak

Bila klien membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak atau restitusi, konsultan pajak dapat membantu pelaksanaannya mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.

7. Penyelesaian Sengketa Pajak

Konsultan pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak.

Perlu Anda ketahui babhwa salah satu organisasi pajak di Indonesia yang memiliki banyak anggota adalah Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Jika Anda membutuhkan konsultan pajak, maka IKPI memiliki cukup banyak daftar konsultan pajak yang berpengalaman. Sehingga Anda bisa menemukan konsultan pajak terbaik untuk usaha Anda.

Untuk merapikan pembukuan klien, sangat disarankan untuk konsultan pajak menggunakan aplikasi pembukuan online. Tujuannya adalah agar pembukuan klien menjadi rapi dan  laporan keuangan klien bisa dibuat dengan cepat sehingga bisa memudahkan pelaporan pajak klien.

Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang memiliki 20 lebih laporan keuangan real time. Harmony bisa membantu perusahaan Anda dalam membuat laporan keuangan dengan praktis dan cepat. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat dimanapun dan kapanpun. Jadi tunggu apalagi. Yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini. Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony