Harmony Blog

5 Cara Cek NPWP Online Yang Mudah Untuk Wajib Pajak

Diposting Apr 5th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Cek NPWP OnlinePin

Sebetulnya, cara cek NPWP online sudah banyak diketahui masyarakat luas. Hanya berbekal HP atau laptop dan koneksi internet, setiap orang bisa langsung cek NPWP masing-masing.

Hanya saja memang ada langkah-langkah yang perlu diikuti sesuai petunjuk secara rinci. Maka itu, terkadang bagi sebagian orang, terutama yang masih awam, cara cek NPWP online akan sedikit membingungkan.

Cara cek NPWP online selain lewat website dan aplikasi yaitu menggunakan layanan call center Kring Pajak 1500200.Click to Tweet

Nah, jangan khawatir, di artikel kali ini, kita akan mengulas langkah demi langkah cara cek NPWP online yang bisa dicoba. Langsung kita mulai pembahasannya, yuk!

Kenapa Sih Harus Cek NPWP?

Menjawab pertanyaan di atas, banyak alasan kenapa kita perlu cek nomor NPWP secara online. Biasanya, cek NPWP online dibutuhkan ketika ingin melakukan manajemen perpajakan seperti lapor pajak atau koreksi fiskal.

Tak terkecuali, bagi wajib pajak yang ingin membayarkan pajak penghasilan atau PBB berdasarkan nomor objek pajak. Seperti yang diketahui, manfaat pajak sangat banyak bagi pembangunan negara.

Jika sudah bisa cek nomor NPWP secara online, tentunya akan sangat hemat waktu dan tenaga. Ketimbang, harus datang langsung dan antri di kantor pajak setempat.

Dikutip dari UU No 28 Thn 2007, pada pasal kesatu no. 6, disebutkan bahwa NPWP merupakan nomor unik atau identitas unik bagi wajib pajak yang dirilis oleh Dirjen Pajak (DJP).

Perlu diingat, saat cek nomor NPWP bahwa terdiri dari 15 digit. Tak perlu dihafal, karena jika Anda lupa, Anda masih bisa langsung cek NPWP online.

Cara Cek NPWP Online

Tentunya Anda masih bingung, bagaimana sih cara yang mudah untuk cek NPWP Online di saat seperti ini. Berikut kami berikan beberapa pilihan cara mudahnya.

Cara cek npwpPin

  • Pasang Aplikasi DJP

    Nah, lalu gimana sih, cara cek NPWP online itu? Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi DJP melalui Play Store maupun Apple Store. Selanjutnya, jika sudah terpasang di perangkat seluler, berikut langkah-langkahnya:

    • Tap pada aplikasi DJP
    • Jika sudah, akan muncul halaman login. Isikan username dan password akun Anda agar bisa masuk ke website DJP.
    • Untuk cek nomor NPWP, bisa dilihat pada bagian dashboard. Biasanya, NPWP akan tampil pada dashboard sebanyak 15 digit angka.
  • Kunjungi website Ereg Pajak

    Langkah berikutnya untuk cek NPWP online adalah mengunjungi website Ereg Pajak. Ikuti metode berikut:

    • Buka website https://ereg.pajak.go.id/cekNPWP
    • Selanjutnya, pada kolom isian NIK, masukkan 16 digit angka Nomor Induk Kependudukan sesuai KTP Anda.
    • Kemudian, masukkan Nomor Kartu Keluarga sebanyak 16 digit.
    • Jangan lupa, lengkapi kolom isian Captcha sesuai huruf-huruf yang tampil di layar.
  • Hubungi nomor fax DJP

    Tak cuma lewat aplikasi dan website, cara cek NPWP online juga bisa dilakukan melalui nomor fax DJP. Jadi, Anda tak perlu repot datang langsung. Caranya cukup mudah. Yaitu, silakan menghubungi nomor 021-5251245.

    Nomor tersebut adalah nomor fax dari kantor layanan informasi dan pengaduan DJP yang bisa dihubungi oleh masyarakat sesuai keperluan masing-masing.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Hubungi Email pajak

    Next, langkah keempat untuk cek nomor NPWP dan memastikan berapa nomor NPWP Anda, adalah via layanan surat elektronik alias email.

    Kirimkan email yang berisi tentang permintaan informasi mengenai berapa nomor NPWP Anda, ke alamat surel: pengaduan@pajak.go.id. Biasanya, cek nomor NPWP lewat surat elektronik akan mendapatkan balasan dalam 1×24 jam.

  • Call Kring Pajak

    Cara cek NPWP online yang terakhir, yaitu menggunakan layanan call center Kring Pajak. Seperti yang sudah banyak diketahui secara luas, nomor telepon call center Kring Pajak adalah 1500200.

    Lakukan panggilan telepon dan tanyakan kepada petugas call center Kring Pajak, mengenai berapa nomor NPWP Anda. Dan para petugas layanan call center Kring Pajak, akan dengan senang hati membantu menginformasikan.

    Sekedar info tambahan, layanan telepon 1500200 dibuka sejak jam 08 pagi, sampai jam 4 sore (jam kerja).

Sekarang, Anda sudah tahu mudahnya cek NPWP online untuk mengelola pajak yang patuh hukum dan efisien waktu. Jangan lupa, gunakan juga Software Akuntansi Harmony untuk mengelola pembukuan bisnis secara cepat dan modern.

Software Akuntansi Harmony dirancang untuk mendukung laporan keuangan sistematis, rapi, dan otomatis. Jadi, tim finance bisa lebih cepat menyelesaikan tugasnya mengelola pembukuan.

Fitur dan modul pembukuan Software Akuntansi Harmony juga efektif banget, lho! Silakan coba GRATIS selama 30 hari Software Akuntansi Harmony di sini untuk membuktikan kehandalannya.

Like dan follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony agar Anda senantiasa update info menarik dan penawaran spesial lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony