Harmony Blog

Cara Cek Kode KLU Pajak (Klasifikasi Lapangan Usaha) Anda

Diposting Agu 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Kode KLU PajakPin

Sudah tahukah Anda tentang kode KLU pajak? Bagi pengusaha atau pebisnis yang ingin menghitung pajak, sudah seharusnya memahami tentang kode KLU pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha.

Para pengusaha dapat melihat daftar KLU pajak yang sudah disediakan dalam lampiran Peraturan Dirjen Pajak No 17 Tahun 2015.Click to Tweet

Mengapa demikian? Dengan mengetahui kode KLU pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha, akan lebih mudah mengelompokkan jenis atau kategori badan usaha maupun wajib pajak tersebut. Selanjutnya, tentu akan lebih mudah memenuhi kewajiban pajak dan mendukung fungsi pajak dalam pembangunan.

Penyusunan Kode KLU Pajak

Sesuai dengan keputusan Dirjen Pajak Nomor 321, Tahun 2012, terdapat beberapa kelompok kode KLU pajak yang patut dipahami. Antara lain:

  • Kategori golongan pokok.
  • Kategori sub golongan.
  • Kategori kegiatan ekonomi.

Nantinya, kode KLU pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha dapat dicantumkan dalam formulir SPT pajak atau Surat Pemberitahuan Pajak ketika melaporkan pajak SPT badan usaha. Atau, ketika ingin perpanjangan sertifikat elektronik maupun membuat digital e-meterai.

Kode KLU pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha akan menjadi tolok ukur perhitungan dan pelaporan pajak badan usaha yang tepat.

Macam Kategori Kode KLU Pajak Atau Kode Klasifikasi Lapangan Usaha

Pengusaha yang telah mengetahui kode klasifikasi lapangan usaha pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha, bisa menggunakan insentif dan keringanan pajak yang tersedia untuk sektor-sektor badan usaha tertentu.

Kategori kode klu pajakPin

Berikut adalah beberapa macam kode KLU pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha.

  1. Kategori Golongan Pokok

    kode KLU perdagangan salah satunya mengacu pada kategori golongan pokok sesuai sifatnya. Namun, khusus bagi industri pengolahan tidak termasuk dalam kode KLU perdagangan golongan pokok.

    Dalam daftar KLU pajak golongan pokok akan terdiri dari sebanyak 3 digit numerik. Yaitu 2 digit awal menampilkan golongan pokok. Serta, satu digit angka terakhir menampilkan kegiatan ekonomi dari sub golongannya.

  2. Kategori Sub Golongan

    Dari daftar KLU pajak kategori golongan pokok dapat dipecah lagi menjadi sub golongan. Daftar KLU pajak ini terdiri dari 4 digital dengan penyusunan :

    • Dua digit awal menampilkan golongan.
    • Satu digit terakhir menampilkan kegiatan ekonomi dari sub golongannya.
  3. Kategori Kegiatan Ekonomi

    Selanjutnya, daftar KLU pajak dari kategori kegiatan ekonomi merupakan pengelompokan dari berbagai kegiatan atau aktivitas yang meliputi sub golongan sebagai aktivitas yang serupa.

    Sedangkan Kelompok Kegiatan Ekonomi adalah diartikan sebagai uraian lebih lanjut untuk memilah aktivitas yang tercakup dalam Sub Golongan menjadi beberapa kegiatan yang lebih homogen.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Cara Cek Kode KLU Pajak Atau Kode Klasifikasi Lapangan Usaha?

Baik, katakanlah Anda sudah memahami apa kelompok badan usaha Anda, lalu bagaimana cara mengecek kode KLU pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha Anda?

Pada dasarnya, cara cek kode  klasifikasi lapangan usaha pajak atau kode Klasifikasi Lapangan Usaha tidak sulit. Para pengusaha dapat melihat daftar KLU pajak yang sudah disediakan dalam lampiran Peraturan Dirjen Pajak No 17 Tahun 2015.

Ada beberapa daftar KLU pajak/ kode KLU pajak (kode Klasifikasi Lapangan Usaha). Total daftar KLU pajak mencapai 1435 jenis atau kelompok badan usaha. Sedangkan, daftar KLU pajak diawali  kode KLU pajak 01111 untuk pertanian tanaman jagung.

Serta, diakhiri kode KLU pajak 99000 untuk kegiatan badan internasional dan badan ekstra internasional lainnya. Untuk mengunduh dan mengecek daftar KLU pajak, bisa Anda lihat melalui website www.pajak.go.id.

Mudah-mudahan dengan melihat daftar KLU pajak atau kode KLU pajak terlampir di atas, Anda dapat memproses insentif maupun menghitung pajak notaris dengan baik.

Agar dapat melakukan perpajakan secara semakin maksimal, serta melakukan pembayaran pajak maka gunakan Software Akuntansi Harmony dari PT Harmoni Solusi Bisnis.

Software Akuntansi Harmony adalah platform fintech yang dirancang untuk menyelesaikan tugas-tugas akuntansi, invoicing, dan sistem finansial secara rapi, sistematis, dan otomatis.

Termasuk akses kapan saja dan di mana saja, dengan basis teknologi Cloud computing. Yuk, hubungi Harmony sekarang via tautan kontak atau coba GRATIS 30 hari, klik tautan ini.

Dapatkan juga update info menarik berkaitan finansial dan akuntansi dengan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK