Harmony Blog

Praktis, Inilah Syarat Perpanjangan Sertifikat Elektronik e-Faktur

Diposting Mei 4th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Perpanjangan Sertifikat ElektronikPin

Tahukah Anda bahwa perpanjangan sertifikat elektronik e-faktur bisa dilakukan secara online? Hal ini dikarenakan bahwa selama pandemi pelayanan perpanjangan sertifikat elektronik e-faktur secara langsung tersebut ditutup untuk sementara waktu.

Melalui arahan Ditjen Pajak bahwa perpanjangan sertifikat elektronik dapat dilakukan secara online tanpa harus datang ke KPP.Click to Tweet

Pengajuan perpanjangan sertifikat elektronik ini diperuntukkan bagi pengusaha kena pajak dan saat ini Ditjen Pajak memberikan pengarahan melalui website resminya untuk melakukan perpanjangan sertifikat elektronik.

Tentunya kebijakan ini dilakukan agar mendukung berbagai fungsi pajak, salah satunya pendapatan penerimaan pajak untuk pembangunan negara. 

Kegiatan perpanjangan sertifikat elektronik ini terjadi agar PKP atau wajib pajak dapat terus melakukan atau mengupload e-faktur secara online. 

Nah untuk membantu Anda, sebaiknya memahami terlebih dahulu apa saja syarat perpanjangan sertifikat elektroniknya dan cara perpanjang sertifikat elektronik perusahaan Anda dalam artikel ini.

Memahami Sertifikat Elektronik e-Faktur

Dalam kebijakan SE-69/PJ/2015 mengenai Prosedur Pemberian dan Pencabutan Sertifikat Elektronik merupakan sertifikat yang memiliki sifat secara elektronik.

Di mana sertifikat ini berisi tanda tangan dan identitas yang mengarah ke status subjek hukum serta pihak-pihak yang termasuk dalam transaksi elektronik. Selain itu Pemberi atau penerbit sertifikat elektronik ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Apa-itu-perpanjangan-sertifikat-elektronikPin

Dengan menerapkan sertifikat elektronik yang dibutuhkan oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP), ini berguna untuk membantu manajemen perpajakan dan kebutuhan perpajakan lainnya.

Misalnya kegiatan pajak PPN seperti e-faktur, e-nofa serta pembetulan SPT dengan melakukan koreksi fiskal terlebih dahulu.

Nah adapun beberapa kegunaan dalam aplikasi e-Faktur, yang sangat berkaitan dengan sertifikat elektronik yaitu:

  • Memiliki fungsi untuk meminta nomor seri faktur pajak melalui situs yang ditentukan ataupun disediakan oleh DJP.
  • Memiliki fungsi dalam membuat faktur pajak melalui aplikasi e-Faktur.
  • Memiliki fungsi untuk dapat memanfaatkan layanan perpajakan secara elektronik yang disediakan oleh DJP.

Baca Juga: Apa Itu Nomor Objek Pajak (NOP)? Simak Selengkapnya

Apa Saja Syarat Perpanjangan Sertifikat Elektronik?

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya jika PKP memiliki sertifikat elektronik yang masa berlakunya habis, maka PKP wajib melakukan perpanjangan sertifikat elektronik karena jika tidak maka PKP tidak dapat melakukan e-faktur.

Nah, apa saja syarat perpanjangan sertifikat elektronik bagi PKP yang melakukan secara langsung perpanjangan, di tempat Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau tempat PKP terdaftar.

  •     Memiliki surat permintaan perpanjang sertifikat elektronik yang sudah ditandatangani oleh wajib pajak.
  •     Memperoleh surat pernyataan berisi persetujuan penggunaan surat elektronik DJP dan telah dilengkapi dengan meterai.
  •     Mempunyai SPT Tahunan atau PPh Badan tahun terakhir secara asli dan fotokopi.
  •     Memiliki adanya bukti tanda terima pelaporan SPT Tahunan ataupun PPh Badan tahun terakhir (asli dan fotokopi).
  •     Menyertakan kartu identitas seperti KTP/Paspor/KITAS/KITAP pengurus PKP secara asli dan fotokopi.
  •     Mempunyai Kartu Keluarga (KK), pengurus PKP yang asli dan fotokopi.
  •     Dapat melampirkan softcopy foto terbaru dari pengurus PKP.
  •     Menyiapkan password untuk permintaan nomor seri faktur pajak.

Sebagian dari proses pengajuan perpanjangan sertifikat elektronik memang dilakukan sendiri, oleh pihak yang berwenang dalam menentukan kebijakan perusahaan. 

Sehingga orang yg berwenang inilah yang disebut sebagai pengurus PKP, di mana namanya tertera dalam SPT Tahunan atau PPh badan tahun terakhir. Selain itu untuk perpanjangan sertifikat elektronik, bagi pihak PKP boleh menginput passphrase yang baru ataupun yang berbeda dengan passphrase lama. 

Kemudian akan muncul pertanyaan mengenai apakah setelah memperpanjang sertifikat elektronik pengurus PKP, harus melakukan registrasi ulang?

Nah, jangan khawatir setelah dilakukan perpanjangan sertifikat elektronik, Anda tidak perlu lagi melakukan registrasi ulang dalam aplikasi e-Faktur. 

Sehingga data apapun yang Anda miliki juga tidak akan hilang apabila Anda memiliki sertifikat elektronik yang diperbaharui.

Maka dari itu sebagai PKP hanya perlu menghubungkan patch sertifikat elektronik baru yang sudah diperpanjang dengan aplikasi e-Faktur, sehingga yang perlu Anda ingat yaitu masa berlaku sertifikat elektronik selama 2 tahun saja.

Namun ketika masa berlaku sudah lewat maka sertifikat elektronik dinyatakan sudah kedaluwarsa, dan di sinilah PKP wajib melakukan perpanjangan atau memperbarui sertifikat elektronik supaya Anda bisa mengakses e-Faktur kembali.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Cara Perpanjang Sertifikat Elektronik Secara Online?

Pada saat ini untuk kondisi seperti ini apalagi keadaan masih terbilang masa pandemi, bagaimana PKP dapat melakukan mekanisme pembaruan sertifikat elektronik yang kedaluwarsa?

Apalagi fasilitas pelayanan TPT terhenti karena adanya dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, maka PKP diwajibkan untuk melakukan perpanjangan sertifikat elektronik secara online (daring).

Perpanjangan sertifikat elektronik onlinePin

Adapun cara perpanjang sertifikat elektronik secara online adalah:

  • PKP wajib melakukan permohonan sertel pada laman e-nofa atau website (efaktur.pajak.go.id).
  • Setelah itu PKP harus menghubungi KPP terdaftar melalui saluran telepon, surat elektronik (email), atau aplikasi pengiriman pesan untuk mendapatkan persetujuan dari petugas khusus. Adapun petugas khusus yang melakukan validasi identitas PKP akan membutuhkan data yaitu:
    • Nama, NPWP, dan alamat tempat tinggal ataupun kedudukan.
    • NIK yang mengajukan (bagi PKP Badan) atau NIP (bagi PKP OP).
    • Nomor telepon (HP) yang terdaftar dalam akun pajak.
    • Alamat pos elektronik atau email yang terdaftar di akun pajak.
  • Apabila petugas khusus sudah meyakini adanya kebenaran identitas PKP, selanjutnya petugas khusus harus melakukan persetujuan pemberian sertifikat elektronik.
  • Terakhir PKP dapat mengunduh sertel tersebut pada laman e-nofa.

Seperti itulah mengenai pembahasan bagaimana cara perpanjang sertifikat elektronik pada e-faktur, di mana merupakan sebuah kewajiban wajib pajak yang harus ditanggung oleh setiap pengusaha kena pajak.

Sehingga melalui pengajuan ini, Anda sebagai PKP tidak terkendala dalam melaporkan e-faktur tersebut untuk bertransaksi, di mana e-faktur ini berfungsi untuk melaporkan dan memungut pajak dalam PPN yang juga berguna untuk membiayai anggaran belanja pemerintah.

Namun apapun terkait perpajakan tentunya tidak lepas dari pembukuan bisnis Anda. Agar bisnis lancar kedepannya, sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu apakah pembukuan bisnis Anda sudah benar atau belum.

Nah, untuk memastikannya Anda juga bisa melakukan pembukuan laporan keuangan secara realtime dan akurat. Anda bisa mencoba memanfaatkan Harmony software pembukuan.

Tidak hanya membantu mencatat unsur pajak saja, Anda juga bisa menyiapkan dan memperhitungkan laporan keuangan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu repot.

Fitur lainnya yang bisa digunakan seperti pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Yuk, coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari di sini. Dapatkan juga update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony