Tips Mengatasi Stress Saat Musim Pelaporan Pajak
Harmony Blog
Tax
Tips Mengatasi Stress Saat Musim Pelaporan Pajak
September 1, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Pajak Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Tak cuma staf keuangan, siapa pun yang menangani penghitungan perpajakan, tentunya bisa  dilanda stres. Akan tetapi, apabila sedari awal Anda sudah mengetahui tips pelaporan pajak yang benar.

Kegiatan pelaporan pajak bisa berjalan lebih mulus jika Anda tahu seperti apa cara mengatasinya.

Seperti yang mungkin sudah diketahui SPT tahunan adalah Surat Pemberitahuan Tahunan yang dipakai untuk melaporkan pembayaran pajak kepada pemerintah (Dirjen Pajak). Baik itu perusahaan maupun personal, kegiatan lapor SPT tahunan sudah seharusnya dilaksanakan secara disiplin sesuai waktunya.

Tapi, bagaimana dan apa saja sih tips pelaporan pajak yang harus diketahui agar tidak stres menghadapi musim pelaporan pajak? Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak terus tips pelaporan pajak yang bermanfaat dan bisa Anda terapkan berikut ya.

1. Membagi Jadwal Administrasi

Stres bisa saja terjadi karena terlalu banyak pekerjaan menumpuk yang tidak terselesaikan. Jadi, tips pelaporan pajak yang harus diingat adalah cobalah mengelola dan mengatur kembali jadwal administrasi agar penghitungan pajak nantinya tidak akan melewati batas pelaporan SPT Tahunan.

Usahakan untuk membagi tugas administrasi sesuai jadwal yang ditentukan. Misalnya:

1. Januari : Mengumpulkan buku besar jurnal.

2. Februari – Maret : Menyusun buku draft penghitungan administrasi.

3. April : Lapor SPT Tahunan

Sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP) batas pelaporan SPT Tahunan tidak boleh lewat dari 20 hari setelah akhir masa pajak. Sedangkan, jangka waktu pelaporan pajak terutang maksimal 15 hari setelah jatuh tempo terutang pajak atau berakhirnya masa pajak.

Maka itu, apabila tenggat waktu untuk pelaporan pajak sudah datang, sebaiknya segera lapor SPT Tahunan secara offline maupun online.

2. Hindari beban kerja berlebihan

Tips pelaporan pajak selanjutnya adalah jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja melebihi kemampuan Anda. Kebanyakan masyarakat modern yang merasa stres diakibatkan oleh tekanan pekerjaan yang terlalu berlebihan. Hindari memaksakan diri bekerja terlalu keras atau yang melebihi kapasitas kemampuan Anda.

Jika Anda bertugas staf finance perusahaan atau seorang akuntan yang setiap hari bertemu dengan angka-angka, menghitung pajak, hingga  koreksi fiskal, sesekali Anda juga perlu relaksasi dan berlibur. Delegasikan tugas dengan rekan kerja atau sampaikan kepada atasan tentang beban kerja Anda agar tidak terlalu stres dan kelelahan ketika bekerja.

3. Lapor SPT Tahunan Secara Online

Satu lagi tips pelaporan pajak yang mampu menangkal stres di musim pelaporan pajak, yaitu memanfaatkan e Filing atau lapor SPT Tahunan secara online.

Kita harus memuji pemerintah dengan terobosan yang inovatif ini karena tidak perlu lagi antre atau menghabiskan banyak waktu untuk lapor SPT Tahunan di kantor pajak secara datang langsung.

Kini, lapor SPT Tahunan bisa dilakukan dimanapun secara online dengan beberapa keuntungan, antara lain:

• Lapor SPT Tahunan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

• Tidak perlu antri panjang atau datang langsung di kantor pajak terdekat.

• Masih bisa lapor SPT Tahunan meski kantor pajak tutup.

• Dibandingkan lapor SPT manual, e Filing lebih hemat waktu karena hanya membutuhkan waktu sekitar beberapa menit saja.

Baca juga: Membuat Perencanaan Pajak untuk Bisnis dan Perseorangan

custom-form-newsletter


4. Gunakan Software atau Aplikasi

Musim pelaporan pajak yang sangat hectic, membuat para akuntan turut sibuk dan bahkan stres. Untuk itu, tips pelaporan pajak yang paling efektif adalah jangan ragu untuk segera memanfaatkan software atau aplikasi pembukuan yang modern.

Software atau aplikasi akuntansi dan pembukuan saat ini sudah lumrah dijumpai di berbagai perusahaan. Tujuannya, tidak lain memang untuk memudahkan pekerjaan staf administrasi dan menyederhanakan tugas pembukuan. Dengan begitu, lapor SPT Tahunan akan semakin praktis, mudah, dan akurat karena didukung software pembukuan yang terintegrasi dan otomatis.

Nah, demikian beberapa tips pelaporan pajak yang bisa dilakukan demi menghindari stres di musim pelaporan pajak.Catat dalam ingatan baik-baik, ya tips pelaporan pajaknya.

Bila Anda membutuhkan software akuntansi yang memudahkan penghitungan pajak dan pelaporan pajak perusahaan? Atau Anda tidak mau report dan ingin terima beres mengenai laporan keuangan perusahaan Anda? Pastikan Anda menggunakan Harmony Accounting Service sebagai partner layanan pembukuan Anda,

Harmony merupakan software akuntansi terkemuka di Indonesia yang sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula atau bukan dari kalangan IT sekalipun. Fitur-fiturnya lengkap, mudah diintegrasikan, dan tentu akan sangat membantu tim finance dalam menganalisa laporan keuangan untuk mengurus kewajiban pajak.

Tunggu apalagi, silakan dicoba tips pelaporan pajak dan buktikan sekarang juga keunggulan software Harmony. Klik disini untuk mendapatkan softwarenya sekarang GRATIS 30 Hari.

Ingin mendapatkan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/