Harmony Blog

Cara Lapor Pajak Online Dengan E-Filing

Diupdate Apr 9th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

Lapor Pajak OnlinePin

Sebagai wajib pajak yang pemula pastinya Anda bingung dalam mempersiapkan lapor pajak online bukan? Terlebih lagi diketahui bahwa terakhir persiapan laporan pajak di tanggal 31 Maret 2021.

Kemudahan lapor pajak online ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak, supaya Anda sebagai pengguna dapat melakukan pelaporan atau pembayaran pajak di mana saja dan kapan saja.

Nah, apa saja fitur yang bisa digunakan melalui DJP online? Yaitu dengan melalui e-filing atau e-billing. Di mana e-filing ini diketahui adalah penyampaian SPT secara elektronik yang dilakukan secara realtime.

Sedangkan e-billing merupakan pembayaran atas lapor pajak online yang bertujuan untuk menghemat waktu wajib pajak, hingga pembayaran ini nantinya menghasilkan surat setoran elektronik (SSE Pajak).

Cara lapor pajak online dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, asal tidak melebihi tenggat waktu yang ditetapkan.Click to Tweet

Ketahui, Apa Itu Lapor Pajak Online?

Kali ini dalam membahas lapor pajak online adalah sebuah kewajiban bagi seluruh warga negara, yang berpenghasilan untuk melaporkan SPT tahunan setiap tahunnya secara online.

Berawal diluncurkan DJP online melalui Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-39/PJ/2011, sesuai dengan tata cara penyampaian surat pemberitahuan tahunan wajib pajak orang pribadi.

Oleh karena itu penyampaian ini bisa dilakukan melalui website www.pajak.go.id, dengan e-filing yang menggunakan formulir 1770 S Atau 1770 SS dimana pengguna aplikasi tersebut juga meningkat.

Nah, peningkatan ini dirasakan langsung oleh masyarakat karena DJP online ini mudah, cepat, murah, dan terjamin kerahasiaan. Bahkan aplikasi ini dibuat dengan user friendly bagi Anda, hanya mengikuti langkah panduan yang disediakan.

Adapun cara laporan pajak online untuk menyusun dan melaporkan SPT tahunan, yaitu melalui fasilitas e-filing atau e-billing (SSE Pajak).

Apa Saja Jenis Formulir SPT Tahunan Lapor Pajak Online?

Adapun beberapa jenis formulir dalam lapor pajak online SPT tahunan PPh orang pribadi.

Jenis form lapor pajak onlinePin

  • Laporan Formulir 1770

    Surat pemberitahuan tahunan PPh wajib pajak orang pribadi ini merupakan formulir 1770, yang memiliki penghasilan lebih dari satu dan juga termasuk dari laporan pajak pensiunan yang terdiri dari:

    • Memiliki usaha atau pekerjaan bebas dan menyelenggarakan pembukuan serta Norma Penghitungan Penghasilan Neto.
    • Memiliki satu atau lebih pemberi kerja.
    • Pengenaan PPh Final dan atau bersifat Final.
    • Memiliki penghasilan lain.
  • Laporan Formulir 1770 S

    Dalam formulir 1770 S merupakan suatu bentuk SPT tahunan lapor pajak online, bagi wajib pajak penghasilan orang pribadi sederhana yang memiliki penghasilan dengan ciri:

    • Memiliki satu atau lebih pemberi kerja.
    • Memiliki penghasilan dari dalam negeri lainnya.
    • Pengenaan PPh Final dan atau bersifat Final.
  • Laporan Formulir 1770 SS

    Untuk lapor pajak online yang melalui formulir SPT tahunan bagi wajib pajak orang pribadi sangat sederhana, merupakan bentuk formulir SPT 1770 SS dan mempunyai penghasilan dari satu pemberi kerja saja.

    Namun pengenaan PPh didapat dari jumlah penghasilan bruto dari pekerjaan yang tidak lebih dari Rp60.000.000 setahun, serta tidak memiliki penghasilan kecuali bunga bank atau bunga koperasi.

Bagaimana Langkah-Langkah Mengisi SPT Tahunan Melalui Lapor Pajak Online?

Apakah Anda sudah siap mengisi SPT tahunan orang pribadi? Nah, adapun langkah lapor pajak online yaitu:

  1. Persiapkan bukti potong formulir 1721 A1 Anda, di mana formulir ini merupakan bukti pemotongan PPh Pasal 21 oleh pemberi kerja. Sertakan juga bukti potong PPh 21 Final jika ada, contohnya penjualan bangunan atau tanah, bunga deposito, bukti potong dividen, dan bukti lainnya.
  2. Selanjutnya persiapkan daftar harta, kartu keluarga, dan daftar hutang Anda.
  3. Jika sudah, input e-SPT dalam fitur e-Filing. Dengan tahap-tahap yang sesuai dengan panduan e-filing.
  4. Jika semua formulir sudah diisi dengan lengkap, mintalah kode verifikasi untuk pengiriman EFIN. Kode verifikasi akan dikirim melalui email yang sudah didaftarkan.
  5. Setelah itu kirim laporan SPT secara online, melalui cara yaitu dengan mengisikan kode verifikasi
  6. Terakhir Anda akan mendapatkan notifikasi atas status e-SPT serta menerima bukti penerimaan elektronik, yang akan diberikan kepada wajib pajak melalui email terdaftar.

Baca Juga: PPh Pasal 23 (Pajak Penghasilan Pasal 23), Penjelasan & Perhitungannya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Saja Cara Lapor Pajak Online?

Berbagai cara laporan pajak online merupakan panduan bagi wajib pajak orang pribadi yaitu:

  1. Masuklah ke situs website https://www.pajak.go.id, setelah itu isikan npwp, kode verifikasi, dan kata sandi yang sudah tertera pada laman Anda. Jika sudah, tekan login.
  2. Jika Anda sudah berhasil masuk, maka Anda bisa memilih dua opsi yaitu e-filing atau e-form. Nah, klik e-filing lalu pilih menu untuk ‘buat SPT’ Anda.
  3. Selanjutnya isilah pertanyaan yang diberikan formulir tersebut yang sesuai dengan data penghasilan bersih, pajak penghasilan yang dipotong pihak lain, dan penghasilan tidak kena pajak (PTKP).
  4. Apabila sudah pengisian data, maka klik tanda centang di bagian ‘D’ setelah itu pilih ‘OK’. Kemudian data SPT Anda akan terkirim ke database Ditjen pajak, dan akan mengirimkan konfirmasi melalui e-mail.
  5. Terakhir ketika Anda terjadi kendala ataupun bingung dalam pengisian formulir online, maka Anda dapat menghubungi telepon kring pajak di 1-500-200.

Cara lapor pajak onlinePin

Namun sebelumnya pastikan juga Anda masih menyimpan Efin (Electronic Filling Identification Number) pajak yang diberikan oleh KPP.

Bagaimana Jika Lupa Efin Pada Lapor Pajak Online?

Apa yang harus Anda lakukan jika lupa mencatat nomor Efin atau menyimpan surat pemberitahuan? Nah, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa solusinya yaitu:

  • Cobalah cek inbox email Anda, dengan search ‘Efin’.
  • Bahkan Anda bisa mencoba melalui telepon kring pajak 1500-200, setelah itu siapkan nomor NPWP serta lakukan konfirmasi data diri Anda.
  • Salah satunya juga Anda bisa datang ke KPP terdekat setempat wilayah Anda, dengan cara meminta mencetak ulang EFIN setelah Anda tunjukkan fotokopi KTP beserta NPWP.
  • Bahkan Anda bisa kunjungi website DJP online melalui live chat pada laman di www.pajak.go.id, dengan cara klik logo ‘chat pajak’. Hingga siapkan data pendukung yaitu:
    • Nama Lengkap
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
    • Alamat terdaftar untuk registrasi EFIN
    • Nomor ponsel dan alamat email yang digunakan saat mendaftar EFIN.
    • Tahun pajak SPT terakhir
  • Apabila Anda memiliki akun twitter, maka bisa melalui twitter Ditjen dengan akun @kring_pajak. Serta siapkan data pendukung lainnya seperti di atas.

Jika Anda sudah mendapatkan nomor Efin, maka selanjutnya cobalah daftarkan akun e-filing Anda melalui www.djponline.pajak.go.id dan masukkan nomor EFIN tersebut.

Jika Anda berhasil, segeralah lakukan login dengan password yang Anda buat sebelumnya pada saat pendaftaran akun.

Seperti itulah mengenai pembahasan bagaimana cara lapor pajak online, apalagi jika semua data sudah lengkap serta koneksi internet Anda bagus. Maka Anda bisa menginput e-filing sampai dengan selesai yang tidak memakan waktu sampai dua menit.

Untuk melaporkan SPT tahunan, Anda sebagai pebisnis juga perlu melakukan pembayaran pajak melalui SSE Pajak. Namun sebelum dilakukan pembayaran, sebaiknya Anda lakukan dahulu perhitungan dan pencatatan laporan keuangan bisnis Anda secara akurat.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan laporan keuangan secara realtime dan akurat? Cobalah gunakan Harmony software pembukuan yang dapat membantu Anda untuk mencatat beberapa unsur pajak pada bisnis.

Tidak hanya membantu mencatat unsur pajak saja, melalui software akuntansi seperti Harmony juga dapat dengan mudah melakukan pencatatan dan penyajian laporan keuangan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu repot.

Pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Cobalah gunakan Harmony GRATIS 30 hari di sini.

Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony