Harmony Â» Blog Â» 

Mudah, Cara Mendapatkan EFIN Online Untuk Lapor SPT

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 13, 2021

Efin online diterbitkan oleh Ditjen Pajak untuk membantu wajib pajak agar lebih mudah mengurus manajemen perpajakan. Misalnya, ketika harus melakukan pembetulan pajak atau koreksi fiskal, mengurus SKB (surat keterangan bebas) pajak, hingga membuat laporan SPT pajak.

Perlu diketahui, bahwa aktivasi efin online pada dasarnya tidak sulit. Cukup mengisi formulir efin online, selanjutnya efin pajak akan dilakukan validasi dan diaktifkan oleh kantor perpajakan setempat.

Efin online adalah suatu cara untuk mendapatkan nomer identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Pajak.Click to Tweet

Fungsi pajak yang sangat penting dalam pembangunan dan perekonomian negara, sudah seharusnya didukung oleh setiap warga negara. Apalagi, setelah aktivasi efin disetujui, nantinya wajin pajak akan semakin mudah mengurus pajak, tanpa perlu repot antri atau datang ke kantor pajak.

Apa Itu Efin Online?

Pengertian efin online adalah suatu angka unik yang dimiliki setiap wajib pajak sebagai identitas untuk bertransaksi secara elektronik melalui e-filling pajak. Misalnya, untuk lapor SPT bulanan, efin pajak digunakan sebagai identitas ketika login ke aplikasi e-filling.

Cara Mendapatkan Efin Online

Lalu, bagaimana cara mendapatkan efin pajak ini? Yuk, simak langkah-langkah berikut:

Bagi Orang Pribadi

Untuk mendapatkan efin online, orang pribadi dapat mengajukan proses aktivasi efin.

  • Isi formulir efin online sesuai petunjuk.
  • Datang ke kantor pajak setempat sambal menunjukkan asli dan memberikan fotokopi KTP/ KITAS.
  • Menunjukkan asli dan memberikan fotokopi NPWP/ SKT.
  • Menginformasikan alamat email aktif.

Bagi Badan Usaha

  • Mengisi formulir efin online sesuai petunjuk.
  • Perwakilan pengelola badan usaha datang ke kantor pajak terdaftar.
  • Menunjukkan asli dan memberikan fotokopi surat kuasa badan usaha.
  • Menunjukkan asli dan memberikan fotokopi KTP/ KITAS, NPWP/ SKT atas nama pengelola badan usaha.
  • Menunjukkan asli dan kartu NPWP/ SKT atas nama badan usaha.
  • Menginformasikan alamat email aktif.

Bagi Badan Usaha - Cabang

Selanjutnya kita akan membahas cara mendapatkan efin pajak melalui kantor cabang. Sebagai berikut:

  • Pimpinan kantor cabang badan usaha mengajukan permohonan aktivasi efin online.
  • Mendatangi kantor pajak terdaftar.
  • Menunjukkan surat bukti pengangkatan pimpinan kantor cabang.
  • Menunjukkan surat penunjukkan pimpinan kantor cabang.
  • Menunjukkan asli dan memberikan fotokopi KTP, NPWP/ SKT. Atau, jika orang asing dapat menunjukkan paspor/ KITAS/ KITAP dan NPWP/ SKT.
  • Menginformasikan alamat email aktif kantor cabang.

Sekedar informasi tambahan, untuk mengunduh formulir efin online bisa buka link: https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN. Selanjutnya, apabila aktivasi efin online berhasil, lakukan registrasi dengan membuka website aplikasi https://djponline.pajak.go.id/account/login.

Kalau dalam kasus tertentu, Anda lupa password atau lupa alamat email, terdapat fitur reset password atau email di website DJP Online tersebut di atas. Agar tidak mudah lupa nomor efin online, Anda bisa mencatat di HP, drive komputer, maupun email pribadi. Efin pajak berlaku seumur hidup, jadi tidak perlu diperpanjang atau tidak ada masa batas berlaku.

[elementor-template id="26379"]

Lupa Nomor Efin?

Hal yang wajar jika Anda lupa nomor efin dan sama sekali tidak bisa mengingat berapa nomor efin pajak. Jangan khawatir, berikut ini langkah-langkah yang direkomendasikan oleh Ditjen Pajak:

Lupa Efin Online Pajak

Menelepon Kantor Pajak

Langkah pertama jika lupa nomor efin adalah telepon saja ke kantor pajak terdaftar wajib pajak. Untuk nomor telepon kantor pajak daftarnya bisa dilihat di www.pajak.go.id/unit-kerja.

Pastikan Anda memiliki data wajib pajak seperti KTP, alamat email, serta nomor telepon yang terdaftar di aplikasi e-filling agar petugas pajak lebih mudah memastikan dan mengkonfirmasi data nomor efin Anda.

Kontak Kring Pajak

Jika Anda lupa nomor efin pajak, tak perlu khawatir! Sebab, Kring Pajak siap membantu. Tekan nomor telepon 1500200 dan petugas pajak akan segera merespon kendala lupa nomor efin.

Informasikan mengenai nama, nomor NPWP, alamat email, serta no HP untuk memperlancar proses validasi data.

Hubungi Twitter @kring_pajak

Ingin yang lebih praktis dan cepat, hubungi Twitter @kring_pajak jika lupa nomor efin online. Mention dulu ke akun @kring_pajak, dan sampaikan mengenai kendala lupa nomor efin Anda. Selanjutnya, tunggu hingga dibalas petugas atau cek DM beberapa saat kemudian.

Menjalankan bisnis akan semakin mudah dengan manajemen perpajakan atau  pembukuan yang cepat dan modern. Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kelancaran pembukuan yang cepat, rapi, dan sistematis. GRATIS Pakai 30 Hari Aplikasi Harmony, daftarkan akun Anda di sini.

Sederhanakan tugas pembukuan tim finance dan tim administrasi perusahaan dengan aplikasi Harmony yang lebih praktis dan otomatis. Ketahui fitur dan penawaran spesial menarik lainnya lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram