Harmony Blog

Bukti Potong PPh 22, Simak Ketentuan dan Contoh Lengkapnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

bukti potong pph 22Pin

Dalam perpajakan ada pula istilah bukti potong yang merupakan bukti pemotongan pajak atau yang dipungut oleh yang berkepentingan atas transaksi tertentu. Bukti potong pph 22 misalnya merupakan bukti potong yang dipungut bendaharawan pemerintah atas transaksi penyerahan barang.

Bukti potong PPh 22 mencakup transaksi impor barang hingga berkenaan dengan penjualan barang mewah yang dilakukan wajib pajak badan. Bukti potong PPh 22 hanya sebagian kecil dari pemenuhan administrasi pajak yang patut diikuti oleh wajib pajak. Selain bukti potong PPh 22 ada pula bukti potong PPh 21, pajak penghasilan 23, atau pasal 4.

Bukti potong PPh 22 merupakan bukti potong yang dibuat atas pungutan pada transaksi penyerahan barang

Ketentuan Bukti Potong PPh 22

Bukti potongan pph 22Pin

PPh pasal 22 nyatanya lebih sulit ketimbang pajak penghasilan 21 maupun 23. Hal ini karena PPH pasal 22 memiliki transaksi yang bervariasi ketimbang pajak penghasilan lainnya.  Menurut ketentuan UU PPh transaksi yang dikenakan PPh atau bukti potong PPh 22 diantaranya adalah sebagai berikut :

• Wajib pajak badan yang melakukan penjualan atau pembelian barang-barang mewah

• Bendaharawan yang memungut pajak atas pembayaran penyerahan barang

• Kegiatan impor atau kegiatan usaha lainnya

Sementara pihak yang dapat memungut atau menerbitkan bukti potong PPh 22 menurut UU PPh adalah sebagai berikut :

1. Agen pemegang merek, agen tunggal pemegang merek hingga importir untuk kendaraan bermotor dalam negeri

2. Badan usaha yang memiliki kegiatan usaha semen, baja, otomotif, farmasi hingga kertas

3. Produsen maupun importir minyak seperti pelumas maupun bahan bakar gas

4. Pengepul baik dalam bentuk badan maupun perorangan yang kegiatan bisnisnya mengumpulkan hasil kehutanan, pertanian, perikanan dan sebagainya

5. Berdasarkan PMK No. 90/PMK.03/2015 menyatakan wajib pajak badan yang menjual barang sangat mewah juga dikenai PPh 21

Ada beberapa transaksi yang dibebaskan dari pajak penghasilan pasal 22 yaitu barang impor yang disertai surat keterangan bebas PPh pasal 22. Ada pula barang yang bebas bea masuk karena masuk dalam kawasan berikat, kiriman hadian dan tujuan keilmuan. Tak hanya itu pembayaran atas penyerahan barang yang kurang dari Rp.2.000.000 juga dibebaskan dikenai PPh pasal 22.

Contoh Lengkapnya

Tarif PPh pasal 22 sendiri adalah 1.5 % dari pembelian barang. Contoh penerbit bukti potong PPh 22 diantaranya adalah sebagai berikut :

• Direktorat jenderal bea dan cukai serta bank devisa atas impor barang

• Pembelian atau pembayaran barang yang dilakukan oleh kuasa pengguna anggaran dan bendaharawan pemerintah

• Pembelian atau pembayaran barang dengan sistem uang persediaan

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

• Pembayaran atau pembelian barang kepada pihak ketiga yang menggunakan pembayaran langsung oleh kuasa pengguna anggaran

• Badan usaha milik negara dengan penyertaan langsung dari kekayaan negara seperti pertamina atau bank badan usaha milik negara

• Eksportir yang bergerak dibidang pertanian, perkebunan, tambang dan lain sebagainya

Tarif untuk PPh pasal 22 tergantung dari objek pajaknya namun umumnya berkisar 0.25 – 1.5 % dari pembelian. Sebagai contoh untuk pembelian barang yang dilakukan BUMN, bendahara pemerintah dikenakan tarif 1.5 % x harga pembelian yang dikurangi PPN. Tarif berbeda juga dikenakan untuk hasil produksi seperti kertas (1%), semen (0.25 %), baja (0.3 %) dan otomotif (0.45%) yang dikalikan dasar pengenaan pajak pertambahan nilai.

Cara Melaporkan PPh 22

Bukti pungut pajak untuk PPh 22 menggunakan kode pajak 411122-900. Pihak yang dipungut biasanya akan mendapatkan bukti potong pasal 22 yang nantinya bisa dikreditkan di akhir tahun. Dalam menerbitkan bukti potong terdapat aplikasi khusus untuk menerbitkan bukti potong dan pelaporan pajak seperti SPT masa yakni e-bupot.

E-bupot dirancang khusus untuk mempermudah proses perpajakan Anda. Untuk melaporkannya bisa dengan menggunakan e-filling dengan menyediakan file csv SPT masa PPh pasal 22. PPh pasal 22 perlu dilaporkan selambat-lambatnya pada tanggal 20 setiap bulannya.

Semua pungutan PPh pasal 22 umumnya tidak bersifat final dan wajib dilaporkan dengan menggunakan SPT masa ke kantor pelayanan pajak. Pungutan ini juga bisa dipertimbangkan sebagai pembayaran PPh tahun berjalan asal dilampirkan bukti potong.

Bukti potong adalah salah satu bukti yang dapat digunakan untuk mengurangi beban pajak. Fungsi dari bukti potong adalah sebagai proses pengecekan atas potongan pajak yang dibayarkan.

Pelaporan pajak nyatanya perlu disertakan laporan keuangan yang valid dan menggambarkan kegiatan transaksi usaha Anda. Khususnya Anda pebisnis ekspor dan impor, tentunya bukti potong pph 22 ini menjadi dokumen yang penting. Terkait dengan laporan keuangan yang menjadi dasar atau acuan dalam pelaporan pajak, Anda perlu untuk membuatnya dengan rinci dan lengkap. Namun, akan menjadi sulit dan memakan waktu yang cukup lama, jika Anda mengerjakannya secara manual.

Nah, dengan perkembangan teknologi saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi berbasis cloud seperti Harmony. Melalui sistem ini Anda bisa menghitung lebih cepat untung dan rugi bisnis Anda, mencatat transaksi yang ada bahkan sampai rekonsiliasi bank otomatis. Harmony juga menyediakan laporan keuangan yang beragam secara realtime. Anda bisa akses kapan saja dan di mana saja. Dapatkan promo Gratis 30 Hari di sini dan nikmati kemudahan pembukuan berbasis teknologi bersama Harmony.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk dan belum sempat untuk melakukan pembukuan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pembukuan yang membantu pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau dan dikerjakan oleh profesional di bidang akuntansi.

Untuk mendapatkan referensi bacaan seputar bisnis, keuangan, akuntansi, pajak dan marketing Anda bisa kunjungi halaman sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram dan Linked in.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony