Harmony » Blog » 

Meterai Digital (e-Meterai), Pahami Ketentuannya Lebih Lengkap

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 16, 2021

Tentu Anda sudah mengenal meterai bukan? Meterai digital sebetulnya juga berfungsi sama. Meterai digital dapat digunakan dalam sebuah dokumen untuk memberi tanda bahwa dokumen tersebut adalah dokumen resmi.

Anda boleh menggunakan meterai ini dalam beberapa dokumen seperti surat lamaran kerja, permohonan cetak ulang buku tabungan dan lain sebagainya.

Keberadaan meterai digital pada sebuah dokumen menjadi penanda bahwa dokumen tersebut adalah dokumen resmi sebab terkena pajak bea materai.Click to Tweet

Lalu, bagaimana dengan penggunaan e-Meterai atau meterai elektronik yang dirilis pemerintah? Pernahkah Anda memakai contoh meterai digital ini? Kalau belum simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Tentang e-Meterai

e-Meterai atau biasa juga disebut dengan meterai digital adalah bea materai terbaru yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2020 lalu melalui Undang-Undang No.10 tahun 2020.

Tentang Meterai Digital

Penerbitan meterai ditujukan untuk memudahkan masyarakat dalam meresmikan dokumen yang sifatnya digital. Selain itu, penerbitan meterai ini juga demi mencegah pemalsuan.

Secara umum, keberadaan meterai pada sebuah dokumen menjadi penanda bahwa dokumen tersebut adalah dokumen resmi sebab terkena pajak bea materai. Secara khusus, meterai ini didesain untuk menjadi penanda keresmian dokumen yang sifatnya digital. Jadi, nanti Anda tidak perlu lagi mencetak dokumen terlebih dahulu untuk ditempeli meterai karena dokumen Anda nantinya akan dapat ditempeli meterai digital langsung dari gawai Anda.

Ide mengenai meterai ini sebenarnya sudah ada sejak cukup lama. Contoh meterai digital yang sudah ada sebelum tahun 2020 adalah meterai digital yang dicetak oleh mesin Neopost CS-200 dari PT. Datascrip. Akan tetapi, karena harus membeli mesin, contoh meterai digital ini hanya cocok untuk perusahaan dan kurang cocok untuk masyarakat umum yang notabene tidak sering menggunakan meterai.

Selain itu, pembuatan meterai dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat dan lebih praktis digunakan. Dengan dukungan teknologi yang tinggi, meterai ini mulai diterapkan pertama kali pada tahun 2021.

[elementor-template id="26379"]

Jalur Distribusi e-Meterai

Rencananya, pemerintah akan mendistribusikan meterai digital ini melalui beberapa jalur distribusi berikut:

  1. Saluran Elektronik Host to Host (H2H)

    Dengan menggunakan jalur distribusi ini, meterai digital akan langsung tertempel pada dokumen yang sudah terhubung dengan sebuah sistem elektronik yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

  2. Saluran Elektronik Yang Terhubung Dengan Dompet Digital

    Dokumen Anda nanti juga dapat ditera meterai melalui saluran elektronik yang terhubung dengan dompet digital yang Anda miliki. Dengan demikian Anda juga bisa secara langsung membayar pajak bea materai tersebut dengan membayar melalui dompet digital Anda.

  3. Melalui Merchant

    Anda bisa memperoleh meterai ini untuk dokumen Anda di merchant-merchant tertentu yang telah ditunjuk oleh pemerintah serta memiliki peralatan dan perlengkapan yang memadai untuk memberikan meterai digital ataupun meterai tempel.

  4. Melalui Saluran POS (Point of Sales)

    Setiap dokumen yang terhubung dengan sistem ini dan memenuhi kriteria tertentu akan secara otomatis ditera (diberi) meterai digital.

Keberadaan meterai digital membuat penerapan fungsi pajak dan manfaat perpajakan di Indonesia lebih fleksibel dan sesuai dengan tantangan jaman. Harapannya dengan adanya meterai ini, masyarakat tidak perlu repot mencetak dokumen lalu mengunggahnya kembali setelah diberi meterai. Tentunya makin lebih mudah pebisnis untuk bertransaksi secara digital.

Sebagai pebisnis, bukan hanya perpajakan saja yang perlu Anda perhatikan namun yang juga penting adalah pembukuan bisnis Anda. Karena jika keuangan Anda sehat, maka Anda pun akan dengan mudah melakukan pembayaran pajak hingga penyetorannya. Nah, saatnya mengikuti tantangan jaman untuk pembukuan Anda.  Yuk, bereskan pembukuan Anda dan bergabung dengan menggunakan aplikasi Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan praktis kapan saja dan di mana saja. Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Aplikasi Harmony akan membantu Anda menyelesaikan masalah data keuangan Anda termasuk pembukuan keuangan, pencatatan transaksi, penjualan produk atau jasa, rekonsiliasi bank otomatis hingga perhitungan pajak. Selain itu, terdapat 20+ laporan keuangan realtime yang bisa membantu menganalisa keuangan Anda.

Daftar sebagai pengguna aplikasi Harmony di sini dan dapatkan 30 hari GRATIS pemakaian. Ikuti dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate lainnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram