Harmony » Blog » 

Mengenal Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Lebih Lengkap

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 29, 2021

Istilah NJOP memang sudah tidak asing lagi untuk seseorang yang membeli sebuah hunian atar properti ya. Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP adalah suatu taksiran mengenai harga rumah berikut juga bangunannya yang dapat dihitung berdasarkan dari luas dan juga zona rumah berikut bangunannya tersebut.

Jika Anda ingin melakukan transaksi jual beli rumah maka nilai jual objek pajak atau NJOP adalah hal yang sangat penting dan Anda harus memahaminya. Karena dengan mengetahui nilai jual objek pajak maka Anda akan memahami seberapa besar dana berikut dengan pajaknya yang nantinya akan ditanggung dari transaksi jual beli rumah tersebut.

NJOP adalah harga rata-rata yang didapatkan dari hasil transaksi jual beli suatu hunian atau properti.Click to Tweet

Bagi Anda yang ingin mengetahui nilai jual wajib pajak secara lebih lengkap, bisa mengetahuinya lewat pembahasan kali ini ya.

Cara Menentukan Nilai Jual Objek Pajak

NJOP adalah harga rata-rata yang didapatkan dari hasil transaksi jual beli suatu hunian atau properti. Jadi, bisa dikatakan bahwa semakin mahal harga pasaran suatu rumah atau bangunan di kawasan tertentu, maka nilai jualnya juga akan semakin tinggi.

Berdasarkan dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, nilai jual objek pajak digunakan sebagai dasar dari penghitungan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang wajib disetor setiap tahunnya.

Ada 3 hal yang menentukan nilai jual objek pajak, antara lain:

  1. Membandingkan dengan objek pajak yang lainnya yang memang sejenis. Sedangkan untuk penentuan nilai jual objek pajak ini dapat diperoleh dari perbandingan dengan objek pajak lain yang sejenis juga dan berdekatan secara tata letak dan nilai jualnya juga sudah diketahui.
  2. NJOP pengganti adalah suatu cara yang dilakukan untuk bisa mendapat nilai jual objek pajak yang berdasarkan dari pendapatan atau pemasukan objek pajak yang dinilai.
  3. Nilai perolehan baru yang mengharuskan Anda untuk melakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai total dari biaya yang dikeluarkan untuk bisa mendapatkan objek pajak tersebut.

Kenaikan NJOP

Sekarang, mari kita membahas mengenai contoh NJOP yang mengalami kenaikan. Contoh NJOP ini ada di Jakarta, yang dimana pada tahun 2019 Anies Baswedan, selaku Gubernur DKI Jakarta kembali memperbarui NJOP Bumi dan Bangunan di Jakarta. Sebelumnya, NJOP ini terakhir diperbarui pada tahun 2018. Dengan demikian, kita bisa mengatakan bahwa contoh NJOP yang mengalami kenaikan setiap tahunnya ada Jakarta.

Bagaimana Cara Cek NJOP Online

Untuk bisa mengetahui NJOP maka Anda bisa melakukan cek NJOP. Anda juga tidak perlu repot mengetahui kenaikan NJOP karena sekarang cek NJOP sudah bisa dilakukan secara online. Dimanapun Anda berada dan kapan saja bisa cek NJOP ini.

Cara Cek NJOP

Nah, di bawah ini ada langkah-langkah yang bisa Anda terapkan dalam mengecek NJOP secara online, yaitu:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka situs Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Jakarta di http://bprd.jakarta.go.id./
  2. Di samping tulisan Pelayanan, klik Download.
  3. Dan langkah yang terakhir adalah cari kumpulan regulasi Pajak Bumi dan Bangunan.

Pada situs atau laman tersebut terdapat link yang berisikan regulasi terbaru yang berkaitan dengan nilai jual objek pajak. Contohnya saja pada Pergub Nomor 37 Tahun 2019 yang berisi mengenai besaran harga objek pajak di wilayah DKI Jakarta yang berlaku selama tahun 2019.

[elementor-template id="26379"]

Apa Saja Manfaat Pajak

Banyak orang yang belum menyadari bahwa ada berbagai manfaat perpajakan. Manfaatnya seperti pembiayaan infrastruktur, biaya operasional negara, keamanan negara, fasilitas, pekerjaan publik dan lain sebagainya.

Untuk membayar objek pajak properti, jangan lupa ya untuk mengetahui nomor objek pajak juga. Selain itu, wajib pajak juga bisa melakukan koreksi fiskal apabila terdapat kesalahan yang perlu dibetulkan saat lapor SPT pajak.

Software Akuntansi Harmony menghadirkan kemudahan bagi bisnis untuk mengelola perhitungan pajak penghasilan agar lebih rapi, sistematis, dan modern. Tim keuangan bisa bekerja lebih efektif dan efisien, karena pencatatan transaksi keuangan lebih modern dan otomatis.

Dengan Software Akuntansi Harmony, laporan keuangan serta pembukuan berbasis cloud, mudah dipahami serta bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Yuk, pakai Software Akuntansi Harmony secara GRATIS 30 Hari daftar di sini.

Ikuti terus media sosial Harmony, dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram