5 Tips Tax Planning Untuk Anda yang Ingin Menghemat Membayar Pajak
Harmony Blog
Tax
5 Tips Tax Planning Untuk Anda yang Ingin Menghemat Membayar Pajak
September 15, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Pajak Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Tax planning adalah perencanaan pajak yang dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir beban pajak yang harus dibayarkan ke kas negara. Jadi, jumlah pajak yang dibayarkan tidak akan melebihi dari jumlah sebenarnya.

Dalam tax planning, wajib pajak akan memanfaatkan hal-hal yang tidak diatur oleh Undang-Undang sebagai celah meminimalkan beban pajak.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya apakah tax planning itu legal dan diperbolehkan?

Jangan khawatir, meskipun ini adalah upaya untuk mengurangi beban pajak, namun dalam prosesnya tax planning dilakukan dengan tetap mematuhi aturan yang berlaku.

Manfaat dan Tujuan Tax Planning

Manfaat tax planning yang paling utama adalah untuk mengurangi beban perusahaan. Anda tentu tahu, pembayaran pajak menjadi salah satu pos pengeluaran yang cukup besar bagi perusahaan. Dengan tax planning, maka perusahaan bisa mengalokasikan dana lebih ke pos lainnya.

Selain untuk mengurangi beban pajak, tujuan tax planning yang lain adalah:

1. Mengatur agar pajak yang dibayar tidak lebih dari jumlah yang seharusnya.

2. Agar perhitungan pajak dilakukan sesuai peraturan sehingga tidak ada masalah yang timbul saat ada pemeriksaan dari kantor pajak. Masalah yang timbul pada pemeriksaan ini bisa berakibat pada denda atau sanksi lainnya.

Baca juga: Koreksi Fiskal: Penjelasan, Jenis dan Contoh Penerapannya

custom-form-newsletter

Mengenal Jenis-Jenis Tax Planning

Tax planning sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu National Tax Planning dan International Tax Planning. Dalam National Tax Planning, pedoman yang digunakan adalah UU domestik. Biasanya jenis pertama ini digunakan untuk perusahaan yang ada di indonesia atau melakukan transaksi dalam negeri saja.

Sebaliknya, International Tax Planning digunakan oleh perusahaan yang melakukan kegiatan usaha di dalam dan luar negeri. Selain berpedoman pada UU domestik, perusahaan juga harus memperhatikan Tax Treaty dari negara  lain yang terlibat.

Tips dan Contoh Tax Planning

Sebagai salah satu bentuk manajemen perpajakan, tax planning memang menjadi pilihan populer bagi perusahaan. Tapi apa Anda tahu, setidaknya ada 5 strategi tax planning yang bisa ditempuh. Masing-masing strategi tentunya memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Kita akan membahasnya dengan singkat dan jelas melalui ulasan di bawah ini:

1. Tax Avoidance (Penghindaran Pajak)

Ini adalah upaya wajib pajak untuk menghindari pengenaan pajak dengan melakukan transaksi yang tidak termasuk dalam objek pajak. Contoh tax planning menggunakan tax avoidance adalah perubahan tunjangan karyawan ,menjadi natura.

2. Tax Saving (Penghematan Pajak)

Upaya ini adalah efisiensi beban pajak dengan menggunakan pemilihan alternatif pengenaan pajak yang memiliki tarif lebih rendah. Misalkan, perusahaan merubah pemberian natura dari bentuk barang menjadi uang.

3. Tunda Bayar Pajak

Pajak Pertambahan Nilai bisa masuk dalam tax planning dengan strategi penundaan bayar pajak. Perusahaan bisa menunda pembayaran PPN dengan cara menunda penerbitan faktur pajak keluaran hingga batas maksimal. Anda bisa membayar PPN ini di akhir bulan berikutnya lho.

4. Optimalkan Kredit Pajak

Tidak semua wajib pajak tahu bahwa mereka bisa mengkreditkan pajak yang sudah dipotong. Padahal pilihan ini bisa menjadi strategi yang bagus untuk meminimalkan beban pajak. Tapi Anda harus ingat, pengoptimalan kredit pajak ini harus dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu untuk masalah kredit pajak.

5. Hindari Pelanggaran Peraturan

Dalam melakukan tax planning, pastikan Anda tahu segala peraturan yang terkait. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terkena sanksi perpajakan mulai dari administrasi hingga pidana.

Penggunaan alat bantu dalam perusahaan sangat diperlukan jika Anda masih kesulitan dalam menghitung pajak. Salah satu alat yang direkomendasikan adalah software akuntansi online. Software ini tidak hanya akan membantu Anda menghitung pajak, tetapi juga menyelesaikan siklus akuntansi dalam perusahaan.

Harmony Accounting Software memiliki fitur lengkap dan cocok digunakan oleh berbagai jenis perusahaan. Pembuatan jurnal, buku besar, laporan keuangan hingga perhitungan pajak bisa dilakukan secara cepat, terperinci dan terintegrasi. Dengan begini, operasional perusahaan bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan kami secara langsung melalui live chat Harmony. Ayo daftarkan akun Anda dan Dapatkan Software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu maupun sumber daya dalam mengurus pembukuan, jangan khawatir Anda juga dapat menggunakan Harmony Accounting Service jika ingin terima beres pembukuan perusahaan Anda.

Ikuti kami di media sosial untuk mengetahui tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya. Kunjungi melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/