Harmony » Blog » 

NPWP Usaha Dagang, Ketahui Cara Mudah Membuatnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 21, 2021

Npwp usaha dagang biasanya dibutuhkan agar proses pengurusan segala jenis dokumen usaha semakin lancar. Seperti diketahui, fungsi pajak sangat penting dalam pembangunan nasional.

“Selain praktis dan gratis, cara daftar npwp online tentunya juga lebih cepat. Karena, bebas antri dan tak perlu repot datang ke kantor pajak.”

Maka, sebagai pebisnis yang baik, sudah seharusnya memiliki npwp usaha dagang. Cara membuat npwp usaha dagang kini sangat mudah. Bahkan, tersedia fitur untuk membuat npwp usaha dagang melalui website atau daftar npwp online yang praktis.

Diharapkan dengan menggunakan fitur daftar npwp online, semakin banyak pebisnis yang memanfaatkan kemudahan dalam membuat npwp usaha dagang. Baik itu untuk koreksi fiskal, lapor SPT bulanan, hingga manajemen perpajakan lainnya.

Cara Membuat Npwp Usaha Dagang Secara Online

Langkah awal membangun bisnis adalah membuat surat izin atau legalitas usaha dagang. Setelah mengantongi surat izin usaha, nantinya akan lebih mudah mengurus npwp bisnis dagang.

Berikut adalah beberapa cara membuat npwp bisnis dagang secara online atau daftar npwp online melalui website.

Cara membuat npwp usaha dagang secara online sangat mudah. Yaitu menggunakan website resmi Ditjen Pajak dengan alamat http://ereg.pajak.go.id.

Selanjutnya, Anda bisa mengikuti sesuai petunjuk yang tercantum pada website ereg.pajak.go.id. Di antaranya mengisi formulir daftar npwp badan atau npwp bisnis dagang. Serta, mengunggah beberapa dokumen dan persyaratan kelengkapan identitas badan usaha.

Jadi, sebelum daftar npwp online atau daftar npwp badan secara online, sebaiknya persiapkan semua kelengkapan berkas digital dalam format JPEG (di-scan terlebih dahulu).

Selain praktis dan gratis, cara daftar npwp online tentunya juga lebih cepat. Karena, bebas antri dan tak perlu repot datang ke kantor pajak.

Tata cara daftar atau membuat npwp usaha dagang secara online, antara lain:

Membuat Npwp Usaha Dagang

  1. Membuat Akun Pada Website Ereg Pajak

    • Login ke laman Ditjen Pajak di alamat http://ereg.pajak.go.id/daftar.
    • Masukkan alamat email yang aktif.
    • Ketikkan kode keamanan/ captcha di kolom yang tersedia.
    • Tekan tombol “Daftar”.
  2. Melewati Langkah Pertama Ereg Pajak

    • Jika proses registrasi di Ereg Pajak berhasil, Anda bisa memperoleh notifikasi atau pemberitahuan di laman akun tersebut.
    • Tertulis keterangan bahwa Anda sudah berhasil melewati langkah pertama dari registrasi akun sistem Ditjen Pajak.
  3. Mengaktivasi Ereg Pajak

    Apabila langkah atau cara membuat npwp usaha dagang ini berhasil, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan. Cek kotak masuk email Anda, dan bila terdapat email aktivasi yang masuk, segera klik untuk melanjutkan proses berikutnya.

    Berikut tahapan cara membuat npwp usaha dagang sebagai aktivasi akun.

    • Buka kotak masuk email untuk mendaftar npwp online.
    • Klik email notifikasi yang dikirimkan oleh Ditjen Pajak.
  4. Mengisi Formulir Ereg Pajak

    Oke, setelah aktif, pada laman formulir Ereg Pajak, lengkapi sesuai kolom yang ada.

    • Pilih NPWP badan.
    • Lengkapi nama, identitas, alamat email, password, nomor telepon, dan berbagai kolom yang tersedia.
    • Masukkan kode keamanan/ captcha.
    • Tekan tombol “Daftar”.
  5. Mengirimkan Formulir Pendaftaran Akun Ereg Pajak

    Anda berada di tahap akhir cara membuat npwp usaha dagang. Dalam proses ini, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pendaftaran cara membuat npwp usaha dagang sudah berhasil.

    [elementor-template id="26379"]

    Jika internet sedang bermasalah atau tidak ada koneksi jaringan, formulir tersebut dapat dikirimkan via pos ke Kantor Pajak setempat minimal 14 hari setelah pendaftaran.

    Apabila daftar npwp usaha dagang ini ditolak atau gagal, Anda bisa membenahi dan memperbaiki data yang dianggap kurang lengkap atau tidak valid. Namun, jika sudah berhasil, nantinya kartu npwp usaha dagang yang sudah dicetak akan dikirimkan via pos dalam 3-14 hari kerja.

Mudahnya Pengajuan Npwp Usaha Dagang atau Npwp Badan

Tahapan membuat npwp usaha dagang atau npwp badan yang cukup mudah dan praktis, umumnya sangat disambut antusias para pebisnis. Penerbitan npwp usaha dagang juga termasuk tidak terlalu lama, yaitu 24 jam.

Perusahaan yang mengantongi npwp usaha dagang atau npwp badan secara resmi sudah terdaftar sebagai wajib pajak badan usaha untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Dengan begitu urusan perpajakan bisnis Anda nantinya akan lebih lancar. Namun jangan lupa untuk terus melakukan pembukuan bisnis Anda dengan baik. Karena itu juga akan mempengaruhi nilai pajak yang dibayarkan nanti.

Tidak perlu khawatir, sudah ada solusi yang bisa membantu Anda dalam mengelola pembukuan bisnis. Gunakan Software Akuntansi Harmony yang menyediakan fitur akuntansi lengkap dan mudah digunakan.

Bukan hanya itu lebih dari 20 jenis laporan keuangan disiapkan secara realtime sehingga tim keuangan bisa semakin produktif dan efektif dalam menyelesaikan tugas pembukuan dan perpajakan secara rapi, modern, dan sistematis.

Semuanya cukup dalam beberapa klik saja. Yuk, mari tingkatkan sistem pembukuan dan manajemen keuangan bisnis dengan Software Akuntansi Harmony dan dapatkan GRATIS 30 hari dengan klik tautan ini.

Yuk, ikuti juga media sosial kami, dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram