Harmony Blog

Seperti Apa Contoh Surat Kuasa Pajak dan Syarat Pembuatannya?

Diposting Jul 29th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Surat Kuasa PajakPin

Ingin tau seperti apa sih contoh surat kuasa pajak yang bisa ditiru? Barangkali, ada sebagian orang yang hendak membuat surat kuasa pajak, tapi masih bingung mengenai formatnya, maka bisa melihat contoh surat kuasa pajak yang ada di sejumlah media online untuk mendapatkan inspirasi.

Surat kuasa pajak adalah pernyataan tertulis yang menyebutkan bahwa urusan perpajakan si wajib pajak dialihkan kepada orang lain yang tercantum dalam surat penunjukan pajak tersebut.Click to Tweet

Dalam sistem pemungutan pajak di Indonesia, setiap wajib pajak harus mematuhi ketentuan yang berlaku. Termasuk, apabila tidak bisa mengurus laporan pajak langsung sendiri, maka bisa membuat surat penunjukan pajak atau surat kuasa wajib pajak agar bisa diwakilkan kepada orang yang dipercaya.

Selain itu, jika wajib pajak merasa beban tarif pajak terlalu besar, dapat mengajukan pajak pph pasal 25 agar membayar pajak dapat diangsur sehingga lebih meringankan anggaran usaha.

Pahami Surat Kuasa Pajak

Sama seperti surat kuasa pada umumnya, pengertian surat kuasa pajak adalah pernyataan tertulis yang menyebutkan bahwa urusan perpajakan si wajib pajak dialihkan kepada orang lain yang tercantum dalam surat penunjukan pajak tersebut.

Apa itu surat kuasa pajakPin

Surat kuasa wajib pajak dibuat dengan fungsi agar urusan pengelolaan pajak tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Serta, surat kuasa pajak mampu meningkatkan efisiensi waktu dan mempermudah pengurusan pajak jika mungkin wajib pajak sedang berhalangan.

Surat penunjukan pajak atau surat kuasa wajib pajak dapat disertakan di dalam formulir atau berkas-berkas persyaratan agar mengurus laporan pajak semakin cepat dan mudah. Meski, tanpa kehadiran si wajib pajak secara langsung.

Baca Juga: Pajak Penghasilan Pasal 25 (PPh 25) : Penjelasan Dan Cara Menghitung

Bagaimana Contoh Surat Kuasa Pajak?

Berikut adalah beberapa contoh surat kuasa wajib pajak yang mungkin dapat menambah informasi dan inspirasi bagi Anda untuk membuat surat penunjukan pajak.

Contoh surat kuasa pajakPin

Pada dasarnya, surat kuasa pajak berisikan identitas pihak pemberi kuasa kepada penerima kuasa. Di dalamnya, meliputi : nama, alamat, NPWP, dan sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Pajak Langsung Dan Tidak Langsung Beserta Contohnya

Penerima surat kuasa pajak ini bisa berupa orang pribadi seperti suami/ istri, anak, teman, atau kerabat lainnya. Selain itu, bisa juga menunjuk kalangan profesional yang bergerak di bidang akuntansi seperti konsultan pajak atau financial planner, sehingga urusan pajak bisa berjalan lancar dan lebih mudah.

Adapun, contoh surat kuasa pajak selanjutnya, sebagai berikut:

Contoh surat kuasa pajak2Pin

Dari contoh surat kuasa di atas, dapat dilihat bahwa wajib pajak memberikan surat penunjukan pajak kepada tenaga profesional seperti konsultan pajak untuk mengelola perpajakan yang dibebankan.

Syarat Membuat Surat Kuasa Pajak

Diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No 229/PMK.03 Tahun 2014 pasal 2, ayat keempat, bahwa konsultan pajak atau karyawan wajib pajak bisa menjadi penerima surat kuasa pajak. Dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Memahami undang-undang perpajakan.
  • Memperoleh surat penunjukan kuasa dari pemberi kuasa.
  • Mempunyai NPWP.
  • Sudah lapor SPT pajak penghasilan tahun pajak terakhir, atau terdapat pengecualian.
  • Tidak pernah terlibat tindak kriminal perpajakan.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Selanjutnya, dalam pasal kelima ayat 1 dan 2, surat kuasa pajak bisa diberikan kepada konsultan pajak atau karyawan pajak, yang:

  • Sudah memiliki izin praktik konsultan pajak yang resmi.
  • Memberikan Surat Pernyataan konsultan pajak.
  • Sudah memiliki sertifikasi brevet perpajakan yang resmi.
  • Berijazah minimal D3 bidang perpajakan dari perguruan tinggi terakreditasi A.
  • Sudah memiliki sertifikasi konsultan pajak.

Sebelum membuat surat kuasa pajak, perhatikan beberapa syarat dan ketentuan di atas. Apabila Anda mengalami kendala dalam mengurus perpajakan hingga laporan keuangan usaha, maka lengkapi bisnis Anda dengan kemudahan Software Akuntansi Harmony.

Dengan Software Akuntansi Harmony akan membantu Anda memiliki pembukuan bisnis menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat. Tim finance dapat lebih mudah memakai fitur-fitur accounting dalam hitungan detik.

Mulai dari smart invoicing, rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan transaksi, laporan arus kas, laporan laba-rugi, dan lebih dari 20 jenis template laporan keuangan instan lainnya.

Tunggu apalagi, coba aja dulu yuk, klik tautan ini dan buktikan kecanggihan fitur Aplikasi Harmony GRATIS selama 30 hari. Update info seputar bisnis dan akuntansi Anda, dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony