Harmony Blog

Peran e-Nofa Pajak dan Manfaatnya Bagi Pebisnis

Diposting Agu 17th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

e-Nofa PajakPin

Mungkin banyak pengusaha kena pajak yang masih belum tau, mengapa perlu e-nofa pajak? Pada dasarnya, e-nofa pajak adalah sertifikat elektronik pajak sebagai tanda bukti sudah melunasi tarif pajak yang dibebankan.

Tak hanya itu, pengusaha kena pajak juga harus melaporkan pajak PPN yang sudah tertera di faktur pajak.

E-nofa pajak adalah suatu aplikasi yang diluncurkan oleh Ditjen Pajak untuk membuat Nomor Seri Faktur Pajak.Click to Tweet

Untungnya, sekarang mendapatkan e-nofa pajak sudah bisa dilakukan daring melalui enofa online agar bisa membuat faktur pajak secara online. Sesudah mengantongi Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP). Selanjutnya bisa membuat sertifikat elektronik pajak atau e-nofa pajak.

Apa Itu E-Nofa Pajak?

E-nofa pajak adalah suatu aplikasi yang diluncurkan oleh Ditjen Pajak untuk membuat Nomor Seri Faktur Pajak. E-nofa pajak adalah kependekan dari Elektronik Penomoran Faktur Pajak. Berupa sertifikat elektronik pajak yang bisa diperoleh hanya cukup memakai aplikasi secara online.

Apa itu e-nofa pajakPin

Jika dulu membuat Nomor Seri Faktur Pajak harus datang ke Kantor Pajak, maka sekarang cukup mengakses e-nofa pajak saja, sudah bisa mendapatkan bukti enofa online atau faktur pajak online.

Pengusaha kena pajak dapat menghitung pajak PPN yang dibebankan, terutama bagi pengusaha yang memiliki omset di atas Rp 4,8 Miliar per tahun. Nantinya, usai mendapatkan faktur pajak online atau e-nofa pajak, pengusaha kena pajak bisa mengkreditkan pajak PPN masukan dengan lebih mudah. Termasuk menerbitkan faktur pajak PPN keluaran dan masukan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat E-Nofa Pajak Bagi Pengusaha Kena Pajak

Ada beberapa manfaat e nofa pajak bagi pengusaha kena pajak. Selain mempercepat proses dan efisien biaya, e nofa pajak memberikan keuntungan. Antara lain:

  1. Lebih Fleksibel

    Pengusaha kena pajak bisa lebih mudah mengakses atau membuat faktur pajak bagi klien, pelanggan, atau supplier-nya. Sebab, enofa online berbasis Cloud komputing yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

  2. Efisien Waktu Dan Tenaga

    Di masa lalu, membuat faktur pajak harus datang langsung ke kantor pajak. Belum lagi, harus antri panjang dan terjebak kemacetan lalu lintas. Dengan adanya e nofa pajak akan sangat membantu efisiensi waktu, biaya, dan tenaga.

  3. Mudah Dipakai

    E-nofa pajak memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah dimengerti oleh setiap kalangan. Tanpa harus memiliki keahlian atau background khusus perpajakan.

  4. Mencegah Fraud Atau Tindak Kecurangan

    E-nofa pajak menawarkan transparansi untuk mencegah kecurangan seperti calo atau makelar yang membuat proses penerbitan faktur pajak semakin mahal dan berbelit. Dengan aplikasi e-nofa pajak, membuat Nomor Seri Faktur Pajak jadi lebih praktis, transparan, dan dapat mencegah kecurangan oknum tidak bertanggung jawab.

Inovasi yang dilakukan Ditjen Pajak dalam meluncurkan aplikasi e-nofa pajak, memang patut diacungi jempol. Tanpa perlu antri berjam-jam atau membayar calo/ makelar, pengusaha kena pajak bisa menerbitkan faktur pajak dan mendapatkan sertifikat elektronik pajak.

Sudah saatnya, bisnis Anda dilengkapi sistem akuntansi yang mendukung perpajakan secara modern, praktis, dan minim kesalahan. Gunakan Software Akuntansi Harmony yang dapat membuat laporan keuangan otomatis dan real time.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan yang rapi setiap bulannya. Fitur lainnya bisa digunakan seperti pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Cobalah gunakan Harmony GRATIS 30 Hari di sini.

Bersama Software Akuntansi Harmony, sebagai pengusaha Anda bisa lebih fokus mengembangkan inti perusahaan, ketimbang terjebak dalam tugas administratif berulang. Anda juga bisa mengandalkan Harmony untuk membantu membuat laporan keuangan dengan harga terjangkau bagi pelaku UMKM.

Yuk, mulai aja dulu FREE Trial Aplikasi Harmony selama 30 hari, daftar melalui tautan ini. Follow dan like InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info terupdate dan menarik lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!