Harmony Blog

Hukum Pajak, Cari Tahu Fungsi dan Jenisnya

Diposting Jun 4th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Hukum PajakPin

Hukum Pajak (tax law)? Seperti apa ketentuannya? Simak ulasannya dalam artikel ini. Mengingat manfaat perpajakan yang begitu besar bagi pembangunan nasional, sudah sepatutnya kita mematuhi hukum pajak yang berlaku.

Pengertian hukum pajak adalah bagian dari hukum masyarakat yang mengatur berbagai hal tentang perpajakan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.Click to Tweet

Dengan manajemen perpajakan yang baik, lapor SPT pajak teratur, serta membayar kewajiban pungutan pajak, mencerminkan Anda sebagai warga negara yang baik dan taat hukum pajak.

Apa Pengertian Hukum Pajak?

Lalu, sebenarnya apa pengertian tax law? Hukum pajak adalah ketentuan atau peraturan yang merinci tentang bagaimana mekanisme pembayaran pajak serta hubungan antara wajib pajak dan pemungut pajak (Ditjen Pajak). Bahkan beberapa ahli hukum pajak telah mendefinisikan bahwa tax law dengan pengertian berbeda-beda. Di antaranya:

Soeparman Soemahamidjaja

Dikatakan oleh Dr. Soeparman Soemahamidjaja, pengertian tax law adalah bagian dari hukum masyarakat yang mengatur berbagai hal tentang perpajakan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Erly Suandy

Sedangkan, bagi Erly Suandy, pengertian tax law adalah bagian hukum publik yang mengelola dan mengatur hubungan wajib pajak (rakyat) dengan pemungut pajak (negara).

Bohari

Menurut Bohari, pengertian tax law adalah sekumpulan undang-undang yang mengendalikan dan mengatur masyarakat sebagai wajib pajak dan pemerintah selaku pemungut pajak.

Santoso Brotodihardjo

Santoso Brotodihardjo mengatakan bahwa pengertian tax law adalah sejumlah wewenang atau hak negara untuk mengambil kekayaan seseorang untuk diberikan kembali pada masyarakat melalui kas negara.

Hartono Hadisoeprapto

Sementara itu, Hartono Hadisoeprapto menyebutkan bahwa pengertian hukum pajak adalah sejumlah aturan undang-undang yang mengatur bagaimana sistem pemungutan pajak, pada kondisi apa pajak dikenakan, dan besaran nilai pajak.

Rachmat Soemitro

Pengertian hukum pajak adalah sejumlah peraturan yang mengelola dan mengatur hubungan antara negara dan rakyat tentang pemungutan pajak.

Baca Juga: Perpajakan: Pengertian, Manfaat Dan Penerapannya

Jenis Hukum Pajak

Ada beberapa jenis tax law yang berlaku di Indonesia. Antara lain:

Jenis hukum pajakPin

Hukum Pajak Material

Pengertian dari jenis hukum pajak material adalah sejumlah aturan perpajakan yang berisi mengenai objek pajak (kondisi yang dikenai pajak), subjek pajak (siapa-siapa saja yang dikenai pajak), dan siapa yang dibebaskan pajak, serta berapa besaran nilai tarif pajak.

Maka dari itu sebaiknya Anda harus mengetahui apa saja contoh hukum pajak material.

Contoh hukum pajak material antara lain: pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), pajak pertambahan nilai (PPN), dan pajak penghasilan (PPh).

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Hukum Pajak Formal

Selain contoh hukum dalam pajak material, ada juga pengertian hukum dalm pajak formal adalah sekumpulan peraturan yang membuat hukum pada pajak material terwujud nyata.

Tax law secara formal berisi mekanisme pelaksanaan dan prosedur penetapan nominal utang pajak, serta hak-hak pegawai pemungut pajak untuk mengadakan evaluasi maupun terhadap adanya suatu koreksi fiskal. Termasuk, mewajibkan si wajib pajak agar membuat pembukuan, pengajuan surat banding, dokumen koreksi fiskal, dll. Contoh hukum pada pajak formal adalah Tatacara Perpajakan.

Mungkin tidak semua orang memahami pengertian tax law secara terperinci. Namun, sudah seharusnya setiap warga negara yang baik, taat terhadap tax law dan membayar pungutan pajak tepat waktu.

Terlebih bagi Anda para pelaku UMKM dan pebisnis, wajib selalu menaati tax law yang ada di Indonesia.

Untuk menyederhanakan urusan pembukuan yang nantinya akan berpengaruh pada perpajakan, Anda bisa percayakan pada Software Akuntansi Harmony.

Sebagai solusi pembukuan dan pelaporan perpajakan, Software Akuntansi Harmony dilengkapi fitur dan modul akuntansi yang modern, akurat, dan lengkap.

Tersedia 20 jenis laporan keuangan instan yang siap dipakai hanya dalam sekali klik. Berteknologi Cloud, dengan Software Akuntansi Harmony Anda lebih mudah mengakses pembukuan bisnis kapan saja dan di mana saja.

Fiturnya meliputi pencatatan transaksi, pengelolaan utang-piutang, multi mata uang, rekonsiliasi bank, laporan keuangan realtime serta masih banyak lagi fitur-fitur akunting menarik lainnya.

Anda hanya perlu daftar melalui tautan ini untuk mencoba Software Akuntansi Harmony secara GRATIS selama 30 hari full, tanpa biaya apapun.

Ingin info lebih lanjut tentang apa itu Software Akuntansi Harmony dan fitur-fitur selengkapnya, yuk follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony