Efin online diterbitkan oleh Ditjen Pajak untuk membantu wajib pajak agar lebih mudah mengurus manajemen perpajakan. Misalnya, ketika harus melakukan pembetulan pajak atau koreksi fiskal, mengurus SKB (surat keterangan bebas) pajak, hingga membuat laporan SPT pajak.
Perlu diketahui, bahwa aktivasi efin online pada dasarnya tidak sulit. Cukup mengisi formulir efin online, selanjutnya efin pajak akan dilakukan validasi dan diaktifkan oleh kantor perpajakan setempat.
Fungsi pajak yang sangat penting dalam pembangunan dan perekonomian negara, sudah seharusnya didukung oleh setiap warga negara. Apalagi, setelah aktivasi efin disetujui, nantinya wajin pajak akan semakin mudah mengurus pajak, tanpa perlu repot antri atau datang ke kantor pajak.
Table of Contents
Pengertian efin online adalah suatu angka unik yang dimiliki setiap wajib pajak sebagai identitas untuk bertransaksi secara elektronik melalui e-filling pajak. Misalnya, untuk lapor SPT bulanan, efin pajak digunakan sebagai identitas ketika login ke aplikasi e-filling.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan efin pajak ini? Yuk, simak langkah-langkah berikut:
Untuk mendapatkan efin online, orang pribadi dapat mengajukan proses aktivasi efin.
Selanjutnya kita akan membahas cara mendapatkan efin pajak melalui kantor cabang. Sebagai berikut:
Sekedar informasi tambahan, untuk mengunduh formulir efin online bisa buka link: https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN. Selanjutnya, apabila aktivasi efin online berhasil, lakukan registrasi dengan membuka website aplikasi https://djponline.pajak.go.id/account/login.
Kalau dalam kasus tertentu, Anda lupa password atau lupa alamat email, terdapat fitur reset password atau email di website DJP Online tersebut di atas. Agar tidak mudah lupa nomor efin online, Anda bisa mencatat di HP, drive komputer, maupun email pribadi. Efin pajak berlaku seumur hidup, jadi tidak perlu diperpanjang atau tidak ada masa batas berlaku.
[elementor-template id="26379"]
Hal yang wajar jika Anda lupa nomor efin dan sama sekali tidak bisa mengingat berapa nomor efin pajak. Jangan khawatir, berikut ini langkah-langkah yang direkomendasikan oleh Ditjen Pajak:
Langkah pertama jika lupa nomor efin adalah telepon saja ke kantor pajak terdaftar wajib pajak. Untuk nomor telepon kantor pajak daftarnya bisa dilihat di www.pajak.go.id/unit-kerja.
Pastikan Anda memiliki data wajib pajak seperti KTP, alamat email, serta nomor telepon yang terdaftar di aplikasi e-filling agar petugas pajak lebih mudah memastikan dan mengkonfirmasi data nomor efin Anda.
Jika Anda lupa nomor efin pajak, tak perlu khawatir! Sebab, Kring Pajak siap membantu. Tekan nomor telepon 1500200 dan petugas pajak akan segera merespon kendala lupa nomor efin.
Informasikan mengenai nama, nomor NPWP, alamat email, serta no HP untuk memperlancar proses validasi data.
Ingin yang lebih praktis dan cepat, hubungi Twitter @kring_pajak jika lupa nomor efin online. Mention dulu ke akun @kring_pajak, dan sampaikan mengenai kendala lupa nomor efin Anda. Selanjutnya, tunggu hingga dibalas petugas atau cek DM beberapa saat kemudian.
Menjalankan bisnis akan semakin mudah dengan manajemen perpajakan atau pembukuan yang cepat dan modern. Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kelancaran pembukuan yang cepat, rapi, dan sistematis. GRATIS Pakai 30 Hari Aplikasi Harmony, daftarkan akun Anda di sini.
Sederhanakan tugas pembukuan tim finance dan tim administrasi perusahaan dengan aplikasi Harmony yang lebih praktis dan otomatis. Ketahui fitur dan penawaran spesial menarik lainnya lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.