Harmony » Blog » 

5 Manfaat Taat Membayar Pajak Bagi Pebisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 23, 2021

Apakah masih ada di antara kalian yang masih belum melaporkan SPT tahunan? Taat membayar pajak merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan.

Sebab pajak merupakan kontribusi yang wajib diberikan oleh rakyat, baik sebagai orang pribadi maupun badan usaha, kepada negara yang sifatnya memaksa.

Taat membayar pajak juga bukan hanya suatu kewajiban, melainkan hak bagi setiap warga negara untuk berkontribusi dalam pembiayaan negara dan berfungsi sebagai pembangunan negara.Click to Tweet

Jangan sampai juga Anda sebagai pebisnis mendapatkan surat teguran pajak dikarenakan tidak taat membayar pajak. Maka dari itu taatlah dalam membayar pajak, sebab apabila Anda sebagai pebisnis taat dalam membayar pajak maka ada beberapa manfaat membayar pajak yang dapat Anda peroleh.

Inilah 5 Manfaat Dalam Taat Membayar Pajak

Lalu apa saja manfaat yang diperoleh apabila taat membayar pajak? Berikut akan kami jelaskan beberapa manfaat pajak jika pebisnis taat membayar pajak. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Membantu Fasilitas Pendidikan

    Program yang diberikan seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Bidik Misi, dan juga dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Nah, program-program tersebut dapat berjalan dikarenakan dana pajak yang diterima dari rakyat dan untuk rakyat juga.

    Sebagai pebisnis, apabila Anda taat membayar pajak tentu Anda juga ikut serta berkontribusi dalam dunia pendidikan. Hal tersebut tentu sangat membantu setiap pelajar dalam menjalankan setiap pendidikannya.

  2. Pengembangan Transportasi Umum

    Fungsi pajak selanjutnya jika adanya kesadaran wajib pajak taat membayar pajak yaitu dapat membantu pengembangan transportasi umum di setiap wilayah.

    Sebab dengan tersedianya fasilitas angkutan umum di setiap wilayah merupakan salah satu manfaat membayar pajak yang dapat Anda rasakan keberadaanya.

    Pengembangan Transportasi Umum

    Pemerintah menyediakan fasilitas transportasi umum baik, nyama dan juga harga yang terjangkau untuk masyarakat hal tersebut bertujuan untuk mengatasi kemacetan serta masalah terkait angkutan umum lainnya.

    Tentu hal ini perlu dilakukan agar masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi menjadi beralih dan tertarik untuk menggunakan transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah.

    Maka dari itu, jika Anda ingin dapat menikmati perjalanan dengan kendaraan umum yang baik dan nyaman, maka taatlah membayar pajak. Sebab kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak sangat berpengaruh besar untuk membantu dan mengembangkan setiap transportasi umum.

    Baca Juga: Praktis, Inilah Syarat Perpanjangan Sertifikat Elektronik E-Faktur

  3. Infrastruktur dan Fasilitas Umum

    Pernahkah Anda melihat pembuatan jalan, sekolah, pembangunan jembatan hingga pembangunan rumah ibadah? Untuk membangun pembangunan tersebut, dana yang digunakan ialah dana dari penerimaan pajak yang mana sudah diberikan wajib pajak kepada pemerintah.

    Sebab beberapa infrastruktur dan fasilitas umum yang telah dibangun itu semua sebagian dari beberapa infrastruktur dan fasilitas umum yang dibangun dari sebagian alokasi dana penerimaan pajak.

    Jadi adanya beberapa infrastruktur dan fasilitas umum ini akan membuat Anda lebih dimudahkan. Misalnya, apabila Anda bepergian dari kota A ke kota B dengan melewati jalan yang mulus, maka itu semua dapat Anda nikmati karena Anda selaku pebisnis maupun tidak pebisnis telah taat membayar pajak.

    Fungsi pajak bagi setiap pembangunan negara tentu suatu hal yang sangat penting dalam memajukan setiap fasilitas yang terdapat dalam negara. Dengan adanya fasilitas yang baik maka Anda juga dapat menikmati fasilitas tersebut.

  4. Membantu Pengembangan Pariwisata

    Manfaat membayar pajak yang dapat Anda peroleh ketika Anda taat membayar pajak bagi pebisnis yaitu dapat membantu pengembangan pariwisata yang ada di Indonesia.

    Sebab seperti yang kita lihat bahwa sektor pariwisata yang terdapat di Indonesia sedang berkembang pesat. Banyaknya para wisatawan asing maupun domestik yang ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata yang terdapat di daerah Indonesia.

    Membantu Pengembangan Pariwisata

    Namun mengingat banyaknya tempat wisata Indonesia yang mana lokasinya di daerah terpencil sehingga sulit dalam akses transportasi, tentu dengan peristiwa tersebut dapat menyurutkan niat para wisatawan untuk datang berkunjung ke daerah wisata tersebut.

    Nah, dengan adanya dana penerimaan pajak. Maka dibangunlah fasilitas dan perbaikan akses transportasi menuju lokasi-lokasi wisata tersebut. Selain itu dana pajak tersebut juga digunakan untuk membantu dalam memasarkan destinasi-destinasi wisata dalam negeri ke mancanegara.

    Hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah wisata. Jadi bagi Anda yang suka liburan, tentu sangat senang ketika pajak yang Anda bayarkan bisa berguna juga untuk kegiatan liburan Anda.

    [elementor-template id="26379"]

  5. Keamanan dan Ketertiban

    Siapa yang tidak ingin tinggal di negara yang aman dan juga nyaman? Tentu setiap masyarakat ingin memiliki negara yang aman dan nyaman.

    Terdapat dari laman kemenkeu.go.id, yang menyatakan bahwa penerimaan pajak juga digunakan untuk pengadaan kendaraan-kendaraan tempur dalam memodernisasi Alutsista, untuk membangun setiap sarana prasarana pengamanan perbatasan dalam bentuk dermaga dan juga melakukan modernisasi untuk pusat komando dari Komando Pertahanan Udara Nasional.

    Dikarenakan Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan terbesar di Asia, maka banyak perbatasan dan juga wilayah perairan yang harus dijaga ketat. Maka dalam hal ini, kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak sangatlah berperan penting.

    Sebab dalam peristiwa ini sangat dibutuhkan dana penerima pajak untuk pengadaan senjata atau kendaraan tempur serta melakukan modernisasi di segala aspek keamanan darat, aing hingga udara. Hal ini bertujuan agar kekayaan negeri Indonesia tercinta ini tidak mudah diambil secara ilegal oleh pihak asing.

Nah itulah pembahasan mengenai manfaat taat membayar pajak bagi pebisnis yang perlu untuk Anda ketahui.

Tentu apabila Anda seorang pebisnis, membayar pajak setiap tahunnya merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan, agar semua kegiatan bisnis Anda juga lancar di masa datang.

Namun melakukan perhitungan pajak dan manajemen pajak tersebut memang terbilang cukup rumit jika ditelaah dan dikerjakan secara serius, karena membutuhkan ketelitian yang ekstra untuk menggunakannya.

Salah satu caranya adalah Anda perlu memastikan apakah pembukuan bisnis Anda melalui pencatatan laporan keuangan sudah tercatat rapi. Dengan begitu Anda akan mendapatkan angka atau besaran pajak yang perlu dilaporkan dan disetorkan.

Untuk membantu Anda, kami rekomendasikan pembukuan berbasis teknologi yang dapat mengeluarkan laporan keuangan secara realtime dan akurat.

Harmony software pembukuan tentunya akan membantu Anda untuk mencatat berbagai transaksi bisnis. Sehingga Anda dapat mengelola keuangan bisnis dengan lebih teratur dan melakukan analisa dengan tepat, karena terdapat 20 lebih laporan keuangan yang siap disediakan secara real time.

Tunggu apalagi? Yuk, coba gunakan Harmony GRATIS 30 Hari di sini. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram